Jumat, 01 September 2023

LEAD, saham kapal pengangkut minyak yang mulai turn around

Saya sdh mulai mantengin LEAD dr LK q1/2023 kemarin, karena sudah mulai terlihat turn around kinerjanya, walaupun di Laporan Laba Rugi, posisinya masih merugi. 

Tapi ketika awal tahun kmrn itu, saham coal banyak yang dibanting dalam (terutama ITMG), jadi saya prefer nambah ITMG daripada beli LEAD.

Sekarang, ketika porto coal saya sdh banyak lagi, saya mulai cari sektor lain untuk invest. 

Dan saya tertarik lagi dengan LEAD.

Kasnya tumbuh 66%. Kas/share = Rp 62. Harga sahamnya sekarang Rp 70.

Pendapatannya tumbuh 17%.

Revenue/share annualized = Rp 115. 

debt/share = Rp 304.

CFO/share = Rp 90 (annualized).

Book value/share = Rp 96

Di harga Rp 70 sekarang, EV/CFO = 3,47. Untuk bisnis yang baru turn around dan EV/CFOnya masih di bwh 4, menurut saya ini cukup menarik, karena saham seperti ini lonjakan perubahan arus kasnya akan signifikan ketika bisnisnya sudah benar-benar pulih, sehingga EV/CFO akan semakin mengecil, atau malah bisa jadi di bawah 1. 

Contohnya, utk WINS, yang sdh beli duluan di harga Rp 70, EV/CFO-nya sekarang tinggal 1,4.  Tapi bagi yang beli WINS di harga Rp 500, EV/CFOnya jadi 6,59. Untuk saham komoditas, terutama yang suka fluktuatif harganya, saya lebih suka melihat EV/CFO daripada PER. Karena bisa saja di LK, perusahaan tetap mencatat rugi, tapi sebetulnya secara operasi, masih sehat banget. Masih bs nambah kas yang banyak, masih bisa bayar utang.. 

Arus kas operasi jangan pernah diskip kalo kita melihat LK emiten. Jangan hanya terpaku pada laporan rugi laba aja :)

Dilihat dr PBV, PBV LEAD juga masih di bwh 1. 

Secara chart, LEAD sempat di harga Rp 1400. WINS di 1500.

Sekarang WINS sdh 500, tapi LEAD masih di Rp 70.

Saya melihat dr segi chart dan FA, upside untuk LEAD masih besar. Minimal masih bisa naik 100% dari harga skrg. Disclaimer on ya. Tapi harganya baru akan bisa naik banyak setelah LK-nya mencatatkan laba positif. Selama di LK msh minus, harganya masih akan ditahan dulu sepertinya.. :)

Tapi jangan pasang target jangka pendek utk masuk di saham ini. Saya sendiri akan pasang target minimal 1 tahun hold utk bs dapat cuan 100%. Dan harus siap mental kalo dibawa ke Rp 50 lagi.

Disclaimer on. Rugi tanggung sendiri, karena duit ya duit kita sendiri, dan jari kita sendiri yang klik tombol beli.. :))

Semoga investasi saham kita akan memberikan hasil yang baik di masa depan.. Aamiin.. 


Warm regards,

V3




4 komentar:

  1. Thank you Fitri analisa detilnya ..sangat membantu
    Semoga mjd ladang pahala yg terus mengalir

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga detik sih, saya ngga bisa nulis panjang lebar soalnya. semoga bs bermanfaat utk kita semua.. aamiin..

      Hapus
  2. bagaimana pendapat ibu dengan utang LEAD yang cukup besar dan akan jatuh tempo dalam waktu setahun kedepan..posisinya dengan jaminan 45 kapal yang dijaminkan bukankah ada kemungkinan mereka akan kehilangan momentum kenaikan tarif seperti yang dimanfaatkan WINS?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sektornya lg booming, kemungkinan besar utangnya akan diretrukturisasi ya.. tapi bgmnapun juga, ini termasuk resiko yang harus kita hadapi, krn utang emiten sangat besar. Saya sendiri hanya membeli sedikit, mungkin kalo dr total porto hanya sekitar 2-3% saja.. Jadi andaikan zonk pun, kerugiannya msh bs saya toleransi..

      Hapus