Jumat, 16 Januari 2015

Buying opportunity or stupidity...??

Belakangan ini, ngga tau kenapa, saya kok seneng banget mungutin saham2 yang udah turun dalam, apalagi yang udah berbulan-bulan turunnya. Saham tsb turun dalam krn berbagai macam sebab. Ada yang karena laba turun, ada yang karena Right Issue di harga yang jauh di bawah harga pasar, ada jg yg ngga tau apa sebabnya. Turun ya turun aja.. :)

Saya sendiri sebenernya tipe investor yang seneng koleksi saham-saham dengan PER di bwh 5 atau PBV di bawah 1, dan rajin bagi deviden (ini cara paling simpel aja utk saya mutusin beli saham). Tapi kadang-kadang bisa jadi saya ngga nemu saham dgn kondisi seperti itu. Sedangkan tiap bulan, saya selalu menyisihkan skitar 20% dari gaji suami saya, utk saya investasikan di saham...

Jadi kadang-kadang, kalo saya lagi ada cash, dan saya ngga bisa nemuin saham yang "perfect" banget utk dibeli buat investasi, saya suka liat-liat chart. Saya coba hunting, ada yang chart WEEKLY atau MONTHLY-nya menarik ngga, utk dibeli...

Patokan menarik buat saya, antara lain sudah kena MA 100 atau MA 200 weekly, atau sudah kena MA 60 monthly atau blm (biasanya saham-saham consumer terlihat menarik untuk dibeli, bila sdh kena MA 60 monthly, selama LK-nya masih ada growth).

Di sini saya cuma mau sekedar nulisin aja, "kegilaan" saya beli saham-saham yang lagi turun ini.. Sebenernya cara ini sebaiknya jgn diikutin oleh investor pemula, krn memang beresiko banget. Kita harus siap mental banget ngeliat saham yang kita beli bisa terus keseret turun selama sahamnya belum rebound... 

Judul tulisan ini "buying opportunity or stupidity", karena jujur, saya sendiri ngga tau pasti, dari saham2 yang saya beli ini, apakah nanti ada yang naik tinggi atau malah turun makin dalam lagi... :)

Karena keterbatasan waktu, saya ngga bs nulis detil ya.. saya hanya tulisin singkat aja, saya beli saham apa,  di harga brp, dan karena apa..


1. CPIN ---> dari LK Q3/2014, laba CPIN msh turun. tapi chart weeklynya sekarang ini terlihat lagi konsolidasi. Garis-garis MA saling tumpang tindih berbentuk kaya tali tambang (sudah di bawah MA 100 weekly lho)... :) Kalo dilihat dari salesnya, sales CPIN msh naik. Brarti demandnya masih tumbuh. Labanya turun krn kenaikan biaya produksi. Saya kemarin beli CPIN di harga average 3786, dengan PBV sekitar 5,8x dan PER 27,3x. Kalo liat PER dan PBV yang tinggi kaya gt, rasanya males bgt belinya :)  Tapiiiii... heyyy, ini CPIN lho... jarang banget PBV-nya bisa di bwh 6x. Kalo liat di data etrading, CPIN biasanya dijual dengan PBV 6x - 9x. So, krn PBV sdh di bawah 6x, chart weekly sedang konsolidasi (dan sdh di bwh MA 100 weekly) dan sales CPIN msh naik, jadi saya putuskan beli CPIN kmrn. Ini bukan untuk long term investment sih, krn saya beli jg udah di PER 27,3x. Someday pasti akan saya jual... :) Tapi sekarang, saya rasanya sayang kalo ngga beli.. :)


2. AISA ---> dari LK Q3/2014, AISA masih bagus bgt growthnya. Malah kmrn ada berita mau private placement di Rp 2250. Sekarang AISA sudah kena MA 60 weekly-nya. Akhirnya saya nambah beli AISA lagi di Rp 2060. Sebelum saya average up, harga AISA terbesar di portofolio saya Rp 1350. Dengan average up, sekarang harga AISA yang saya punya, average di 1379. Saat ini AISA adalah saham dengan bobot terbesar di portofolio saya, yaitu 24,64%. Di harga 2060, AISA diperdagangkan dengan PER 18,3x dan PBV 2,07x. Masih termasuk murah ya, menurut saya, untuk saham consumer dengan growth secantik AISA.. :)


3. LEAD ---> saya sdh bahas tentang LEAD di tulisan sebelumnya. Saya beli LEAD krn dia sdh turun berbulan-bulan. Di LK Q3/2014, LEAD msh tumbuh dengan bagus. Harga average LEAD saya 2678 (ini aja PER-nya sdh di bwh 5x lho, dan PBV 1,1x). 
Sementara LEAD sekarang sdh 2200 :((  Minus banyak nih LEAD di porto saya..  Tapi saya msh hold, kecuali kalo nanti LK-nya tiba-tiba jelek, lgsg saya buang ngga pakai mikir lagi.

O iya, yang bikin saya beli LEAD selain krn udah turun dalam dan PER udah di bwh 5x, dia jg kmrn sdh bagi deviden lho. Saya seneng sm perusahaan yang mau bagi deviden, apalagi kalo perusahaan itu baru IPO. Ini bener-bener nilai plus di mata saya.. :)


4. SCMA ---> saya beli SCMA di 3310. Ketika itu, harga SCMA sdh di MA 60 weekly. LK Q3/2014, sales dan laba SCMA msh tumbuh 13%. Di 3310, PER sdh 32,8x dan PBV 15,6x. Saya beli SCMA ini tentu aja bukan untuk long term investment. Ini asli utk trading aja.. :) Saya akan jual kalo nanti sdh untung, dan ada saham lain yang lbh bagus utk dimiliki.. :)


5. BWPT ---> BWPT kemarin heboh banget yahh, dia turun dalam dr 1000-an ke 300-an krn kasus Right issue di Rp 400. Dulu, BWPT ini sempet jadi saham jagoan utk CPO bagi beberapa analis fundamental yang saya kenal. Mereka melihat BWPT ini yang nanti paling kinclong ke depannya, di antara semua emiten CPO di BEI. Cuma, saya ngga pernah mau beli, krn PER BWPT ini selalu 20-30x. PBV-nya jg sekitar 3 - 4x. Buat pemegang saham BWPT (sebelum RI), saham ini emang sekarang jadi bikin eneg. Tapi krn saya belum pernah beli, saya akhirnya melihat ini sbg buying opportunity. Jadinya saya beli di average 381. Kalo dengan data di LK Q3/2014, BWPT di 381 ini setara dengan PER 8,6x dan PBV 0,72x. Saya akan hold dulu untuk nanti melihat bagaimana BWPT di LK selanjutnya... :)


6. WINS ---> nahhh, ini saham trakhir yang saya beli, yang chartnya udah turun dalam... :)
Dulu saya pernah beli WINS, di harga 500-an. Terus saya jual, pindah ke saham lain. Dulu sempet sebel pegang saham ini krn dia ngga likuid bgt.. :) WINS di LK Q3/2014, salesnya turun 4,2%. Laba bersih naik 0,21%, tapi EPS turun 9,8%. Kinerjanya memang ngga sehebat sebelumnya. Tapiii... WINS kemarin ada private placement di 800. Harga sekarang Rp 660. Sdh di bawah harga placement-nya :) Dengan data di LK Q3/2014 kemarin, WINS di 660 ini, PER = 8,96x dan PBV skitar 1,04x (1 usd = Rp 12.000). Saya beli untuk nanti direview lagi di LK selanjutnya.. :)


Ok, segini dulu tulisan saya... Kebetulan kemarin itu suami saya dpt bonus akhir thn, jadi saya punya cash yang agak longgar untuk dibelanjakan. Dan saya lagi ngga pengen beli saham2 blue chip, krn sdh cukup banyak di porto. 

Sekali lagi, ini bukan rekomendasi beli. Saya malah bilang, kalo utk investor pemula, cara beli saham yang lg turun, mungkin malah bs bahaya. apalagi kalo mental kita ngga siap utk cut loss.. :)

Saya nulis tentang ini, karena saya lg bosen nulis valuasi terus :)))) 
Karena pd kenyataannya, saya sering jg beli saham hanya dengan patokan chart aja, yang kadang2 dikombinasikan dengan PER/PBV.. :))) 

Tapi dr portofolio yang saya punya, biasanya memang selalu saya siapkan sekitar 10-15% untuk trading, walaupun tradingnya juga dengan patokan chart weekly/monthly... 

Mdh-mudahan bisa bermanfaat, ya.. :) 

Kalo ada yang ngikutin saham yang saya beli, dan nanti keseret turun terus sahamnya, jgn salahin saya, ya.. Your money, your responsibility... :)))

Regards,
V3



12 komentar:

  1. mantabb..saya jg barusan ngumpulin SCM* dan CPI* :D mudah2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. SCMA skrg 3620, CPIN 3920.. udah cuan lumayan dong ya.. :) SCMA saya udah saya jual di 3480, krn kemarin ada kebutuhan urgent. Sekarang saya ngga punya SCMA lg.. :) gudlak yah, mdh2an SCMA-nya bisa naik trs ke 4200.. :)

      Hapus
  2. Malam Mba,Kalau PWON bagaimana ? apakahl sama juga seperti emiten2 diatas ? Mengingat ini perusahaan bagus sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PWON perush property yang bagus. Recurring incomenya sampai 50%, sama dengan LPKR. Tapi untuk property, saya cm pegang BSDE sm LPKR aja :) . Chart PWON di weekly, rebound di MA 20.Tapi chart monthly-nya agak serem ya, udah naik terus berbulan-bulan soalnya. Kalo beli, mending utk trading dulu aja, jd bs dijual dulu kalo udah cuan.. Disclaimer ya :)

      Hapus
  3. Bu stlh RI di BWPT, total vol saham menjadi 31.525.000.000 lembar. Jadi BV harusnya di 418. Just info saja.

    Kameren sempat baca posting ibu tentang LEAD. Rupanya saham murah dan bagus juga ini, walaupun liquiditas cukup terbatas. Selain LEAD yg sejenis juga ada INDX.

    Welcome back ya dan smoga terus cuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih pak Ali utk infonya.. saya mau liat LK BWPT di Q4/2014 dan Q1/2015 utk dapat data yang lebih akurat ttg valuasi BWPT setelah RI. nanti kalo hasilnya jelek, saya akan langsung jual aja. Sekarang BWPT saya udah minus 11% di porto. LEAD-nya minus 15%. Untung cuma beli dikit, jadi ngga begitu sakit hati ngeliat floating loss-nya :))))) semoga bapak jg cuan terus ya.. :)

      Hapus
  4. kami baru mendapatkan kabar bahwa SCMA akan membukukan laba yang kurang baik di kuartal 4 ini.
    Revenue kurang lebih akan turun 5%, margin kemungkinan juga akan sedikit tertekan. Mungkin laba SCMA tahun 2014 akan sekitar 5-8% di bawah ekspektasi konsensus.
    Memang hanya meleset 5-8%, namun ketakutannya ini bisa berlanjut ke tahun depan. Masalahnya, harusnya walaupun SCMA kehilangan UNVR, revenue tidak akan sejelek ini dengan memperhitungkan audience share yang mereka miliki saat ini.
    Selain itu, ekspektasi SCMA di tahun 2015 juga cukup tinggi, dimana laba diprediksi tumbuh sekitar 17%. PE 2015 di 27x, sangat tinggi untuk perusahaan media yang memiliki potensi untuk downgrade.
    Kabar baiknya justru malah datang dari MNCN, dimana perusahaan ini audience share nya naik cukup banyak selama 2 bulan terakhir.
    Selain itu, seharusnya jika seandainya MNCN kehilangan MNC TV, maka diprediksi revenue hanya akan turun 10-15% saja. MNCN ini mungkin laba di tahun 2015 akan di upgrade lagi, mengingat pulihnya audience share mereka.
    Ditambah lagi, valuasi juga gap-nya sangat jauh dengan SCMA. Saat ini MNCN diperdagangkan di PE15FY 16x (menurut konsensus). Mungkin MNCN dengan ada katalis ini bisa sedikit rally ke Rp3,000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih pak, utk infonya.. :) saya skrg ngga punya SCMA lg sih krn kmrn sdh dijual. dan abis dijual dia tetep naik.. :))) mdh2an info ini berguna bagi investor SCMA yg lain. Btw, saya baru tau lho kalo SCMA dulu pernah punya UNVR.. :)

      Hapus
  5. Share sedikit tentang BWPT

    http://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/NewsAndAnnouncement/ANNOUNCEMENTSTOCK/From_EREP/201412/36368e7d8f_bad5909319.pdf

    kesimpulan dari laporan managemen bwpt diatas adalah

    management BWPT sdh hitungin bahwa Free Cash Flow BWPT akan turun at least hingga 2017, dan baru meningkat pada 2018 itupun masih dibawah angka 2014. Jadi BWPT memang bukan saham yg cocok utk investasi at least before 2018. Ingat, angka 2018 adalah undiscounted, artinya jika kita present value menggunakan risk free rate 25 tahun SUN (Biar asumsinya sama dgn BWPT), akan jauh lebih sedikit daripada saat ini. Walaupun itu menggunakan 25 tahun sehingga angka FCF nya akan lebih kecil tapi itu adalah konservatif nya. Jadi dalam hal ini, appraisal nya cukup konservatif jika memang niat nya bukan utk menyajikan angka FCF yg lebih kecil supaya BWPT tidak menarik.

    Informasinya dari ... bahwa memang investor ditendang tendangin dari sini krn ada kemungkinan akan dilakukan aksi korporasi lanjutan sehingga tdk terlalu menggangu aksi korporasi tsb. mau pegang saham grup rajawali memang anda mesti sabar. kecuali ada yg mau goreng ini saham mungkin bisa naik lebih cepat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak pak utk info BWPT-nya.. :) saya sendiri dlm investasi saham, lebih suka ngitung dgn cara yang simpel2 aja, mungkin karena otak saya ngga sanggup utk ngitung yang rumit.. hehehe... untuk BWPT, saya akan liat nanti LK terbaru dia stelah RI. kalo mmg hasilnya jelek, ya dijual aja lgsg, walaupun udah minus gede.. saya bukan tipe investor saham yang betah hold saham jelek lama2 soalnya.. :) lbh baik CL dengan berdarah-darah daripada terus keseret turun, apalagi kalo harus nunggu sampai 2018.. waduhh.. :)))) makasih sekali lagi utk infonya ya, pak.. :)

      Hapus
  6. tentang CPIN... salah satu kriteria saya utk masuk suatu saham sebelum melihat valuasinya adalah Sektor poultry lagi bagus gak sekarang ??? contoh thn 2007 sektor pertambangan.. mau yg fundamental baik atau biasa pasti naik. tetapi 2012 COAL/CPO turun 30-50%. justru sebaliknya 2012 properti dan konstruksi naik 50-100%. hampir merata naik semua.

    So masalah sektor ini patut jadi pertimbangan penting sebelum melangkah melangkah ke valuasi. apa artinya murah kalau tidak memberikan capital gain.

    Tdk ada yg salah dg valuasinya. cm bisa jadi timingnya saja yg kurang tepat. bisa jadi setelah masuk akan makin turun, sy setuju dengan v3 agak bahaya utk investor pemula.

    itu sekilas pemikiran saya. shr

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari LK, sektor ayam memang lagi jelek. labanya pd turun, walaupun salesnya masih pd naik cukup bagus, yang memcerminkan bahwa demand pada sektor ini masih kuat, sehingga sektor ini masih bagus untuk alternatif investasi. karena labanya masih turun, saya pakai PBV utk masuk ke CPIN. dan PBV di bawah 6x, sepertinya sudah cukup bagus utk masuk ke CPIN. Selain itu, chart weekly-nya sdh konsolidasi cukup lama. Jadi saya anggap relatif aman utk dibeli. Tapi ya seperti biasa, nanti begitu LK terbaru keluar, dan kalo hasilnya jelek, saya akan jual smua.. :) Jadi ketika beli, saya melihat FA dan kadang2 juga TA, tapi ketika jual, saya hanya melihat pada FA.. :) Untuk pemula, sebaiknya hanya beli saham-saham yang salesnya naik dan labanya naik aja ya, biar lbh tenang megang sahamnya :)

      Hapus