Rabu, 11 Februari 2015

please do not ask me about stock trading... :)

Beberapa minggu ini, saya menerima email yang bertanya tentang trading saham..

Duhh, saya jadi ngga enak hati jawabnya nih.. kayanya karena di posting terakhir saya nulis bahwa saya mau trading di beberapa saham, jadi dianggapnya saya jg jago trading... :'(

Saya ini ngga ahli banget trading saham. Soalnya, kalo saya abis beli saham, 80% seringnya dibawa turun dulu.. Jadi i am really really bad at stock trading.. :))))

Lagipula, kalo memang niat untuk trading betulan, ngga perlu banget itung2 PER, PBV dsb yaa.. mending patokan sama chartnya aja, udah ngasih sinyal buy atau belum..

Kalo saya selalu masukin hitungan PER, PBV di saham yang saya beli utk trading, itu memang saya selalu begitu. Kalo liat saham apapun, pasti yang saya liat biasanya PER, PBV, ROE, DER sama growthnya.. :))) Udah bawaan orok kayanya, tiap liat saham selalu liat ke sana... :))))

Tapi sebetulnya ngga perlu banget ngitung2 kaya gt kalo mau trading ya.. Trading itu cukup fokus ke chart aja. Kalo mau ngga kejebak sama saham yang jelek, boleh deh liat saham itu ada growthnya atau ngga. Kalo labanya turun, ya jangan dibeli dulu. Tapi ini cuma utk minimized resiko dalam stock picking aja. Tapi prakteknya, kalo orang udah serius trading, dia cuma mau liat chart aja. Ngga mau liat data-data FA. Apalagi dengerin rumor.. :)


Jadi please, mdh2an ngga akan ada lg yang nanya ke saya how to do stock trading, karena saya bener2 ngga jago trading.. :)))

Oya, kmrn ada yang nanya saya, di bbrp saham terakhir yang saya beli (LEAD, WINS), harganya sdh turun dalam. Sahamnya saya cut loss ngga? Ngga, saya belum ada yang cut loss. Sekarang LEAD harganya 1775 (udah turun 34% dari harga average saya), tapi masih saya hold. Kenapa? Karena saya belum lihat LK terbarunya. Saya beli LEAD untuk investasi, dengan menganalisa LK-nya. Jadi yang bisa menarik saya keluar dari saham ini ya harus analisa LK terbarunya jg... Saya malah ngga pede untuk jual saham cuma karena liat harganya turun terus.. :(

Rumor terakhir, saham2 perkapalan katanya akan dinaikkan pajaknya menjadi 4x lipat. Makanya saham perkapalan harganya dibanting semua.. 

Untungnya, saya memang ngga beli dlm jumlah banyak saham-saham seperti ini. Jadi kalau harganya turun dalam pun, di portofolio pengaruhnya ngga terlalu signifikan.. 

Sekarang, saya mau nunggu dulu keluar LK Q1 untuk menata portofolio lagi. Kenapa Q1/2015 bukan Q4/2014? karena Q4/2014 biasanya hasilnya ngga beda jauh dengan Q3/2014. Kalo ada yang beda jauh, dan bedanya signifikan banget, ya pasti bs mempengaruhi jg keputusan kita utk hold/sell, atau malah buy more..

Tapi untuk melihat estimasi pergerakan saham setahun ke depan, Q1 ini penting banget. Inget ya baik-baik, Q1 sangat penting untuk melihat estimasi pergerakan saham setahun ke depan.. !!!

Beberapa saham, seperti saham konstruksi, mungkin Q1 ngga terlalu signifikan pengaruhnya. Karena kontrak2 baru malah lebih banyak terjadi di semester 2 (biasanya). Tapi untuk mayoritas saham, Q1 ini cukup mencerminkan kinerja emiten setahun ke depan..

Jadi kita tunggu aja Q1 sama2 ya, untuk mereview saham2 yang kita punya, dan untuk membidik saham2 yang bagus untuk dibeli di tahun 2015 ini.. :)

Belajar terus aja, biar makin pinter.. :))

Regards,
V3


3 komentar:

  1. laporan Q1 tahun 2015 keluarnya sekitar bulan apa bu?

    BalasHapus
  2. Q1 kan dari 1 jan sampai 31 maret ya. jadi biasanya laporan keuangannya keluar paling lambat itu 30 april. kalau sampai 30 april blm keluarkan laporan keuangan, emiten akan kena denda oleh BEI...

    BalasHapus
  3. Di indonesia ada orang yg jago trading ga sih?

    BalasHapus