Kamis, 13 Desember 2012

UNVR, turun jemput investor long term... ?

Sudah 2 hari ini UNVR turun gila-gilaan. 

Dari highest di Rp 28.500, hingga hari ini lowest di Rp 20.200 (turun 29%). Ngga tau, besok-besok masih turun lagi atau ngga..

Yang jelas, kalo liat LK Q3/2012, kinerja UNVR sbb :


current assets > current liabilities

equity growth = 38,7%

sales growth = 17,4%

operating profit growth = 21%

EPS growth = 20,65%

EPS = Rp 479

Harga sekarang = Rp 20.450 ---> PER = 32,02x

DER = 1,43x

ROE = 95,4%

valuasi = Rp 17.800 ---> dengan metode ini, UNVR masih terlihat mahal, karena MOS -14,9%


Tapi... saya coba bahas dr sisi lain, ya...

ROE UNVR ini 95,4%. Dan dari data etrading, sejak 2008, ROE UNVR tidak pernah turun dari 77%.

Dan UNVR sangat royal terhadap pembagian deviden.

Karena ROE-nya yang selalu tinggi, manajemen bagus, produk konsumsi, dan selalu royal bagi deviden, maka PER UNVR memang jauh lebih tinggi daripada saham-saham lain.


Untuk beli UNVR di harga MOS besar, saya pikir nyaris impossible, kecuali ketika krisis seperti 2008 lalu. Jadi, untuk saham ini : kita sudah bagus kalo beli di harga yang cukup baik. Disclaimer ya, ini opini saya pribadi terhadap saham ini, sejak saya mulai terjun ke saham di 2008.


Deviden terakhir yang diberikan UNVR adalah Rp 296 + Rp 300 = Rp 596.


Di harga Rp 20.450, deviden yield adalah skitar 2,91% ---> sangat bagus untuk perusahaan sekelas UNVR.

UNVR turun karena berita negativ yang (katanya) perusahaan induknya minta tambahan royalti 5%.

Hitungan simpel saya, taruhlah deviden tahun depan berkurang 5% dari yang thn ini (Rp 596) --- asumsi tidak ada pertumbuhan EPS. Maka deviden thn depan, skitar 0,95 x Rp 596 = Rp 566,2.

Di harga Rp 20.450 , dapat deviden Rp 566,2 , deviden yield = 2,76% ---> masih cukup bagus untuk saham sekelas UNVR.

Buat saya yang suka mengejar deviden, UNVR di harga Rp 20,450 ini sudah layak beli untuk invest long term.

Secara TA, UNVR sudah menyentuh MA 20 monthly. Dan pada umumnya, ketika menyentuh MA 20 monthly, harga cenderung rebound.. Andaikan turun pun, mungkin sudah ngga jauh dari harga sekarang. Disclaimer. 

Saya ngga tau, UNVR akan turun lagi atau ngga.. Tapi yang jelas, menurut hitungan saya yang ingin membangun pasiv income dr deviden, UNVR di harga Rp 20.450 sudah layak beli untuk investasi jangka panjang.

UNVR dan JSMR ini adalah saham "termahal" yang saya punya. Tapi saya tetap memasukkan mereka ke dalam portofolio investasi saya, untuk kelompok saham-saham defensif..

Dan baru sekarang saya punya nyali untuk beli UNVR, karena pergeseran pola investasi saya, yang sekarang lebih suka menaruh uang saya ke dalam saham-saham berfundamental bagus dan rajin bagi deviden...


Disclaimer ya... :)

Rugi tanggung sendiri.. :)


Warning : analisa ini MASIH MUNGKIN SALAH ya.. Karena penangkapan saya tentang berita UNVR yang beredar, bisa saja salah. Nanti saya update lagi kalo saya sudah mendapat kejelasan berita ttg UNVR. Sekarang ga ada salahnya sabar nunggu dulu untuk beli.. :) Disclaimer.... 



Update tulisan terbaru tentang UNVR : 

1. Menurut sekretaris UNVR : http://investasi.kontan.co.id/news/royalti-naik-harga-saham-unvr-longsor ---> Sekretaris Unilever Indonesia yakin, kenaikan royalti tidak akan berdampak besar terhadap omzet karena pertumbuhan potensi bisnis UNVR cukup bagus. 


2. Menurut Jhon Veter (JV) di milis junior trader (saya tulis ulang) : "UNVR secara umum laba bersihnya adalah 20% dari penjualan. Jadi kalo misalnya setoran ke "Mami"-nya naik sebesar 5% maka otomatis margin laba bersih akan turun drastis jadi 15% atau penurunan sebesar 25%... Ajiiib kan hehehe. Dengan asumsi PE dan yield yang sama maka seharusnya UNVR setidaknya harus reduce 25% dulu baru punya nilai bargain. Nah tinggal hitung deh :)"


Based on LK Q3/2012 UNVR, valuasi UNVR dengan metode JV, saya dapat di Rp 31,500 (metode ini hanya diberikan jika kita ikut kursus dasar fundamental analisis by JV). Bila laba bersihnya bisa turun 25%, maka valuasinya kita diskon 25% juga, jd sebesar Rp 23.625.

Sementara dengan metode yang saya gunakan, valuasinya berubah jadi Rp 13.400.

Bila kita ambil nilai tengahnya antara metode JV yang cenderung lebih moderat dan metode di blog ini yang lebih konservatif (untuk valuasi UNVR), maka didapat harga wajar UNVR karena berita baru ini sekitar Rp 18.500. Ini cara simpel aja, karena saya ngga sanggup mikir yang berat2.. :)

So far hanya sebatas ini yang bisa saya bahas tentang UNVR. Tapi yang jelas, saya akan manfaatkan penurunan UNVR sekarang untuk membeli UNVR for long time investment.. :)

Disclaimer yaaa.. :)

Rugi tanggung sendiri.. :)



Regards,
- V3 -


Update tgl 31 Jan 2013 : UNVR ternyata bisa bertahan di atas support MA 20 Monthly. Dan di chart saya, support MA 20 monthly ini sudah bisa bertahan sejak thn 2000!
Pelajaran dr kasus ini, mungkin bisa dipertimbangkan untuk BOW UNVR untuk invest bila ia berada di sekitar MA 20 monthly :) Disclaimer.. :)

5 komentar:

  1. saran : karena buat pemula dan pemula itu bisa kapan aja visit, perlu bikin faq utk rumus2 PER dapat dari mana, eps dapat dari mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vebyanto, maaf, mungkin veby lupa, kalo valuasi saham ini langkah terakhir utk analisa fundamental.

      Sebelum menghitung valuasi, kita sudah harus tau dulu bahwa secara fundamental, saham yang kita akan valuasi adalah saham yang sehat. At least secara financial, dia sehat.

      Dan kalo sdh bisa tau bahwa saham yang kita incar ini sehat, baru kita bisa lakukan valuasi, utk melihat berapa kira-kira harga wajarnya.

      Jadi, otomatis sebelum menghitung valuasi, kita sdh bisa dulu untuk mengerti konsep ROE, DER, sales growth, dsb. Klo veby males utk hitung sndr, bs liat dari website idx, reuters, financial times, atau dari fasilitas di online trading, walaupun belum tentu diupdate sesuai dengan LK trbaru.

      So, kalo veby menyarankan agar saya menulis rumus2 PER, EPS, dsb di sini, saya ngga akan mau. It's your homework to do that. Jgn pernah mau loncat untuk menghitung valuasi bila kita blm bisa menghitung PER...

      Hapus
    2. Oya, sekali lagi saya tekankan ya, saya nulis blog ini tujuannya sbg arsip perjalanan saya sbg investor saham. Saya hanya nulis opini pribadi saya tentang suatu saham atau ihsg saat itu, jadi kemungkinan SALAHnya juga besar. Dan apa yang saya tulis, brarti itu sdh maksimal kemampuan saya, berdasarkan waktu luang yang saya punya.. So, dont expect too much dari blog ini, karena penulisnya ibu rumah tangga yang juga lagi belajar untuk jadi investor saham... :)

      Hapus
  2. manteb bu ulasan nya ga ribet2 bwt pemula,,kebetulan yg di kaji di sini saya ada punya saham nya,,kecuali tins ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih neofri utk apresiasinya.. :) skrg saya belum punya ide yang menarik lagi untuk ditulis, jadi vakum dulu nulisnya :D. lg nunggu ihsg kasih diskon lg nih, utk nambah porto investasi.. :) gudlak yah, smoga bs membangun kekayaan jangka panjang dr pasar saham indonesia.. :)

      Hapus