Kamis, 06 Mei 2021

TSPC, saham consumer yang masih murah dan rajin bagi deviden

 Satu lagi saham consumer yang saya bilang menarik harganya utk dimasukkan dalam keranjang investasi long term saat ini : TSPC. Sebenernya kalo dalam klasifikasi saham BEI, TSPC ini masuknya ke dalam sektor farmasi. Tapi buat saya, mgkin TSPC ini lbh mirip saham consumer drpd farmasi, krn produknya sdh menjadi konsumsi sehari hari rakyat indonesia dari jaman dulu kala.. 

Ini perusahaan yang sudah eksis selama puluhan tahun lalu, dengan produknya seperti hemaviton, bodrex, enervon C dll. Dan dalam sepuluh thn terakhir, selalu rutin bagi deviden. 

Di harga sekarang, Rp 1500-an, PER TSPC sekitar 5,88 dan PBV 1,06. ROE 18,09%, DER 0,45.

Dari LK Q1/2021, salesnya turun 0,8% tapi dengan efisiensi di bidang beban penjualan, umum dan administrasi, laba bersihnya masih bisa tumbuh 1,53%.

Pertumbuhan laba TSPC dalam sepuluh tahun terakhir ngga masuk kategori bagus banget, tapi dengan harganya saat ini, di mana PER masih di bawah 6x, menurut saya ini sudah menarik untuk dibeli. Apalagi dengan estimasi deviden yield thn ini yang bisa sekitar 4,67% (dengan asumsi perusahaan membagikan DPR 40% dari laba 2020), TSPC sangat menarik sbg sumber pasif income dr deviden untuk saya.

Dan bbrp bulan ini, pemegang saham pengendali TSPC, PT bogamulia nagadi (yang sudah menguasai 81% saham TSPC), masih aktif nambah beli sahamnya di market di harga Rp 1500-an. Bila PSP sdh rajin nambah beli, ini juga bs jadi salah satu indikator bahwa sahamnya sdh sangat menarik... :)

Valuasi TSPC yang saya dapatkan = Rp 5220. Alias masih ada diskon 71,74% dr harga wajarnya, dengan patokan harga sekarang Rp 1500 :)


Disclaimer ON ya. Rugi tanggung sendiri :)))


Selamat berinvestasi, semoga investasi saham kita akan memberikan hasil yang bagus di tahun2 mendatang.. aamiin.. aamiin..


Warm regards,

V3

2 komentar:

  1. pegang saham apa aja bu skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya pegang banyak saham, semua saya beli di harga yang saya anggap undervalued dan rajin bagi deviden. Tapi yang saya beli belakangan ini : tspc (1500-an), adro (1200-an), icbp (8800-an), prda (4400).

      Hapus