Jumat, 09 Februari 2018

IHSG overheating



Sejak thn 2015, saya sudah bersiap mengamankan modal saya agar ngga kena siklus crash 10 thn di bursa saham, yang kemungkinan besar akan terjadi di thn 2018. Yang ngga percaya saya setakut ini, bs cek di tulisan2 saya yang lama2..


Ketakutan saya ini, membuat saya malah di Januari 2016, menjual smua saham saya dan memasukkan semua uangnya ke usd, begitu juga dengan budget investasi tiap bulan, saya belikan usd juga. Dan akhirnya, selama thn 2016 modal saya relatif stagnan krn cuma masuk tabungan aja..


Akhir 2016, saya mulai masuk ke saham lagi, beli JSMR sama MAIN kalo ngga salah.

Awal 2017, saya tambahkan BBRI dan BBNI dalam jumlah lumayan banyak ke portofolio saya. Tapi saya tetap menjaga portofolio saya di saham tidak lebih dari 25% dana yg saya miliki.

Maret 2017 dan April 2017, banyak saham yang saya jual, untuk saya pindahkan ke INDY, waktu itu INDY masih 800-an..

Dan betul2 ngga nyangka, INDY naik tinggi banget sampai Januari 2018 kmrn.. dari 800 ke 4500..


Alhamdulillah, portofolio saya berkembang banyak di thn 2017 kmrn dari INDY..

Begitu INDY ke 2000, saya jual seperempatnya, krn sudah naik di atas 100% dalam waktu kurang dr setahun,  minimal utk menarik modal saya.

Ketika INDY sudah 4000, saya jual lagi seperempatnya, krn menurut saya naiknya terlalu cepat, dan ihsg sendiri juga kok seperti ngga ada koreksi2nya..


Padahal ngga pernah ada bursa saham yang naik terus sepanjang sejarahnya..

Dan biasanya, semakin fantastis naiknya, nanti akan smakin drastis juga turunnya... :(((


Jadi, ketika kmrn dow jones mulai turun 4% pertama kali di thn ini, hati saya relatif tenang, krn di porto saya tinggal ada INDY, INDS, BBKP dan SSIA, dan saya pegang cash dalam jumlah yang cukup banyak (dan cash saya banyak dalam usd, jadi tenangnya double).


Ketika kemarin dow jones turun lagi 4% yang kedua di thn ini, saya jual smua SSIA saya (krn SSIA labanya naik tinggi akibat penjualan tol cipali, yang tidak akan bs berulang lg di thn ini). Sekarang tinggal ada BBKP, INDY dan INDS di portofolio saya...


Apakah siklus crash 10 tahunan di bursa saham akan terjadi lg di thn ini? Saya ngga tau.


Tapi saya pribadi, dengan melihat MA, saya berpendapat bahwa IHSG sekarang sudah overheating. IHSG sudah kepanasan, butuh koreksi dulu. Bahkan stokastik slow di weekly monthly saja sudah di daerah overbought (skrg ihsg 6478, dan masih overbought stokastik weekly-monthlynya).


Jadi saya sudah beberapa hari belakangan ini, menyarankan ke teman2 saya :  yang punya saham yang sudah cuan tipis, atau rugi tipis, atau PER > 10 dan PBV > 1, lbh baik jual dulu skrg... siapa tau nanti bs dpt lbh murah lagi... atau jangan menyesal kalo nanti ngga ada cash padahal banyak saham murah dan bagus yang bs dibeli...


Hari ini tadi saya sudah pamit sm tmn2 investor saham, saya mau off dulu, ngga mau beli2 saham lagi. Saya baru mau masuk pasar nanti stelah Agustus, terutama setelah LK Q3 keluar..

Sekarang mending menjauh dulu dr pasar.


Kata yang jago2 TA, dow jones sudah masuk fase koreksi, krn sudah turun 12% dr highest. Saya ngga bs liat chart dow dengan lbh mendetil, krn saya skrg sudah ngga pakai metastock lg. Jadi saya beli/jualsaham cuma dengan modal chart gratisan dr OLT seperti HOTS.. :)))


Kalo ihsg, masih dekat area all time high-nya.. Belum masuk fase koreksi, krn belum turun 10% dr highestnya..

Tapi kalo dow jones sudah masuk fase koreksi, biasanya bursa saham lain akan menyusul, termasuk Indonesia.

Jadi ibaratnya, ngapain kita berenang melawan arus? Yang ada bs mati konyol sendirian.


Sekarang kalo ada analis yang menyarankan untuk buy buy buy dengan target ihsg 2018 ke 7000an atau malah 8000, jangan didengerin. IHSG overbought bgini, ngga bijak bgt untuk sembarangan beli2 saham.. 


Kalau di saham, berita bs di-create. Tapi yang jelas, kalo bursa sudah naik tinggi banget, pasti akan ada pihak-pihak yang akan profit taking. Jadi jangan sampai kita kebagian nyuci piringnya, ya..


Dari dulu saya tulis, hati-hati 2018, ada kemungkinan siklus crash 10 thn bursa saham, dan ngga sedikit yang berkomentar pedas, bilang kalo saya terlalu serakah ingin cepet kaya dengan nyumpahin krisis, dsb, dsb. belum lagi yang japri ke email saya.. :(( 


Tapi saya nulis di sini kan sesuai dengan apa yang ada di hati saya, di pikiran saya, saya nulis bukan krn saya dibayar siapapun.
Dan saya menulis dr perspektif seorang investor saham, yang harus menjaga keutuhan modalnya dari kekejaman bursa saham..

Jadi kalau memang ihsg sudah kemahalan, overheating, over bought, ya itu mmg yang saya lihat. 

Kalau saya salah, itu karena saya bodoh, ilmunya belum tinggi, bukan krn saya ingin membohongi orang dengan tulisan saya..

Mungkin banyak yang belum tau, kejatuhan bursa saham tidak harus sama dengan krisis ekonomi suatu negara. Fundamental  ekonomi negaranya bisa jadi baik-baik saja, tapi karena banyak investor keluar dari bursa saham, ya bursanya pasti turun. 

Dengan bursa saham kita yang mayoritas masih dikuasai asing, kalo asing ini angkat kaki dr bursa saham, biasanya dia akan sekalian beli dolar (usd)..

Jadi biasanya hubungan antara kurs usd-idr dan ihsg itu terbalik. Kalo kurs usdidr naik, ihsg turun.
Kalo kurs usdidr turun, ihsg naik.
Makanya hedging terbaik untuk investasi saham menurut saya adalah dengan punya tabungan di usd.
Minimal kalo salah satu anjlok, yang satunya lagi naik.. 


Dan tentang siklus crash 10 thn bursa, sekarang saya malah jadi tambah takut, krn sejak 2016 ihsg memang belum pernah koreksi dalam.


Ok, cukup sekian ya..
Saya off dulu dr saham, nanti baru mau liat pasar lg skitar Agustus, insyaa Allah..


Jaga modal kalian baik2, krn saya sudah mengalami sendiri bgmn pahitnya kalo modal sudah menyusut tajam akibat penurunan bursa..


Kalo saya salah, ya maklum aja, namanya juga manusia, pasti ada salahnya, apalagi untuk menganalisa bursa saham.. :)


Tapi apapun yang kita lakukan, mau beli saham, mau jual saham, atau diem aja, make sure agar apa yang kita lakukan itu bikin hati kita tenang dan tetap bs tidur nyenyak, karena kesehatan itu jauh lebih penting.. :)


Warm regards,

V3


5 komentar:

  1. Eh ditunggu tunggu artikelnya akhirnya nonggol juga, Ia sih IHSG sudah overheated butuh cooling down smoga ngak sekalian systemnya direstart.

    BalasHapus
  2. Belajar Analisa Fundamental dulu

    Investasi Saham itu mudah part 1
    Belajar Investasi itu mudah

    http://tiny.cc/dlrzoy

    BalasHapus
  3. Noted, bu ^.^ terima kasih sudah mengingatkan.

    BalasHapus
  4. Salut dengan Bu Fitri,
    prediksi ibu tepat sekali dan terbukti IHSG drop sampai 5700
    saya sendiri terbuai dengan situasi saat itu sehingga tidak melakukan switching dengan agresif, saya hanya jual semua saham PTPP , sebagian WSKT dan ADHI saja sehingga average Portofolio saya malah turun 10% dari posisi puncak IHSG

    Best Regards,
    Mnto

    BalasHapus