Kamis, 12 Maret 2015

Kumpulan artikel tentang Lo Kheng Hong (LKH)

LKH, ini salah satu investor yang saya pelajari ilmunya, dan berharap, mdh-mudahan saya jg nanti bs seperti dia, mencapai kebebasan finansial dengan berinvestasi saham.. :)


Saya cantumkan di sini bbrp link berita yang memuat tentang LKH, siapa tau bs berguna bagi investor pemula.. 

1. http://swa.co.id/portfolio/lo-kheng-hong-sang-value-investor-yang-bebas-finansial


2. http://www.ciputraentrepreneurship.com/personal-advice/simak-tips-berinvestasi-dari-lo-kheng-hong


3. http://market.bisnis.com/read/20130701/7/147796/resep-memilih-saham-yang-menguntungkan-ala-lo-kheng-hong


4. http://id.beritasatu.com/home/lo-kheng-hong-menjadi-kaya-sambil-tidur/23199


5. http://bisnis.liputan6.com/read/759870/apa-yang-bikin-giring-nidji-dan-lo-kheng-hong-rugi-main-saham


 6. http://lipsus.kontan.co.id/v2/warren_buffett/read/59/Lo-Khenghong-Perusahaan-yang-untung-itu-seperti-mesin-uang


7. Ini ada tulisan bagus yang bisa membuat kita belajar, bgmn LKH menganalisa suatu saham untuk dibeli :
 a.  http://www.mangamsi.com/investasi/napak-tilas-lo-kheng-hong-di-mbai-1.html 
 b. http://www.mangamsi.com/investasi/napak-tilas-lo-kheng-hong-di-mbai-2.html
 c.  http://www.mangamsi.com/investasi/napak-tilas-lo-kheng-hong-di-mbai-3.html


8. http://www.teguhhidayat.com/2014/01/lo-kheng-hong-dan-bumi-resources.html

9. http://bei5000.com/2011/11/09/i-vs-lo-kheng-hong/

10. http://nofieiman.com/warren-buffett-ala-indonesia/

11. http://rencanatrading.com/2011/11/20/lo-keng-hong-yang-saya-kenal/

12. http://pasarmodal.inilah.com/read/detail/1935931/petani-tua-warren-buffett-dan-lo-kheng-hong

13. http://id.beritasatu.com/home/kaya-dari-pasar-modal/49794


Ok, selamat membaca dan belajar.. :) oya, kalo ada pertanyaan, silakan lgsg ke yang nulis artikel aja ya, saya cuma copas doang.. :))

Regards,
V3




20 komentar:

  1. terima kasih bu Fitry, suatu kehormatan tersendiri, artikel tentang Lo Kheng Hong dari blog mangamsi menjadi salah satu tautan di postingan ini. saya belajar banyak dari blog ibu ini. keep sharing, insyaAllah bermanfaat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mang, sama2.. saya suka dengan tulisannya yang mencoba mengupas "analisa bisnis" LKH ketika memutuskan untuk membeli MBAI.. semoga kita nanti dpt kesempatan jg untuk beli saham yang seperti itu, ya.. :) aamiin.. :)

      Hapus
  2. di jaman (thn 2015 ) dgn keterbukaan informasi seperti sekarang apalagi di BEI rasa nya mustahil menemukan saham seperti MBAI lagi. LKH cukup beruntung pada saat itu keterbukaan informasi belum sebaik sekarang jd bisa luput dari investor2 value laen nya... kl di jaman sekarang rasa nya saham dgn value seperti MBAI blh di bilang udah ga ada. mgkn next crash aja yg bisa membuat jd ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesempatan itu selalu ada pak, cuman kadang kita saja yg tidak menyadari. Namanya analisa, bs diliat dari berbagai sisi dan perbedaan pendapat antara 1 sama lain itulah yg membuat harga saham itu naik dan turun. Tidak mustahil suatu hari nanti BUMI kembali ke 2500-8000 siapa tau, bagaimana pun dia memiliki cadang batu bara terbesar dgn kalori terbaik di Indonesia. Asal perusahaan ini bs bertahan masa sulitnya sampai seketika harga batu bara kembali bangkit.

      Itu hanya ilustrasi saja, saya pribadi sih tdk berani sentuh BUMI. Tapi bagi org yg mengerti industri batu bara, bisa saja pemikiran mrk beda dgn saya yg sampai kini masih takut utk beli saham bakrie.

      Hapus
    2. hhhmm betul kesempatan pasti akan ada. tapi tidak selalu ada pak. kadang2 ada. karena di BEI ini berapa cmn ada sekitar 500 saham yg listing. di antara itu berapa % yg pny kinerja bagus dan masih murah harga nya ( kl kyk MBAI per 0 koma sekian ). rasa nya udah ga mgkn lagi ya.
      1. dgn keterbukaan informasi yg begitu mudah. semua udah bisa akses LK dgn gitu gampang. jd kl misal nya ada saham model MBAI, masa iya cmn seorang atau dua orang yg tau?
      2. kalau ada saham semurah MBAI pasti fund2 profesional udah lebih tau dl. kl di bilang masalah likuiditas, pasti udah di ributin sama value2 investor ritel.
      3 dgn IHSG di 54xx makin ga mgkn ada saham semurah itu. kalau pun ada pasti ga jelas perusahaan nya...

      kalau masalah LKH beli BUMI rasa nya sampe sekarang ga ada yg bisa meramal emas hitam itu. namun data yg pasti adalah harga yg terus menurun padalah di laen pihak harga minyak sebagai komoditas utama dunia jg lagi drop. jd kalau pun batubara mau bangkit, mgkn harus nunggu 3-5 tahun di mana siklus ekonomi dunia mulai mencapai tahap ekspansi. sebelum itu, rasa nya ga mgkn BUMI bisa ke 2500 apalagi 8rb. lebih mgkn ITMG ke 70rb dari pada BUMI ke 2500 :)

      Hapus
    3. hehe, sekarang juga ada kok pak, saham2 yang mirip MBAI (PER <5 dan PBV sekitar 1). Coba bapak liat CLPI, MBSS, LEAD, INDX, ISSP, PNIN, PNLF. Itu semua PER di bwh 5 atau PBV < 1. Tapi saham-saham seperti ini, biasanya ngga rame. Jadi banyak investor yang males beli. Tapi value investor, saya pikir sangat tertarik dengan saham-saham seperti ini. Mereka beli untuk kemudian menunggu bertahun-tahun hingga sahamnya bisa naik tinggi. CPIN, LPCK, dulu waktu awal saya beli, itu bukan saham rame, pak. PER-nya msh di bwh 5x. Sekarang liat tuh harganya udah naik brp kali lipat sejak saya beli pertama kali, dalam waktu kurang dari 5 thn.. :) Jadi saya selalu percaya, kesempatan beli saham yang "murah" selalu ada.. :) hanya butuh kesabaran kita utk menyimpan saham tsb setelah kita beli.. :) Dan tidak semua orang bisa sabar dalam menyimpan saham yang sdh naik berkali-kali lipat.. :)

      Hapus
    4. dari segi value memang udah murah bu. tapi di bandingkan dgn LKH beli MBAI per nya di 0 koma sekian ( kl ga salah harga saham dgn EPS nya masih lebih gede EPS nya ) nah maksud saya disini tuh seperti itu. harga saham nya lebih murah di bandingkan EPS dgn gitu per nya 0 koma sekian. kl dgn kriteria LKH beli MBAI maka ga ada kan saham dgn valuasi serendah itu di jaman sekarang. hehheheh

      tapi memang saham2 yg ibu sebutkan itu udah murah banget. saya jg ada 2 di antara nya hehehhe

      Hapus
    5. O iya, klo PER 0 koma sekian,,saya mmg belum nemu.. tapi klo PER 2x, pernah ada.. tapi bukan ngga mungkin ngga bakal ada. Mungkin in the next krisis, 2018 ?☺ tapi kekuatan LKH yg paling utama itu ada di kesabarannya hold saham yg udah naik tinggi.. kalo itu, saya sendiri ga yakin bs sabar seperti beliau... 😂😂

      Hapus
    6. Mau lebih murah dr PER 0 koma sekian banyak pak, perusahaan yg lagi rugi hahaha! Anyway, kita ga perlu tunggu menang lotery, asal kita tekun berinvestasi, kekuatan compound akan sangat mengejutkan dlm jangka panjang seperti sang guru WB slalu blng. Masih ingat? 33thn yg lalu UNVR IPO dgn modal 150JT, saat ini sudah 325M, CARG growth 25%/thn.

      Hapus
    7. @bu FITRY iy bu. kok bisa ya punya kesabaran macem gitu ya. saya jg sedang belajar saabar bu. kmrn ngikut LKH beli PTRO dan akhir nya nyungsep sampe sekarang. kl ga belajar sabar, udah cutloss saya. saya beli ptro persis ketika tau lkh beli ptro di 12xx dan masih avg sampe sekarang. pengen tau perasaan seorang lkh ketika hold saham. setelah berjalan 1 tahun, ternyata lebih mudah buat saya hold saham dalam posisi gain dari pada posisi loss. hahhahah.

      @alianto yah ga mgkn toh kl perusahaan rugi ga mgkn punya per 0 koma pak. yg ada per nya minus. hehehhe. yeup kl itu saya setuju compound itu hal terbaik yg diketemukan manusia kata siapa gitu heheheh

      Hapus
    8. PTRO itu perush bagus setau saya, pak. rajin bagi deviden jg. Sekarang dia dihargai senilai 0,3 PBV dia.. murah sekali ya.. mungkin nanti kalo ada uang lg, saya akan beli juga, tapi nunggu LK-nya ada growth dulu, biar tidur bisa tenang stelah beli sahamnya.. :) LKH juga beli BUMI yang saya tau, dan dia mulai beli ketika BUMI 1000. Ngga tau jg, apakah skrg msh di-hold atau ngga. Tapi saya sendiri sampai skrg ngga minat sm skali beli BUMI.. :) Jadi saya pikir, kita boleh belajar dari ilmu LKH, tapi belum tentu kita sepakat dalam pemilihan sahamnya :) masing2 investor punya pertimbangan sendiri dalam memilih saham untuk investasi.. :)

      Hapus
    9. iya awal nya saya juga cek dulu ga maen asal ikut2an aja bu. setelah cek sana sini dan pd saat itu terlihat ptro super murah. waktu itu saya cmn lihat value ( NCA ) ( pd saat itu per cmn 5 koma sekian ). eh mana tau thn 2014 kmrn PTRO ntah gmn muncul biaya pajak sebesar 100M lebih yg akhir nya mengerus ratio per nya ampe jd 20x. setelah itu baru saya baca blog ibu dan kena banget komen yg ibu tulis soal jgn pernah beli saham yg sedang menurun kinerja nya. PTRO 3 thn ini sedang trend turun pendapatannya. dan ini yg saya belajar dari ibu bahwa walaupun seorang LKH beli saham. blm tentu kt blh lgsg terjun walaupun saham itu secara valuasi sudah murah tapi kl growth nya menurun maka harus di pikirkan lagi. :)

      Hapus
    10. Iya benar sekali kata ibu Fitry tentang boleh ambil ilmu dr org pintar, tp belum tentu kita boleh beli apa yg dia beli. Setiap org punya analisa yg berbeda DAN JUGA TIMEFRAME YG BERBEDA. Jadi, bisa saya kita menganalisa utk 1thn saja, sedangkan utk PTRO, LK melihatnya jauh lebih lama. Sama ya analisa FA dan TA, di time frame tertentu, trendnya beda-beda :) ibarat demikian.

      Hapus
    11. saya jg kmrn sempet ngga disiplin dgn prinsip saya yang ngga mau beli saham yg kinerjanya lg turun, pak. saya beli CPIN, laba msh turun, dan PBV>2x. saya beli di 3800-an kynya. skrg CPIN 3400 :(. Nanti kalo LK q1/2015 labanya msh turun, bakal saya jual smua kynya, wlpn jual rugi.. Klo WINS saya beli pas labanya turun, tp PBV di skitar 1x. jadi wlpn laba turun dan skrg sdh floating loss, saya msh belum mau jual.. :)

      Hapus
    12. kok gitu bu ? memang beda nya WINS dgn CPIN apa ? kan sama2 dalam trend turun laba nya ?
      kenpaa yg satu ibu cutloss yg satu ga ?

      Hapus
    13. Kalo WINS, PBV sdh di bawah 1, pak. CPIN PBV-nya sdh > 5. PER WINS < 10, PER CPIN skrg sdh > 30x. Yield WINS masih dapet 9%, CPIN yield sdh di bwh 3%. Jadi krn itu saya pilih CL CPIN dan ttp hold WINS, pak..

      Hapus
  3. kasian dgn bapak LKH harusnya sih hancur lebur sahamnya karena bumi hancur dia pun hilang ditelan bumi mudah2an LKH tetap semangat kecuali kalo dipinjam nama itu lain persoalan tetapi nama besarnya yg hancur

    BalasHapus
    Balasan
    1. LKH pasti punya perhitungan sendiri thd saham BUMI, yang kita tdk pernah tau. Dan siapa tau, 5 atau bbrp thn lagi, saham BUMI malah akan ke 10.000... :) tp saya yakin andaikan LKH beli BUMI, pasti tdk akan smua uang beliau dibelikan BUMI. mgkin hanya sebagian kecil aja.. :) hihi, ya sutralah, ngga usah mikirin LKH, mendingan mikirin porto kita sendiri aja ya.. :)

      Hapus
  4. Cuma 1 yang membuat bumi susah naik...jumlah saham yang beredarnya terlalu banyak dan sumpah serapah rakyat lapindo terhadap keluarga bakrie dan masalah bakrie life..boleh percaya boleh tidak,seperti kita saja kalo kita mau sukses jangan bikin sakit hati org lain apalagi di sumpahin wah susah maju deh,bila ingin saham bumi naik. Bakri harus minta maaf Dan menyelesaikan masalah2 yang membuat rakyat tersakiti..itu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, saya setuju dengan pendapat bapak. kita akan memetik apa yang kita tanam. kalo kita menanam yang baik, kita akan memetik yang baik. kalo kita merugikan orang, kita akan dirugikan orang. kalo kita membantu orang, kita akan dibantu orang. perusahaan bakrie imagenya sudah jelek krn banyak melakukan bisnis dgn cara yang merugikan orang, minimal investor publik yang memegang sahamnya di bursa. sudah banyak orang yang dibuat susah oleh mereka, dan mengeluarkan sumpah serapah kepada mereka. bagi kita investor saham, kita ambil ini sbg pelajaran, jangan pernah membeli saham yang manajemennya tidak bisa kita percaya dalam mengelola perusahaan...

      Hapus