Jumat, 01 September 2023

IPCM, saham royal deviden yang lagi konsolidasi..

 IPCM dan IPCC pernah saya beli dulu, baik utk swing maupun utk deviden. 

Tapi ketika 2021 saya fokus di saham coal, akhirnya banyak saham invest saya yg beralih jadi saham coal, terutama saham PTBA.

Dan sejak 2023 awal, ketika saham coal banyak dibanting dalam, akhirnya saya banyak beli lagi.

Sekarang, portofolio saham coal saya sdh banyak banget, isinya PTBA, ITMG, BSSR. Mungkin porsinya sdh 90% portfolio sendiri. Dan sekarang mereka sdh jadi mesin duit utk saya, yang devidennya bs saya pakai utk menambah saham2 deviden lagi setiap tahunnya, alhamdulillah.. :)

Jadi mulai sekarang saya tekankan pd diri saya, utk mulai diversifikasi sektor lagi. Jadi saya beli ARNA, beli ANTM, beli BJBR lagi, dan beli IPCM. Tapi di antara semua, saya prefer IPCM, yang devidend payout ratio (DPR) paling tinggi. ANTM saya beli untuk ngejar capital gain aja nanti kalo sdh bs cuan lumayan.

IPCM dan IPCC selama ini memang menjadi sumber pemasukan bagi Pelindo, sehingga DPR mereka tinggi semua. 

Tapi krn IPCC sdh naik tinggi, saya ga mau beli lagi. Saya beli saudaranya aja yang harganya masih di situ2 aja, cuma beda sedikit dibanding waktu saya beli dulu dan saya jual karena sdh cuan di atas 25% utk pindah ke saham coal.. :)

IPCM bisnisnya jg lbh saya minati dibanding IPCC, krn dia memberikan jasa memandu kapal2 di pelabuhan, ngga heran ketika covid pun labanya masih bisa positif (hanya turun sedikit, beda dengan IPCC yang jadi minus).

Melihat LK Q2-2023, pendapatan IPCM naik 32%.

Laba bruto tumbuh 18%. GPM 25%.

Laba usaha tumbuh 31%. OPM 17%.

Laba bersih tumbuh 29%. NPM 14%.

EPS = Rp 15,88. ROE 14%.

Di harga Rp 288, PER = 9,07, sehingga devidend yield utk setahun ke depan kalo kita hold, masih bisa dapat antara 7,7% - 8,8% (DPR antara 70-80%). Bukan jumlah yang menarik jika dibandingkan dengan DY saham coal saat ini.

Tapi untuk bisnis yang kemungkinan growingnya masih tinggi di masa depan, terutama di wilayah Indonesia timur, mungkin saja dalam 3-5 thn ke depan DY-nya akan tumbuh 2x lipat, dibanding DY saat ini..  :) Dan bisnis ini lebih anti terhadap resesi sepertinya, karena kegiatan ekspor impor akan terus berjalan, termasuk ketika covid kemarin.

Disclaimer On. Rugi tanggung sendiri ya.. :)

Ini hanya alternatif sektor bagi investor yang sdh ngga mau membeli saham coal lagi dlm portofolio investasinya :)

Semoga investasi saham kita akan semakin baik di masa2 mendatang ya.. Aamiin..


Warm regards,

V3




2 komentar:

  1. Bagus-bagus apa yang ditulis mba V3. Tulisan2 mba sangat saya tunggu2, akhirnya nongol juga setelah begitu lama.

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. iya, ini kebetulan lg ada waktu utk nulis2.. :) semoga bs bermanfaat ya.. :)

    BalasHapus