Jumat, 27 Juli 2012

JSMR Q2/2012

Sekarang saya mau bahas tentang JSMR. Dulu, saya ngga begitu senang dengan saham ini, karena kok belakangan ini PER-nya gede banget, bisa di atas 20x. 


Tapi berhubung waktu itu sempet ikutan acara Jclub di mana ada pembicaranya yang cerita tentang potensi growth di bidang jalan tol dan semen (karena pemerintah akan memperbanyak pembangunan infrastruktur), saya mulai ada niat sedikit untuk beli saham ini.


Sebelumnya saya agak tersendat untuk beli karena belum menemukan valuasi yang cocok untuk JSMR (krn PER-nya yang terlalu tinggi menurut saya). Kebetulan one day pas saya lagi buka chart, saya lihat ada volume besar di JSMR (weekly), dengan highest di Rp 5400. Setelah itu JSMR koreksi beberapa candle dengan volume kecil. Begitu dia naik lagi dan tembus lagi ke atas 5400, saya coba beli, walaupun cuma sedikit. 


Sebelum beli, saya coba perhatikan lagi valuasinya. Ternyata ada 1 valuasi yang menghasilkan harga wajar JSMR di atas Rp 5400 (tepatnya dapat angka Rp 6400 -- based on LK Q1/2012). Jadi dengan menggabungkan volume di chart weekly + valuasi, akhirnya saya beranikan beli JSMR di Rp 5450, dan saya niatkan untuk investasi long term. 


Well, saya juga masih belajar. Jadi sambil praktek, saya coba terus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan. 






LK Q2/2012 JSMR :


1. Current assets > current liabilities


2. DER = 1,45


3. Equity growth = 6,6%


4. Sales growth = 15,4%


5. Operating profit growth = 25,6%


6. EPS growth = 29,8%


7. EPS = Rp 136,41


8. Harga sekarang = Rp 5650 ---> PER = 20,52x


9. ROE = 19,8%


10. Operating profit margin = 48%


11. Arus kas operasi > laba bersih


12. PBV = 3,59x


13. Harga wajar ---> valuasi terendah = Rp 3900


                              valuasi tertinggi = Rp 6500


Kalo dilihat dr PEG, JSMR  ini masih murah, karena PERnya (20,52) lebih kecil daripada growthnya (29,8). Tapi bagi yang ngga nyaman dengan saham ini (karena PER terlalu mahal), ya jangan dibeli dulu ya.. :)


Disclaimer is ON.. :)




Regards,

- V3 -



















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar