Selasa, 19 Januari 2016

Buyback My AISA...

Di posting sebelum ini, saya sempat nulis kalo saya telat sebulan baca LK Q3/2015 AISA.
Hasilnya Q3/2015 AISA,  laba usaha naik, laba bersih naik tapi EPS turun. 
Stelah slesai analisa LKnya, saya langsung jual AISA saya di 1400-an (ini AISA terakhir yang saya punya, dengan modal beli 1200-an thn 2013).

Habis jual, saya perhatikan saham AISA terus turun.. dan skrg saya lihat sdh mencapai lowest 1035.
Saya tertarik beli di harga ini...

Kenapa?

Karena :

1. PBV = 1,02x ---> termasuk murah untuk saham consumer yang revenue dan labanya masih terus tumbuh 3 tahun terakhir ini. Bahkan MAIN yang sedang merugi pun, masih dijual dgn PBV di atas 2x.. 

Selain itu, saham CPO LSIP kmrn sempat koreksi ke PBV < 1, tapi hanya sebentar dan langsung naik ke PBV > 1.

Saham coal PTBA, sampai sekarang PBV-nya masih di atas 1.

Jadi, AISA dgn PBV 1,02x menurut saya sudah layak beli untuk investasi..



2. PER = 9,89x


3. Di chart monthly, sudah mendekati MA 100 monthly.. 

Secara TA, belum ada buy sinyal sama sekali di saham ini. 
Jadi saya beli hanya berdasarkan FA aja.. 

Apa AISA masih bisa turun? Ya, masih mungkin.
Jadi, kalo beli di harga sekarang harus siap mental kalo sahamnya dibawa turun terus..
Cuma, karena ini bukan saham komoditas, saya lebih tenang megang untuk jangka panjang...

Mungkin AISA akan lebih menarik lagi kalo bisa beli di bawah 1000... 

Di chart saya, MA 100 monthly AISA ada di angka 982..

Ok, ini saja sekilas pandangan saya tentang saham yang menurut saya menarik untuk dibeli buat investasi di awal thn 2016 ini.

Analisa saya ada kemungkinan besar salah, jadi jangan ikut2an beli hanya karena baca postingan saya aja.. :)

Your money your responsibility... salah tanggung sendiri, ngga dapat barang tanggung sendiri... :)


Regards,
V3

UPDATE : Saya dpt berita dr temen, katanya AISA mau right issue, repo, pangkas hair cut, anak usaha default

Benar kah??


UPDATE TERBARU, 20 jan 2016 : Pagi ini saya dapat masukan dari teman saya yang bisa saya percaya, bahwa manajemen AISA betul2 jelek. Saya out dr AISA di 950 hari ini. Kalo utk manajemen yang jelek, saya ngga ada toleransi lg. Karena saya hanya mau pegang saham dr manajemen yang bs dipercaya.


Untuk masukan, bisa baca juga di link ini : 

http://irfanda.id/analisis-manajemen-aisa



23 komentar:

  1. Selamat tahun baru 2016 bu Fitry, pas hari ini saya buka blog itu, muncul pula posting ibu tentang AISA. Setelah beberapa minggu yg mengintip saham ini, dan 2x kehilangan kesempatan beli di bawah 1100, hr ini saya tuntaskan keinginan tersebut. Walau saya terlalu dini beli di 1095, dan harga AISA malah sentuh low di 1035 saat ini, sy sudah cukup senang.

    Selain merujuk kepada LK yg terlihat menarik dan sangat wajar, dari segi prospek saya juga sangat menyukai AISA berdasarkan pubex di summit akhir thn lalu tentang misi dan visi AISA kedepan.

    Smoga berkah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, ini AISA-nya abis beli malah mau dijorokin ke AR kiri.. tapi saya pikir, turunnya sudah cukup dalam, jadi kalo saya ngga beli sekarang malah takut menyesal nanti... mdh2an bs jadi investasi yang bagus di awal tahun ya, pak.. aamiin...

      Hapus
    2. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. Iya saya juga pikir demikian, fluktuasi naik turun sih biasa dlm short term, dan sangat sulit jika mau beli di lowest dan berharap nanti jual di highest. Jadi, apa yg sudah masuk kriteria saham incaran 2016 dan harganya juga dah dibawah kewajaran yg sy nego, sy ambil.

    bbrpa saham yg sy cukup tertarik bu utk 2016 antara lain: aisa, cpin, aces, roti, scma dan lppf (selain yg sudah ada di tangan barang lama ada sido dan nrca dan tambahan di akhir thn ssia)

    Tp dr watchlist sy, saat ini baru aisa yg masuk harga diskon utk di beli, yg sisa masih sy pertimbangkan, roti mulai mendekati diskon.

    BalasHapus
  3. AISA katanya mau RI, pak. anak usaha ada yang default. Benar pak? makanya AR kiri hari ini..

    BalasHapus
  4. Masalah RI sy tidak tau dan blm bisa mengecek bu, tp klo masalah GOLL default, ini yg sudah sy gali:

    GOLL hutang ke RHB dan Rabo banks emang cukup besar total ada 1,7T (kurs 14.000) dmn hutang ini akan jatuh tempo di 2019 dgn potensi utk diperpanjang utk bbrpa thn tambahan. Bunga yg di kenakan adalah between 5,8%-6,1%, jadi beban bunga per thn adalah 104M.

    Nah jika rumour yg beredar bahwa GOLL akan default, apakah itu default bayar hutang atau default bayar bunga?

    Jika itu default bayar hutang, GOLL hanya memiliki hutang jangka pendek 3M yg jatuh tempo dlm 1thn kedepan dr sep 2015.

    Jika yg dimaksud adalah default bayar bunga, well, 104M emang sekilas terlihat besar dan kas GOLL tidak mencukupi, tp kita juga hrs sadar bahwa bunga tidak dibayar sekaligus dlm 1xhari utk beban 1xtahun, tp secara bertahap sesuai berjalannya waktu, hence per quater tinggal di bagi 4 saja dr 104M tersebut, dan ini bs kita liat dari cashflownya laporan keuangan GOLL.

    So, sy tidak melihat default terjadi, dan sy menduga ini adalah rekayasa hoax yg akan membuat retail skeptis cemas.

    Secara fundamental, aisa masih tumbuh dgn baik jadi tidak alasan mengapa sy hrs hindari saham ini utk sementara, justru jika berita tersebut ngaur seperti yg sy percaya, ini adalah kesempatan buat beli di harga murah, jika pembantahan sudah dtng secara official dr management atau RHB, well, sepertinya sudah telat ambil posisi.

    BalasHapus
  5. Pak Ali, terima kasih sekali utk infonya ya... kalo utk default, sepertinya memang rumor ya. Tp masalah right issue, mmg blm jelas. Trakhir aisa RI seingat saya di harga 2250, dan itu di pbv > 2. Sblumnya di 1440, pbv > 1. Skrg BV aisa 1026. Apa iya mau RI di bwh BV?

    Td jg saya sempat baca, ktnya ada broker asing yg nurunin capping aisa jd 0%, dr yg tadinya 100%, shingga bikin aisa banyak dijual hari ini. Tp sy jg ngga tau, akan seperti apa pengaruhnya ke harga pasar aisa...

    Kita liat besok aja ya... mdh2an udah ga jauh dr bottom. Mdh2an aisa akan segera rebound, krn sejauh ini pendapatan dan labanya jg msh tetap tumbuh, hanya EPSnya yg turun 6%...

    BalasHapus
  6. Sesungguhnya klo secara apple to apple sih boleh di blng mustahil bu, pertumbuhan laba tdk bergerak sejajar dgn eps, krna eps adalah bagian dr laba yg dibagi dr setiap saham.... Ibaratnya klo dlu sahamnya cmn 1jt lembar toh epsnya akan segede gajah, tp skrg krna uda milyaran lembar eps jd kecil, tp sesungguhnya labanya akan tumbuh dr tahun ke tahun, jd klo sy sih mau banding slalu menggunakan lembaran saham yg terbaru antara 2 periode yg sy banding.

    Krna byk membaca ilmu di buku peter lynch one up on wallstreet, sy tdk terlalu lg hirau dgn yg namanya book value. Krna jika suatu perusahaan dinyatakan bankrut, tentunya assetnya yg dibuku berharga 1m, tdk mungkin bs dijual dgn harga segitu seperti perusahaan textile warren buffet dlu. Jd sy lbh berfokus kepada valuasi harga sesuai pertumbuhan.

    Masalah RI yg jg tdk byk tau, tp sesungguhnya jika kita sabar, LABA adalah segalanya. asal laba terus tumbuh, sy ms yakin kita ms berada di jalur yg benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak ali, saya sdh out dr aisa krn info dr seorang teman yang saya percaya, manajemen aisa sangat ngga baik. dia sendiri CL banyak dr aisa. mgkin blm tentu benar, tapi kalo sdh masalah kredibilitas manajemen, bagi saya ini sangat penting.

      oya pak, kalo menurut phil town (bapak coba googling ya, saya lupa apa buku yg ditulis phil town. tapi metode phil town ini sering dijadikan pegangan oleh eyang Ratman dlm berinvestasi), book value itu penting. perusahaan yang bagus, selain harus bs meningkatkan laba dan penjualannya, jg harus bs meningkatkan book value-nya. tentu saja dgn catatan, kita hanya beli perusahaan yang ada labanya, bukan merugi. kalo perusahaan rugi, kita harus cepat keluar dari sana, sehingga dengan demikian resiko perusahaan bangkrut pun akan bs kita hindari..

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ok bu thx infonya, apakah ada alasan mengapa management aisa jelek yg boleh di share di tempat publik. Secara laporan keuangan sih saya belum bisa melihat apa yg salah dgn management aisa kecuali salah di GOLL. dan itu sy anggap adalah 1 kesalahan dlm bisnis usaha dan ada hal yg pahit tapi cukup biasa terjadi.

    BalasHapus
  9. Oops baru liat update tambahan ibu. Thx infonya bu, tp saat ini sy memilih utk bertahan dulu sesuai fundamental LK, jika emang ada perubahan dan keluar di harga sadis nnti ya, nasib. Tp selagi FA utuh, sy berharap harga sahamnya bs pantul merujuk ke nilai fundamentalnya nanti.

    BalasHapus
  10. Saya sudah baca posting link yg ibu share, sayang tdk disebut alasan dr right issue aisa slama ini. Tdk sedikit juga ekspansi usaha aisa yg bergerak di snacks dan mie/bihun terus ekspansi ke beras dan kini cpo dan thn ini minuman. Tp nnti saya selidiki alasan di balik semua RI/private placement dan apakah tujuan ekspansi sejalan dgn yg direncanakan smoga hasilnya sesuai harapan.

    BalasHapus
  11. Saya sudah baca posting link yg ibu share, sayang tdk disebut alasan dr right issue aisa slama ini. Tdk sedikit juga ekspansi usaha aisa yg bergerak di snacks dan mie/bihun terus ekspansi ke beras dan kini cpo dan thn ini minuman. Tp nnti saya selidiki alasan di balik semua RI/private placement dan apakah tujuan ekspansi sejalan dgn yg direncanakan smoga hasilnya sesuai harapan.

    BalasHapus
  12. Oh ya mengenai bookvalue, mungkin salah pakai kata bu, bukan tidak menghirau dlm arti tidak penting, maksudnya sy tidak terlalu tonjolkan bookvalue sebagai top prioritas dlm valuasi. Tentunya suatu perusahaan yg memiliki bookvalue yg kecil menandakan 2 hal: giat kasih dividen yg besar seperti UNVR atau perusahaan sering rugi sehingga ekuitas termakan terus dr thn ke thn. Nanti sy google phil town, tq bu atas sharingnya.

    BalasHapus
  13. hari ini harga AISA rebound 9% an, tanda2 bakal balik ke 1035 lagi kah?

    BalasHapus
  14. Secara jangka pendek tidak ada yg tau persis gerakan harga saham AISA, bisa rebound, bisa juga turun lebih dalam. Tapi jika fundamentalnya masih konsisten bagus, dia akan pantul dan minimal balik ke harga wajar yaitu di 1300 berdasarkan LK thn 2015.

    Kadang yg membuat investing di FA itu sulit slalu hal yg seperti terjadi di AISA ini. Pada saat harga sahamnya stabil, tidak terdengar ada masalah dgn perusahaannya, tp saat harganya turun drastis, banyak sekali berita yg dtng menyumbang bad news.

    Contoh lain: SRIL, yg sepanjang thn 2015 hingga awal 2016 sudah naik dari 120an hingga 500an,,, naik 400%, tp bbrpa hari terakhir, harga sahamnya jatuh cukup dalam ke 200an di penutupan jumat, dan pada saat itu pula mulai beredar berita yg memberi penjelasan bahwa hutang SRIL yg jatuh tempo di Feb 2016 sangat besar dan perusahaan pun potensi gagal bayar, dan ini seolah-olah satu-satunya alasan mengapa harga saham SRIL turun drastis. Toh, hutang ini sudah tercantum di LK q3 2015, jadi harusnya pada saat itu pula analis sudah bisa prediksi kalau harga saham SRIL akan jatuh krna hutangnya yg sangat besar, mengapa menunggu sampai harga jatuh baru bad news disampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ali, good luck dengan investasi sahamnya ya.. saya pamit off dulu dr market. tentang aisa, teman saya cuma bilang : dalemnya ancur lebur. dan saya ngga tanya2 lagi (krn sdh ga minat dgn saham yang ada isu manajemen tdk kredibel). Utk AISA, saya baru perhatikan lagi chart monthly-nya, ternyata sdh distribusi sejak september 2014, di harga 2200-an.. :( dan ngga tau akan dijatuhkan sampai harga berapa.. :( sukses ya pak...

      Hapus
  15. Iya bu, smoga sukses slalu ya bu,,,, RE: aisa, sy akan terus monitor fundamentalnya, terima kasih atas warningnya bu fitry.

    BalasHapus
  16. pak Alianto Chan, saya mau bertanya, untuk sekarang ini, bagaimana fundamental AISA?, kita anggap GOLL sudah tidak masuk LK AISA lg pak. Harga wajar AISA dikisaran berapa Pak? trims infonya.

    BalasHapus
  17. Bonus Deposit 100% –Sudahkah anda berbisnis forex trading?, bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex hotforexasian.com
    -----------------
    Kelebihan Bertransaksi di HotForex
    1. HotForex Memberikan Bonus Deposit 100% pada akun anda
    2. Trading di HotForex dimulai dari 0 spread
    3. Deposit Mulai dari 70 Ribuan atau 5 usd
    4. Memiliki regulasi yang benar FSC
    5. Perusahaan HotForex Berdiri Sejak Tahun 2010
    6. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, MANDIRI, BRI DAN FASAPAY
    7. Hotforex juga menyediakan akun PAMM dimana anda dapat menitip dana kepada perusahaan untuk di kelola dan
    banyak lagi kelebihan yang lainya, daftar segera disini hotforexasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : efx2009

    BalasHapus