Sabtu, 05 Januari 2013

Beberapa saham dengan HIGH GROWTH..

Di tulisan sebelumnya, saya pernah bahas tentang kondisi makro ekonomi di mana investasi saham merupakan pilihan investasi yang terbaik.

Kondisi itu adalah sbb :

1. Tingkat suku bunga yang rendah ---> sekarang BI rate = 5,75%, sudah turun jauh dari tahun 1998 dulu yang sempat di atas 60%

2. Tingkat inflasi yang rendah ---> dari www.bi.go.id, inflasi saat ini adalah 4,3%, sudah turun jauh dari thn 1998 yang dulu jg sempat di atas 30%.

3. Pendapatan per kapita yang terus naik
Dari data yang saya punya ketika ikut seminar dengan tablod kontan yang membahas outlook investasi pasar modal di 2013, Pendapatan per kapita Indonesia telah naik dari $807 di tahun 2000 menjadi $3511 di 2011. 
Prediksi pendapatan per kapita Indonesia utk 2012 dan 2013 adalah $4082 dan $4653.

Indonesia sedang tumbuh. Ini dicerminkan oleh Pendapatan per kapitanya yang terus tumbuh. Itulah mengapa investasi di bursa saham Indonesia sekarang sangat menarik. 

Ketika krisis 2008, walaupun IHSG jatuh skitar 40% di thn 2008, tapi dalam 2 thn IHSG sudah bisa balik ke all time high-nya (2838), malah bisa pecah rekor baru terus, shingga sekarang IHSG sudah berada di 4400.

Kenapa IHSG bisa pulih dengan cepat? 
Karena pendapatan per kapitanya terus tumbuh. Ada GROWTH di ekonomi Indonesia, dan bursa saham hanya bisa naik bila ada GROWTH dari emiten2 yang ada di dalamnya.

Dan sekarang, untuk bisa mendapatkan hasil investasi saham yang berkembang terus, saham-saham dengan HIGH GROWTH ini yang harus kita beli. Tentu saja agar hasil investasinya baik, jgn asal comot. Tetap cek indikator yang lainnya, dan hitung valuasinya, biar kita ngga beli kemahalan.. :)


Ada beberapa LK Q3/2012 yang sempat saya analisa, dan dr bbrp LK itu ada 30 saham yang saya anggap HIGH GROWTH (EPSnya tumbuh di atas 30% dalam setahun). Saya sertakan juga nilai ROE-nya di sini.

Daftar saham ini BUKAN "BUY RECOMMENDATION" ya.. :) 
Ini cuma sekedar alternatif saham-saham yang bisa kita pilih utk investasi di masa pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang ini ...
Dan jangan lupa, cek lagi nanti setelah LK terbaru keluar, apakah saham2 ini masih masuk dalam list HIGH GROWTH atau ngga..



No   Saham   GROWTH    ROE

1.    AISA      177,15%    20,16%

2.    PWON    176,3%     27%

3.    ADES      505%       45%

4.    ADHI      184,5%     11,22%

5.    SCCO     123,8%      30,3%

6.    SSIA       205,3%      42,1%

7.    LPCK      93,9%        34,5%

8.    MAIN      75,5%        55,1%

9.    DVLA      76,4%        18,1%

10.  KBLI       87,4%         15,3%

11.  JPFA       66,7%        28%

12.  ASRI       60,87%      23,6%

13.  TOTL      61,5%        28%

14.  ULTJ      66,7%        15%

15.  ARNA     64%           27%

16.  BTON     60%          23,4%

17.  MRAT     59%          5,5%

18.  BSDE     45,7%        12%

19.  ACES      46,3%        23,8%

20.  BTPN     43,7%         26,7%

21.  BBTN     43,75%       16,7%

22. BMTR     40%             13,7%

23. JECC      39,7%          30,5%

24. ROTI      34,8%          21%

25. JSMR      38,5%          18,1%

26. EKAD      34,4%         22,1%

27. MNCN      33,3%         24,5%

28. PANS      30,5%          25,5%

29. KDSI      219,2%         14,4%

30. PSAB      1454%          46,7%


Sekali lagi, ini BUKAN daftar saham dengan rekomendasi "BUY".

Bila mau beli utk investasi, cek LK-LK sebelumnya, minimal 3 tahun ke belakang. Bila mau beli utk trading, harus disiplin dengan trading plan.

Saya hanya mau menunjukkan di sini, daftar saham dengan high growth. Tapi krn keterbatasan analisa saya, mungkin ada saham2 high growth yang lain yang tidak sempat saya analisa, sehingga tdk bisa disajikan di sini.

Tapi dari yang selama ini saya pelajari, suatu saham bisa naik, terutama break all time high, hanya apabila terjadi growth di saham tersebut. Dan untuk melihat growth itu, saya gunakan EPS growth. Kalo mau lebih detil, bisa aja sih hitung juga sales growthnya, operating profit growthnya, net income growthnya, atau yang lainnya.. 

Tapi buat saya, tetep aja ujung2nya harus liat EPS, karena utk ngitung valuasi, kan kita butuh nilai EPS. 

Jadi, simpel aja, saya cuma analisa EPS growth utk screening awal saham2 yang saya mau invest. Setelah itu liat ROE. Bila ROE di bawah 15%, saya coret. 

Setelah ketemu saham high growth dengan ROE di atas 15%, baru hitung valuasinya. Ini cara simpel aja ya.. :) Bisa dilakukan sambil nunggu anak les, atau creambath di salon.. hehehehe....


Mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu pemula yang baru nyemplung di saham, ya. Saya pake nama metode saya metode "Keep It Simple, Sayang.." :D


Regards,
- V3 -



4 komentar:

  1. mba Fitry

    mo tanya kalo BRNA dan CNKO gimana yah? mungkin ada comment gitu terhadap 2 emiten ini.

    Makasih banyak.

    Salam
    bnsdrj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benus, kalo saya liat BRNA sih fundamentalnya lumayan bagus, ya. Ini liat sekilas aja, krn sy sdh ngga punya BRNA lg :) EPS growth 39%; ROE 21,9% ; DER 1,54x ; dan di harga Rp 710 PER-nya 9,5x. BRNA jg rajin bagi deviden tiap tahun.
      Kalo sudah punya, mungkin lbh baik hold saja. Jual hanya apabila melihat peluang di saham lain yang lebih baik.

      Kalo untuk CNKO, saya ngga bisa komentar, krn saya ngga punya LK Q3/2012nya.
      Kalo liat LK Q2/2012, EPS growthnya cuma 22%, ROE 11%, dan di harga sekarang (Rp 400), PERnya sdh 18x (data etrading). Sudah ngga begitu menarik kalo untuk dibeli.

      Dari chartnya sih, spertinya MA 20 Weekly cukup kuat sbg support. Jadi selama di atas itu, spertinya dia cenderung akan naik. Disclaimer ya.. :)

      Hapus
  2. kak.. ada pendapat buat ASGR?

    tengkyu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASGR secara fundamental bagus. Apalagi dia termasuk grup Astra ya, jd manajemennya lbh bs dipercaya. Klo liat LKnya dr 2008 sih, dia terus growth ya, baik dr sales, laba bersih, modal maupun EPS.

      LK Q3/2012, ROE juga baik, DERnya masih di bawah 1,5 dan EPS growth juga di atas 15%.

      Untuk investasi, ini saham bagus, apalagi juga rajin bagi deviden. Mungkin tinggal cari entry point-nya aja ya, mau beli dengan MOS brp %, atau liat di chart, tunggu di MA 20 weekly atau MA 60 weekly.

      Mdh2an membantu ya. Saran saya sih, kalo nemu saham dgn konsisten growth sperti ini, manajemen bagus dan rajin bagi deviden, jgn tergoda trading. Simpan aja sbg investasi long term. Keluar bila LKnya memburuk, atau ada peluang di saham lain yg lbh bagus. Disclaimer ya.. :)

      Hapus