Rabu, 29 Agustus 2012

Mulai hari ini, semua valuasi akan saya tulis berdasarkan satu metode saja

Sudah 9 bulan saya menulis tentang analisa harga wajar saham di blog ini. Ternyata, dengan 5 metode yang saya pakai, sepertinya agak merepotkan bagi investor pemula untuk mempelajari semuanya. Apalagi saya termasuk yang ngga mau ribet2 jelasin perhitungannya di sini.. :)

Akhirnya, demi memudahkan pembelajaran analisa harga wajar saham, mulai hari ini, saya hanya akan menggunakan satu metode valuasi harga wajar saham, yaitu dengan metode PAK TOM DS, yang saya dapatkan dari milis obrolan bandar.

Metode ini sangat simpel, bisa dilakukan langsung dengan kalkulator, karena hanya membutuhkan data : EPS annualized, ROE dan yield SUN. Untuk yield SUN, Pak TOM DS menggunakan data BI rate + 1%. 

Untuk lebih jelasnya, saya coba paparkan dengan valuasi ICBP based on LK Q2/2012 :

1. EPS Q2/2012 = Rp 195 ---> EPS annualized = 2 x Rp 195 = Rp 390


2. ROE = 21,9%


3. Yield SUN = 5,75% + 1% = 6,75%


4. PER SUN (Z) = (1 : yield SUN) = 1 : 6,75% = 14,81x  


5. Earning premium saham terhadap SUN (A)  = ROE - yield SUN
                                                                = 21,9% - 6,75% = 15,15%


6. Earning multiple premium (B) = A * Z = 15,15% * 14,81x = 2,24x


7. PER wajar = Z + B = 14,81x + 2,24x = 17,05x


8. Valuasi wajar ICBP = PER wajar * EPS annualized 
                               = 17,05 * Rp 390 = Rp 6650


Harga ICBP sekarang = Rp 6500 ---> Margin of safety = 1 - (6500/6650) = 2,26%


Mudah-mudahan penjelasan di atas mudah dimengerti dan diaplikasikan oleh investor pemula, ya.. :)

Biasanya Pak Tom sendiri suka kasih diskon 20 - 30% dari valuasi yang ia buat, apabila valuasinya jauh di atas harga di market saat ini. 

Kalo menurut saya sih, sering2 saja melakukan valuasi, karena semakin banyak jam terbang, insting kita akan semakin mudah untuk menentukan apakah suatu saham sudah murah atau sudah mahal.. :)

Disclaimer is ON ya.. :) saya cuma berbagi apa yang saya tau aja.. :)

Terus belajar dan jgn gampang putus asa. Masa depan kita ada di tangan kita sendiri, bukan di tangan orang lain, apalagi di analisa orang lain.. :)


Regards,

- V3 -





14 komentar:

  1. Mbak Fitri,

    dengan perhitungan diatas, data Q2, berarti target sdh tercapai, nah skrg ini kan hrgnya 6500, trs kalo trn kmbli ke 5800 (walaupun data Q3 blm klr), apakah Mbak akan masuk kmbli di ICBP?

    Trims Y Mbak Fitri

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tanya ke saya, skrg porsi ICBP saya sdh cukup, jadi saya ngga akan mau beli lagi :) ini balik ke keyakinan masing2 aja mas, baiknya nambah lagi atau ngga. Yang jelas, ICBP saya, smua masih sy hold. Koreksi sekarang malah saya pake untuk nambah barang lagi. SMGR dan CPIN antara lain :)Disclaimer is ON ya.. :)

      Hapus
    2. O iya mas, saya bukan tipe investor yang suka jual saham karena target price sdh tercapai. saya jual saham kalo kinerjanya menurun, atau ada peluang di saham lain yang lebih baik.. :)

      Hapus
  2. Mau tanya mbak...

    Metode pak Tom dipilih karena kemudahannya atau faktor akurasi diantara metode2 yg lain? Apa mbak Fitri lebih banyak menggunakan metode ini untuk valuasi?

    Makasih banyak atas penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena blog ini saya tulis untuk investor pemula, jadi saya gunakan metode valuasi yang termudah untuk dilakukan oleh investor pemula, mas. tujuan saya, agar dalam berinvestasi, investor pemula bisa hitung valuasi sendiri juga, sehingga tidak gampang percaya begitu saja dengan valuasi yang dibuat oleh analis2 di luar sana.. :)

      Hapus
    2. metode ini selalu saya gunakan dalam valuasi saya, digabung dgn beberapa metode lainnya, sehingga saya bs dapat batas atas dan batas bawah valuasi yang lebih meyakinkan dalam membeli/menjual saham.. tapi untuk yang saya tulis di blog, smua valuasi hanya akan berdasarkan metode ini saja, biar investor pemula ngga bingung bacanya.. :)

      Hapus
  3. mau tanya mbak.

    evaluasi PSAB ya? perusahan tambang emas dan perak yang kelihatannya cukup menarik....per juga masih tergolong murah. mohon petunjuknya. thx.

    BalasHapus
  4. dear ronny, PSAB ini apakah untuk investasi long term? kalo untuk investasi, saya sarankan jangan dulu. karena kinerjanya blm stabil dlm 5 tahun terakhir. LK-nya bagus selama 2 triwulan ini, karena dia baru back door listing.tapi kita ngga tau, untuk ke depannya, apakah kinerjanya akan stabil naik...

    kalo melihat LK-nya sekilas, memang cukup menarik.Di harga Rp 5900, PER baru 2,5x ; PBV 1,6x ; ROE 64,6% dan DER 0,8x.

    Tapi bila melihat laporan arus kas, arus kas operasinya minus Rp 927 Milyar. Padahal total salesnya Rp 604 Milyar. Merasa aneh, ngga?

    Saran saya, kalo mau, untuk trading saja. Dan kalo untuk trading, cukup liat indikator-indikator TA saja, tdk perlu melakukan analisis fundamentalnya :)

    Disclaimer is ON ya.. :) Kalo untuk pemula, saran saya sih mending investasi di saham bagus dulu, ya. Kalo pun mau trading, dengan modal kecil saja. Modal besar diinvestasikan di saham-saham bagus. BBRI kalo untuk invest, sudah cukup murah dan menarik. CPIN juga. Disclaimer, ya.. :)

    BalasHapus
  5. Oalaaaah baru nemu lagi blog yang bahas value investing dengan bahasa yang sederhana banget. Nemu rumus yang baru juga, makasih ya mbak buat sharingnya. Saya juga belum lama terjun ke saham baru start Agustus 2012. Sekarang sedang menentukan arah,..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dixilynnov, saya lebih suka analisa dengan simpel2 aja, toh smua analisa juga ada kemungkinan salahnya, kan. makin ribet belum tentu makin baik.. :)

      ini rumusnya jg saya dapet gratis dr milis OB, dan krn begitu simpel, jd saya paling seneng makenya.. hehe..

      tapi sblm masuk valuasi, saran saya sih : pelajari dulu kriteria saham yang bagus, ya. krn valuasi ngga ada gunanya kalo saham yang kita valuasi itu jelek.

      kalo saham jelek, mau dijual murah pun, orang males beli. tapi kalo saham bagus, dijual di PER 22x pun, orang masih mau beli.. :)

      jadi, kuasai dulu bagaimana mengetahui suatu saham itu bagus atau ngga, ya.. :)

      gudlak untuk investasi sahamnya, semoga bs jd investor hebat someday.. :)

      Hapus
    2. Mbak, boleh saya konsultasi soal invest saham via email? Banyak yang mo saya tanyakan dan diskusikan
      Thanks

      Hapus
    3. iya, silakan, Dix. saya malah lbh seneng ditanya di email drpd di blog, krn bs lgsg jawab dr blackberry. Kalo d blog, hrs buka2 blog dulu, agak repot.. :D

      Hapus
  6. blognya bagus banget kak.. :D

    saya banyak belajar disini..

    BalasHapus
  7. makasih fajar, smoga bs bermanfaat, ya.. :)

    BalasHapus