Kamis, 02 Mei 2024

Tahun ini tahunnya invest di big banks lagi sepertinya...

 BBRI sdh mulai turun dr highest Rp 6450 ke harga sekarang Rp 4760, alias sdh turun sekitar 27% dr highestnya. Secara teori, BBRI sudah masuk bear market.

BMRI hari ini juga sdh turun 8,33% , harga sekarang Rp 6325. Highest BMRI kmrn Rp 7500, alias sdh turun 16% dari highest-nya, walaupun belum masuk bear market.

Apakah thn ini tahunnya kita membeli saham big banks? Menurut saya, iya. Tapi jangan buru2 beli, tunggu sampai agustus-oktober, biasanya itu bulan baik untuk belanja saham.

Saya sendiri sdh pasang target utk buy area di saham2 tsb, dan nanti kalo saya sdh mulai belanja, alias kalo harganya sdh menarik utk dibeli, akan saya share di sini , insyaa Allah.

Saran saya, kumpulkan uang utk beli saham big banks thn ini, terutama kalo dpt deviden2 coal. 

Buat saya, sebenarnya sektor yang sangat menarik untuk invest long term di Indonesia, hanya 2 sektor : coal dan bank.

Saham coal untuk sumber cashflow krn umumnya royal deviden.  Tapi tetap cari yang potensi growth ke depannya juga bagus, cadangan coal banyak, atau sdh mulai diversifikasi ke EBT, low debt dan ngga pelit bagi deviden.

Saham bank untuk mengangkat nilai aset dalam jangka panjang, krn kenaikan harga mereka besar biasanya. 

Beli saham yang bagus2 di sektornya aja, ngga usah diversifikasi ke banyak saham, dan cari yang valuasinya masih wajar. 

Misal untuk saham coal : PTBA, ITMG, ADRO

Untuk bank : BMRI, BBRI, BBCA dan BRIS (BRIS perwakilan dr bank syariah, bagi yang ngga mau invest di bank konvensional).

Ok, ini aja masukan dari saya. Sabar belanja sampai agustus-oktober ya. Semoga hasil investasi kita akan bagus di tahun2 ke depan. Aamiin..

Disclaimer on, rugi tanggung sendiri.. :)



Warm regards,

V3


6 komentar:

  1. untuk yang syariah pilihan banknya yang bagus cuma BRIS dan BTPS. Apa pendapatnya saham BTPS Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin BTPS sedikit beresiko dibanding BRIS ya, krn peminjamnya dikenakan bunga tinggi akibat tdk ada agunan. Saya prefer BRIS sih karena diback-up oleh BBRI juga, jd growth ke depan mungkin akan lebih bagus drpd BTPS. Disclaimer on ya.

      Hapus
  2. Terimakasih bu infonya smoga diakhir taon kita cuan bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. semoga ya.. itu harapan kita semua yg invest di saham. aamiin..

      Hapus
    2. Trimakasih Bu untuk masukanya. Semoga portfolio kita terap bertumbuh sesuai yang di harapkan

      Hapus
    3. sama2, disclaimer on ya.. untuk saham bank, aku prefer nunggu LK Q2 mereka thn ini , utk beli. atau nunggu harganya masuk buy areaku aja.. semoga bs dpt harga bagus :)

      Hapus