Selasa, 29 September 2015

IHSG 4122...

Hari ini IHSG bikin new low lagi... the lowest in 2015... td lowest = 4033.

Ini di luar banyak banget yang panik dan ribut ihsg mau ke 3500, 3200...

Saya ngga tau ihsg mau ke mana.

Tapi hitungan sederhana saya begini : skrg ihsg 4122. Ke 3500 butuh turun 622 poin lagi. Ke 3200 butuh turun 922 poin lagi.

Tapi untuk ke 5500, ihsg butuh naik 1378 poin. 

Resiko turun lebih kecil drpd reward untuk naik.
Jadi saya keep buying aja selama msh ada cash...

Jadi investor memang harus berani hold barang rugi selama LKnya bagus. Beda kalo trader. Dan jd investor saham itu butuh waktu lumayan lama agar sahamnya bs naik tinggi. Ngga ada investor saham yang bs sukses dengan hold barang 2-3 hari aja.. 

Menurut saya, sdh cukup banyak saham bagus yang harganya udah undervalued banget saat ini.. Dibanding 2008 memang masih kalah murah, tp kan krisisnya jg ga separah 2008. 2008 dulu likuiditas sangat dibutuhkan, jd smua saham diobral semurah-murahnya agar bs dpt cash.. Dan ada bank2 besar di luar negri sana yg tutup krn krisis. 

Sekarang ihsg sdh di bawah MA 60 monthly. Trakhir ihsg ada di sini ketika krisis 2008. Di bawah MA 60 monthly, artinya ihsg berada di bawah rata-ratanya selama 5 thn trakhir... pdhl dr 2008 ke 2015, GDP naiknya sdh berapa persen...  

Sekarang semua berita jelek-jelek semua. Kaya udah ga ada masa depan aja. Tapi kata adam kho di buku yang kmrn saya posting, kalau berita jelek sdh di mana-mana, berarti market sudah dekat bottom atau sdh ada di bottom. Dan ini waktu paling baik untuk berinvestasi saham...

Saya nulis ini cuma krn gemes aja. Kalo turun, takutnya berlebihan, lupa kalo saham jg bs naik di atas 5% sehari. Kalo naik, senengnya ngga karuan, sampai lupa kalo saham bs turun dalem jg...

Cash saya udah habis skrg. Budget invest bulan ini jg udah dibelanjain saham smua. Kalo bulan depan msh turun, ya nanti belanja lg kalo ada duit lg. Sebentar lg LK Q3 mau keluar. Jadi bulan depan bs dibanting lg ihsgnya kalo LK pd jelek. Ditambah sentimen oktober.. Yang ngga kuat liat portonya merah, ya mending jangan diliat aja, dan menjauh dr segala pembahasan ttg saham. 

Saya pernah ngalamin koreksi 2008, 2011 dan 2013. Dan resep terbaik buat investor saham dalam masa begini menurut saya : tetap pegang saham, nambah beli kalau ada cash, jgn buka2 porto, dan nanti tinggal liat porto ijo semua kalo market udah balik arah. Plus dpt deviden juga.

Resep sederhana tp suka dilupain orang kalo lg panik begini.. 

Regards,
V3




15 komentar:

  1. Good sharing bu... saya juga mulai belanja lagi kemarin, walaupun bukan di bottom ihsg, tp mendekati closing bgitu sudah terlihat ihsg berhasil rebound. jika nnti kesempatan lbh murah datang lagi, ya wes, yg lain panik jual, smoga sy ms punya mental utk terus mengakumulasi bertahap utk saham2 yg bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihsg naik 3% hari ini pak, ke 4342.. semoga ihsg ngga turun lg bikin new low sampai akhir thn ya... :) nanti jumat kita review lg gmn chart weekly-nya.. mdh2an ihsg jumat bs close di atas MA 5 weekly (4299).. :)

      Hapus
  2. abis nambah saham apa saja bu...mau ikutan nih bu ..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuma beli SMGR sm BBRI aja.. :) SMGR macd weekly udah golden cross lho.. jd untuk invest relatif sudah aman.. :) disclaimer ya... :)

      Hapus
    2. BBRI bukan saham syariah. Bu Fitry sdh lebih moderat nih :) :P

      Hapus
    3. People change, pak.. :) lagipula hampir smua saham syariah pun ada utang bank, baik jangka pendek atau jangka panjang... jd dgn beli saham syariah pun, ttp ada andil pinjaman bank dlm saham kita... :) ini hanya murni pendapat saya, dan saya hargai org2 dgn pendapat yg berbeda.. :) smoga sukses trs dgn investasi sahamnya ya, pak..

      Hapus
  3. Mba saya ikutan beli NRCA di posisi 935, kemungkinan rebound masih lama ga ya? Mau saya cut-loss aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. NRCA, SIDO sm TSPC kmrn tmsk yg saya CL dan lgsg switching ke BBRI/LPCK/SMGR, utk meminimasi jumlah saham yg saya hold. Sebetulnya bagus kok saham2 itu, NRCA jg sdh dibuyback sm emitennya... reboundnya masih lama atau ngga, saya ngga tau. Tp biasanya kalo ihsg udah turun dalem bgt, saham2 bluechip akan rebound lbh cepat drpd saham2 lapis 2 atau 3... jd saya pribadi lbh seneng switching ke saham bluechip kalo ihsg sdh turun dlm, wlpn utk itu saya harus CL banyak... jd coba diputuskan sendiri aja ya, baiknya gmn... :) saya cm kasih opini berdasarkan pengalaman pribadi..

      Hapus
    2. Saham kesukaan saya pak, dan masih hold sampai kini, menurut sy saat ini NRCA sudah tertahan oleh support all-time low 620. Jadi, kecenderungan jika bpk sabar, nnti juga bakal pantul, tentunya hrs bikin jalan utk BC naik dlu baru dia iringi. Utk kinerjanya sudah pernah sy post di posting khusus NRCA sblmnya. Tidak Wow, dan tidak terlalu jelek juga. Sy ms sangat optimis dgn saham ini, dan menurut sy ms memiliki rasio yg terbaik di sektornya walaupun kinerja belakangan tidak mempersona :)

      Hapus
    3. Iya pak ali, dibanding saham konstruksi lainnya, harga NRCA yg paling murah, ROE jg tertinggi.. tp mgkin krn small cap ya, jd big fund ngga bs masuk ke situ... :( kalo sabar untuk hold 1-2 thn lg sepertinya akan dpt gain yg cukup besar + deviden.. yg jelas pegang NRCA terlihat lbh safe drpd pegang saham komo skrg ini ya, krn anggaran utk infra jg naik tinggi.. good luck utk NRCAnya pak ali, dan jg utk saham2nya yg lain... :)

      Hapus
    4. Aminnn.... bu! Iya saya sudah sabar sejak mid 2013 sampai kini, tunggu 2-3thn lagi pun, mudah2an saya betah. Thx bu, dan goodluck juga dgn saham2 ibu ya! Smoga portonya terus cetak pertumbuhan yg positif seiring berjalannya waktu!

      Hapus
  4. Terima kasih untuk reviewnya. Saya masih wait n see juga, karna ISHG jg mulai membaik masuk di bulan Okt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2.. :) Kalau akhir bulan oktober ini ihsg bs close di atas highest september atau bikin higher low, berarti sepertinya confirm 4033 adalah bottom ihsg utk thn ini.. mdh2an sampai awal januari 2016, ihsg akan bergerak naik... nanti kalo lk q1/2016 sdh keluar, baru keliatan arah ihsg sepanjang 2016 kira2 akan ke mana... :) disclaimer ya :) smoga saja indonesia akan semakin maju di thn2 mendatang.. aamiin...

      Hapus
    2. Baru dibahas NRCA ternyata hari ini sudah capai weekly target, smoga support 740 bertahan ya pak, next jika kondisi bursa mendukung kita ktmu NRCA di target weekly berikut di 900.

      Hapus