Sabtu, 06 April 2013

Saham Coal, LK Q4/2012

Saham coal sekarang lg bearish berat. Dari LK 2012, EPS-nya semua masih turun dibanding LK 2011.

Di sini, utk saham coal, saya hanya akan review 4 saham, yaitu PTBA, ADRO, KKGI dan HRUM.

Kenapa saya masih mau review saham coal (juga CPO dan alat berat ), wlpn lagi bearish? Well, kadang dalam dunia saham, orang suka over optimis atau over pesimis terhadap suatu saham.

Dan bila orang sdh over pesimis terhadap suatu saham, mereka akan jual terus, tanpa memperhatikan value dr saham tersebut.

Yang saya aneh, walaupun harga coal lagi jatuh, LK lagi hancur, tapi kenapa manajemen saham coal malah melakukan buy back? 
Dan ada para pemegang sahamnya yang menambah kepemilikan saham di saat saham coal lagi terpuruk seperti ini...

Ini kebalikan dari para investor saham yang mayoritas malah saat ini menjauh dr saham coal..

Saya pribadi, dari 2012 kemarin, sdh mulai nyicil2 beli saham coal, cpo, dan alat berat. Tapi memang porsinya saya batasi, ngga lebih dari 25% total porto  saham saya. So far, memang rata-rata masih loss, dgn loss terbesar di HEXA :)

Tapi ngga masalah, selama harga beli saya masih di bawah harga wajarnya, saya masih hold. 

Dan di antara ketiga jenis saham itu (coal, cpo dan alat berat), porsi terbanyak adalah di saham coal. 

Kenapa? 
Karena ada manajemen buy back dan ada pemegang sahamnya yang menambah jumlah kepemilikan saham. 
Itu membuat saya lebih confidence...

Saya coba rangkum lagi beberapa buy back saham pd emiten coal, dan bbrp pemegang saham coal yang kmrn baru menambah sahamnya dengan membeli dari pasar reguler..


1. http://investasi.kontan.co.id/news/boy-thohir-menambah-kepemilikan-saham-di-adaro --- Rabu, 27 Maret 2013, Boy Thohir membeli saham ADRO di harga Rp 1270

2. http://www.tempo.co/read/news/2012/07/13/090416819 --- Sandiaga Uno beli ADRO , 13 Juli 2012, di harga Rp 1380

3. http://www.merdeka.com/uang/kkgi-buyback-saham-rp-200-miliar.html  --- KKGI buy back saham Rp 200 Milyar, 25 Oktober 2012

4. http://bnisecurities.co.id/2012/11/karunia-bara-perkasa-tambah-jumlah-sahamnya-di-harum-energy/ --- Karunia Bara Perkasa, pemegang saham mayoritas di HARUM Energy, menambah jumlah sahamnya, dengan harga pembelian Rp 5150 - Rp 5200, 14 November 2012.

5. http://investasi.kontan.co.id/news/batas-buyback-saham-ptba-sampai-juni  --- PTBA melakukan buy back saham hingga 21 Juni 2013. Harga pembelian yang sudah dilakukan di kisaran Rp 13.626- Rp 14.270 per saham, berita 11 Januari 2013.



Ok, itu di atas td beberapa "sentimen positif" utk ikut "nyemplung" ke dalam saham coal.. :) 
Logika sederhana saya, bila mereka, para manajemen dan pemegang saham coal saja berani beli saham coal di saat harga terpuruk seperti ini, kenapa saya tidak? 
Krn horison investasi para manajemen saham coal itu tentu jangka panjang (sama dengan saya), ngga cuma cari profit instan seperti trader-trader saham yang kita kenal :)

Itu alasan pertama saya beli saham coal. 
Because I TRUST the management. 
Dan saya hanya beli saham coal, yang manajemennya melakukan buy back saham, atau yang pemegang sahamnya menambah kepemilikan saham di saat seperti ini. 
Untuk yang ngga, ya saya ngga mau beli :)

Alasan kedua, tentu saja valuasi. 
Apa lagi yang bs saya andalkan, selain senjata valuasi? 

Selama valuasi saya menyatakan bahwa pembelian ini di harga yang cukup menarik (MOS di atas 30%), ya saya akan beli. 
Kalo di bawah MOS 30%, saya ngga mau. 
Kenapa bgtu? Karena saya beli saham ini di masa downtrend. 
Resiko dibawa turun sangat besar. 
Shingga wajar kalau saya mengharapkan MOS yang juga cukup besar...

Cukup ya, ttg penjelasan saya ttg kenapa saya tetap beli saham coal saat ini... :)


LK Q4/2012 ..

Asumsi : kurs $1 = Rp 9500


                                PTBA            ADRO          HRUM         KKGI

EPS growth           -5,75%         -32,9%       -20,3%        -55,5%

ROE                     26,7%          12,75%       36,46%        31,26%

DER                     0,5x             1,23x          0,26x           0,41x

EPS                     Rp 1262        $ 0.0155      $0.04869      $0.024

Harga skrg           Rp 15.050      Rp 1290       Rp 5050        Rp 2300

Valuasi               Rp 22.418       Rp 2311       Rp 8885        Rp 4204

MOS                    32,87%         44,18%        43,16%         45,29%                    

PER                     11,93x           8,76x          10,92x           10,09x


Disclaimer is ON, ya... 
Bukan ajakan untuk beli. 
Hati2, saham2 ini sedang bearish berat.. Butuh mental kuat utk hold.
Ngga dianjurkan untuk yang butuh uang dlm waktu di bawah 3 thn...
Rugi tanggung sendiri... Your money, your responsibility.. :)

Kita tinjau lagi nanti, LK Q1/2013 seperti apa. 
Akan membaik atau memburuk, atau stagnan..


Regards,
- V3 -








Tidak ada komentar:

Posting Komentar