Minggu, 01 Maret 2015

Member baru di portofolio saya : ASGR :)

LK Q4/2014 ASII sudah keluar, dan EPSnya turun 1,25%.. Widiihh, saya paling sebel nih kalo ada saham saya yang salah satu salesnya, atau labanya atau EPS-nya turun. Artinya saya harus bersihin barangnya dari portofolio saya, atau minimal ya mengurangi posisi..

Dan karena ASII adalah salah satu saham bluechip yang saya suka (karena manajemennya bagus, royal bagi deviden dan dia punya berbagai macam anak perusahaan yang bagus2 juga), akhirnya saya memutuskan untuk hanya menjual ASII yang modalnya di atas 6600. Sisanya masih saya hold semua..

Jual ASII, saya jadi ada cash kan. Terus saya mulai liat2 lagi. Ketemu deh dengan si ASGR ini. Begitu analisa LKnya, kok saya jadi pengen beli agak banyakan, tapi cash saya cuma dikit nih. Akhirnya saya liat2 lagi, saham mana yang saya punya sekarang, yang Yieldnya paling kecil. Eehhhh, keluar deh si LPKR. Akhirnya dengan tanpa ragu, semua LPKR saya, saya jual (dengan untung yg mini karena saya nyangkut di saham ini lumayan lama, dan ngga pengen mindahin ke saham lain), dan saya belikan ASGR. Sekarang modal average saya di ASGR 1974.


Kita mulai ya, ubek2 dikit LK-nya ASGR..


LK Q4/2014 ASGR (juta Rp)


1. aset lancar > liabilitas jangka pendek


2. jumlah saham = 1.348.780.500 lembar


3. jumlah liabilitas = 731,033


3. Jumlah ekuitas yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk = 902,303
    pertumbuhan ekuitas = ( 902,303 - 736,458 ) : 736,458 = 22.52%


4. Book Value (BV) = 902,303,000,000 : 1.348.780.500 = Rp 668.98


5. Jumlah liabilitas dan ekuitas (aset) = 1,633,339 


6. DER = 731,033 : 902,303 = 0.81x


7. Pendapatan bersih = 2,282,232
    pertumbuhan pendapatan = ( 2,282,232 - 2,261,253 ) : 2,261,253 = 0.93%


8. laba komprehensif yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk = 258,911
    pertumbuhan laba komprehensif = ( 258,911 - 210,004 ) : 210,004 = 23.29%


9. ROE = 258,911 : 902,303 = 28.69% (saya pakai laba yang terkecil di antara laba tahun berjalan atau laba komprehensif untuk menghitung ROE)


10. Laba per saham dasar dan dilusian (EPS) = Rp 192.9
      pertumbuhan EPS = ( 192.9 - 154.93 ) : 154.93 = 24,5%


11. Arus kas operasi positif (+), tapi lebih kecil daripada laba komprehensif.


12. @ 2005, PER = 2005 : 192.9 = 10.39x
                  PBV = 2005 : 668.98 = 2.997x
                  Yield = ROE : PBV = 28.69% : 2.997 = 9.57%

13. Valuasi = Rp 2727.6 ---> MOS = 1 - (2005 : 2727.6) = 26.49%


Sekarang liat chart ASGR, ya.. 

Maaf banget saya ngga bisa masukin chart saya di sini, karena ngga ngerti caranya.. maklum gatek.. :)))))

Chart weekly : candle minggu ini, lowest-nya ada di MA 100 weekly (1843) dan highest-nya ada di 2050. candle close di 2005, yang masih di bawah MA 60 weekly (2017). MACD weekly sudah dekat golden cross, tapi belum golden cross. Resiko : bila MACD malah slip (ngga jadi golden cross dan malah berbalik ke bawah lagi, ASGR bisa turun semakin parah).

Chart monthly : ASGR sudah turun terus selama 5 candle berturut-turut, dan tertahan di  MA 20 monthly dan sekarang candle-nya sudah berbalik arah, malah sudah membentuk higher high dibanding candle sebelumnya. Sepertinya sih ASGR most probable, akan naik dulu untuk beberapa candle ke depan.

Disclaimer ya.. :)

Seperti biasa, rugi tanggung sendiri, ngga punya barang juga tanggung sendiri.

Your money, your responsibility.. :)

Good luck... :)

Regards,
V3




10 komentar:

  1. salam bu Fitry, baru berkunjung lagi di blog ibu ... terima kasih atas sharing ilmunya. ASGR memang anak usaha ASII yang kinclong kinerjanya selai UNTR dan AALI

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mang amsi, makasih ya sdh main ke sini lagi.. :) mang, tolong dong di-share di sini blog mang amsi yg waktu itu dikasih tau ke saya. siapa tau bs bermanfaat jg buat yg lain yg mau belajar di sini... :) sukses trs ya, mang. saya pegang asii, asgr sm untr dr astra grup. klo musim deviden, rasanya heppi banget... :))))))

      Hapus
    2. o iya makasih bu Fitry. blog pribadi saya masih di www.mangamsi.com. tapi sekarang saya sering aktif diskusi di forum bei5000.com... kalo ibu berkenan, ibu bisa sharing juga di sana, ilmu dari blog ini sangat mencerahkan pemula seperti saya :) sekali lagi terima kasih, semoga sukses dan semakin berkah. aamiin.

      Hapus
    3. makasih untuk info websitenya dan jg forumbei5000-nya, mang. waduhh, untuk sharing langsung begitu, apalagi di tempat banyak orang, saya ngga pede, mang, krn ilmu saya jg belum seberapa.. :) ntar takutnya malah bikin orang banyak CL :))))) aamiin, makasih untuk doanya, mang. semoga mang amsi jg semakin sukses dan semakin barokah hidupnya. aamiin yaa robb.. :)

      Hapus
    4. Bu Fitry, sebagian laba dari ASGR merupakan laba non-operasional dan one time off yaitu "Keuntungan atas pelepasan investasi pada pengendalian bersama entitas" senilai Rp 43,4M. Jadi jika tanpa laba ini, sesungguhnya ASGR hanya membukukan kenaikan laba bersih kurang dari 4% pada thn 2014, dan wajarnya 2129 dan BV 652.

      Hapus
    5. Pak Ali, terima kasih buat sharing analisa ASGRnya. Tapi kalo saya sendiri melihat ASGR ini tetap menarik. Krn laba thn berjalan dan EPS growthnya masih di atas 20%. Selain itu, saya baca di internet, manajemen asgr yakin di thn 2015 ini kinerja mrk bs naik di atas 20%. Dan krn manajemen astra yg bicara, saya lebih bs percaya omongan manajemennya dibanding misalnya manajemen b****e yg bilang.. 😄 kita liat aja nanti lk q1 /2015 asgr seperti apa.. ☺ selain itu, chart weekly monthly-nya asgr bagus, jd sejelek jeleknya, bisa buat trading aja nanti... ☺ tapi based on q4/2014, saya msh bisa bilang, asgr termasuk saham murah dan bagus di harga skrg (1985). Disclaimer ya pak.. analisa saya jg sering salah soalnya kan.. 😂😂😂😂

      Hapus
    6. Iya bu, secara FA ini saham bagus dan layak di hold. tdnya sy cmn mau point out tentang detailed laba q4 saja. :)

      Hapus
    7. terima kasih doanya bu ... saya kebetulan merekap laba bersih emiten tahun 2014. saya nantikan kunjungan ibu di blog saya yang baru :)

      Hapus
    8. thanks pak ali buat masukannya ttg asgr.. :) ntar kita liat lg q1-nya ya.. :)

      mang amsi, saya udah bbrp kali kok liat2 tulisannya.. banyak macemnya ya, kaya toserba, apa aja ada.. :) brarti minatnya banyak, shingga banyak punya bahan utk ditulis.. :) semoga sukses terus dgn blognya, mang.. terutama dgn investasi sahamnya.. :) aamiin.. :)

      Hapus
  2. makasih ya pak ali untuk masukannya.. :) sukses pak.. :)

    BalasHapus