Senin, 30 Juli 2012

Sepertinya saat ini (masih) suram untuk investasi di saham komoditas..

Melihat LK Q2/2012 AALI, PTBA, KKGI yang sudah keluar, semua menghasilkan penurunan kinerja. Jadi untuk saat ini, saya rekomen sell dulu (untuk mengurangi posisi bagi yang sudah punya, terutama dengan harga beli yang tidak jauh beda dr harga saat ini), atau jangan beli dulu bagi yang belum punya. 




Khusus untuk CPO, menurut saya CPO tetap bagus untuk investasi long term karena CPO dapat diperbarui, jadi tidak akan pernah habis. Cuma masalahnya, sebaiknya bagi value investor selama LK emiten CPO masih turun kinerjanya, tunggu aja di PER yang murah sekalian (di bawah 10 kalo menurut saya). 




Kalo untuk mining, sebaiknya beli di PER yang lebih murah drpd CPO deh. Krn mining kan tdk bisa diperbarui :)




Tapi bagi investor yang lebih senang bermain aman, sebaiknya memang baru beli lagi ketika LK-nya sudah membaik. Pendapatan, laba operasi dan EPS growth sdh positif.




Disclaimer is ON ya.. :) 




Nyangkut atau ngga dapat barang, tanggung sendiri ya.. :)




Regards,


- V3 -

2 komentar:

  1. Mbak , sy liat LK MAIN sdh klr,

    brp perhitungan harg wajar Mbak sekrg?

    dari hitungan LK Q1, hrg wajar yg Mbak dptkan ada di 2000. blm sampe 2000 LK Q2 sdh klr.

    Trims Mbak Fitri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cari di website BEI, belum ada LK MAIN, mas. jd belum bisa hitung. Oya, itu hitungan harga wajar berlaku utk LK setahun penuh, mas. jadi, walaupun baru LK Q1, tapi hitungan sudah mencakup perkiraan harga wajar MAIN hingga Q4/2012, bukan harga wajar selama release LK Q1 saja. Kecuali apabila di LK terbaru ada penurunan/kenaikan kinerja yang signifikan, maka harga wajarnya baru akan berubah drastis.

      Hapus