Kamis, 28 Mei 2015

IHSG 5234..

Sekitar sebulan yang lalu, saya pernah nulis ini :
 http://analisa-hargawajar-saham.blogspot.com/2015/04/ihsg-5057.html

Sehabis saya memposting itu, ihsg cenderung naik terus dari lowest 5015 hingga highest di 5347.

Sekarang, pada saat nulis topik yang ini, ihsg sudah 2 hari turun ke lowestnya (sekarang di 5234). 

Kalo liat dengan candle monthly (yang baru valid setelah closing jumat sore besok), IHSG sudah membuat higher low. 
Low april 5015. 
Low mei 5089. 
Ihsg April ditutup di angka 5086. 
Bila IHSG mei ditutup di atas 5086 dan ngga bikin lower low lagi, maka besar kemungkinan koreksinya sudah selesai. 

Ihsg weekly terhalang di resisten MA 20 weekly di 5347, tapi masih berada di atas MA 5 weekly (5209). 
Selama ihsg masih di atas MA 5 weekly, biasanya arahnya cenderung naik. 

Kalo liat dengan candle daily, MA 20 dan MA 200 daily sama-sama ketemu di angka 5224. 
Ini disebut juga dengan dobel support. 
MA 200 daily bisa jadi support dan resisten yang cukup kuat untuk ditembus. 
Apalagi bila itu merupakan dobel support atau dobel resisten. 
Jadi selama ihsg masih bisa terus di atas MA 200 ini, maka kecenderungannya dia akan naik. 

Saya ngga tau apakah ihsg akan jebol 5224 dan turun lagi atau malah rebound dan mulai naik lagi. 
Kalo turun, mungkin aja dia uji support MA 60 weekly di 5141. 
Kalo turun lagi, ya uji support lagi di 5015. 

Saya masih ada cash 7%. Kemarin cash saya sempat 30% waktu awal mei. Tapi dlm beberapa hari ini saya nyicil2 belanja, sehingga tinggal 7%. Saya cuma beli aisa, lpck sm nrca aja. 

NRCA kemarin saya sempet baca, katanya laba naik 7%. 
Tapi saya cari LKnya di website idx, belum ada. 
Cuma karena saya memang lg pengen banget punya saham konstruksi, dan NRCA ini termasuk salah satu saham konstruksi yang masuk watchlist saya, jadi saya langsung beli aja, dengan menggunakan data di LK Q4/2014. 
Di harga 1055, saya pikir NRCA sdh menarik untuk dibeli. 

Ok, kita liat sama-sama ya, sejauh mana koreksi ihsg kali ini. Tapi koreksi ini memang saya tunggu sejak awal bulan lalu, untuk ngisi barang lagi.

Pada saat saya memposting tentang IHSG 5021, data GDP Q1/2015 Indonesia belum keluar.

Sekarang datanya sudah kita ketahui bersama.

GDP Indonesia di Q1/2015 masih ada growth di 4,71%. 
Memang melambat. Tapi masih ada growth kan? 
Dan perlambatan terjadi karena dana APBN yang belum banyak digelontorkan untuk pembangunan. 
Dan saya yakin sih di q2, q3, q4, growth Indonesia akan bisa lebih baik daripada di q1. Jadi memang saya menunggu koreksi ini untuk beli saham lagi :) 
Tapi ya cuma saham yang ada growthnya juga, biar tenang megangnya.. :)

Mudah-mudahan tulisan saya ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk ngga terlalu pesimis dengan keadaan negara sekarang. 
Kalo baca di berita, memang suka serem2 terus isinya. 
Tapi bukan belakangan ini aja saya baca berita serem. 
Dari thn 2008 saya pertama kali beli saham, berita serem udah banyak banget. 
Tapi ihsg masih aja bisa naik dari highest 2800 di tahun 2007 menjadi highest 5500 di 2015. Dan saya yakin ihsg ke depan jg bisa naik lebih tinggi lagi.. :)

Apalagi di thn ini subsidi utk BBM sudah banyak yang dihapus dan dipindahkan untuk pembangunan ekonomi. Jadi saya optimis banget Indonesia ke depan akan semakin baik lagi. Kalo ada yang ngga setuju ya ngga apa2, namanya juga orang, mikir beda-beda kan wajar. Tapi karena saya investor saham, ya pasti lah saya berharap Indonesia ke depan akan semakin membaik.. Apalagi kalo tahun depan Indonesia naik level menjadi investment grade oleh S & P. Nah, sebelum asing masuk duluan ke sini dan beli saham2 bagus yang ada di Indonesia, kenapa kita ngga beli duluan aja, mumpung masih dapat harga diskon.. :))) Disclaimer ya.. :)

Regards,
V3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar