Kamis, 02 April 2015

Member baru lg di portofolio saya : CTRS

CTRS, saham ini sebenernya udah lama saya lirik.. dari 2010 atau 2011, pas harganya masih Rp 600.. :( Tapi kok ya ngga beli2, belinya baru sekarang, stelah saya ada cash abis cutloss BWPT dan CPIN, itu pun ternyata harganya udah 3000-an... ckckck... 

Kalo liat data etrading, CTRS dari 2010 sampai 2013, salesnya, labanya, EPS-nya selalu naik.. Bahkan ROE-nya pun cenderung naik, dari 2010 ROE 5,6% , hingga 2013, ROE 18%. Sekarang di 2014, ROE-nya 19,86%..

Tapi DER-nya pun juga naik. Dari 2010 DER = 0,6x , sampai 2013 DER = 1,5x. 2014, DER = 1,03x.

Jadi CTRS ini produktif sekali dalam menggunakan utangnya.. :) 

Saya lg males nulis banyak2, ya..  jadi saya tulis aja data2 penting ttg CTRS di Q4/2014 ini..

Book Value = Rp 1328,12

Pertumbuhan ekuitas yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk = 18%

Pertumbuhan sales = 35%

Pertumbuhan laba usaha = 35%

Pertumbuhan EPS = 30%

EPS = Rp 264

ROE = 19,86%

Arus kas operasi positif, tapi < daripada laba thn berjalan

@ 2950, PER = 11,17x
             PBV = 2,22x
             Yield = ROE : PBV = 8,94%

Valuasi = Rp 3458 ---> MOS = 14,7%

Dari segi MOS, memang udah ngga begitu besar ya.. 

Secara TA, CTRS sedang dijepit oleh MA 5 dan 20 weekly. Memang ini sdh bukan harga yang cukup "murah" lg. Jadi baik dari FA maupun TA, CTRS diskonnya udah ngga gede lagi. 

Tapi krn saya masih shocked dgn hasil LK BWPT, ngga nyangka banget BWPT jd "rusak" bgtu LK-nya stelah dibeli peter sondakh, maka saya pikir saya mau cari saham yang stabil aja dulu kinerjanya, dan manajemennya jg sdh terkenal baik, dan CTRS ini rajin bagi deviden. Trs saya inget nasihat buffet : lebih baik beli saham perusahaan bagus di harga wajar daripada beli saham perusahaan jelek di harga diskon gede , jadi ya saya putuskan beli si CTRS ini di harga 2940-3010.. :)

Tapi saya msh nyisain cash jg utk jaga2 kalo nanti ada guyuran di ihsg, sehingga akan ada saham bagus yang dibanting lagi.. :)

O iya, satu lagi, manajemen CTRS optimis thn 2015 ini mrk masih bisa tumbuh 20%. Utk beritanya, silakan googling sendiri, ya.. :)

Ok, sekian dulu tulisan saya.. selamat libur panjang... semoga minggu depan akan jauh lbh baik drpd minggu ini.. :) aamiin..


Regards,
V3



18 komentar:

  1. Selamat Sore Ibu,bagaimana penilaian ibu terhadap Emiten BRNA.? Laba bersih Q4 2014 naik 188.2% dibanding Q4 2013.,apakah masih layak HOLD BRNA ? Saya masuk emiten ini selain karena fundamental bagus,juga karena harga minyak turun terus,mengingat BRNA menggunakan produk turunannya..

    Trims,

    Sunarto B.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRNA DER-nya udah di atas 2, pak. jadi buat saya, sdh beresiko utk dibeli buat investasi.. selain itu, thn 2013, dia RUGI lho.. jadi kita harus lbh hati-hati lagi dlm memegang saham ini.. maaf pak, sepertinya hanya ini yg bisa saya analisa ttg BRNA. nanti kalo DERnya sdh di bwh 1,5 dan kinerjanya tetap bagus, saya akan masukkan dalam watchlist lg.. :) dulu BRNA jg pernah masuk dlm keranjang portofolio saya soalnya.. :)

      Hapus
  2. maaf mau nanya, klo lap CTRS Q4/2014 apakah sama dengan laporan tahunan CTRS 2014?

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di laporan keuangan Q4/2014, data2 keuangannya lbh lengkap, pak. lebih detil angka2-nya. kalo yang di laporan tahunan, hanya summary-nya saja. tp biasanya di laporan tahunan, suka ada view manajemen ttg prospek bisnis di thn yang akan datang. dan ini yg penting utk kita baca, pak.. :) kalo manajemen msh yakin thn dpn ada growth, kita akan lbh tenang megang sahamnya, selama kita tau kredibilitas manajemennya.. :

      Hapus
    2. bu,.. bagusan mana CTRS, dibanding CTRA dan CTRP,..?
      bagaimana hub keduanya, kenapa ibu pilih CTRS?

      Hapus
    3. Kalo saya bilang, secara kinerja, CTRS relatif paling bagus. Dari segi pertumbuhan penjualan, laba usaha, EPS dan jg ekuitas. Profit marginnya jg paling tinggi, bgtu jg ROEnya. Dari segi harga, yieldnya lbh menarik. Tapi PWON lbh bagus lg sepertinya daripada CTRS.. :) saya baru masukin PWON dan buang INDF dari porto saya hari ini.. :) disclaimer yahhhh... :)

      Hapus
    4. Sektor property uda jarang2 ada yg super murah seperti 2013. paling pwon, lpck, mdln bsde, apln, asri dan ctrs yg masih memiliki MOS > 15% sisa uda diatas wajar, apalagi ihsg masih di range mendekati resistance 5400-5600. BI rate ga turun, resiko harga saham property agak besar dlm short term. aku cenderung wait and see mei/juni nnti.

      Hapus
    5. Bu Fitry,.
      kenapa Ciputra Grup punya 3 emiten disektor yg sama (CTRA, CTRS, CTRP), apakah ada spesialisasi masing2?

      Untuk PWON ini juga inceran saya sejak lama,..
      sayang pas harga turun ke 400an lg gak ada modal,..

      Tp lihat di LK FY2014 ada "Keuntungan pembelian entitas anak" Rp988M yg diakui sebagai pendapatan, kok bisa yah? apa memang seperti itu?

      Pak Ali, untuk sektor property, akhirnya saya pilih DART,..
      yg saya pikir hampir sama dengan PWON (recurring income nya banyak),..

      Hapus
    6. kalo saya liatnya, CTRA itu holding (induk CTRP dan CTRS), CTRP mengelola rumah sakit, hotel dan perkantoran, sedangkan CTRS lebih ke residensial... ini yg saya baca di laporan tahunan 2013 mereka soalnya.. untuk pertanyaannya tentang PWON.. sebentar ya pak, saya mikir dulu bagaimana menjawabnya dgn bahasa yang simpel.. :)) tentang DART, dia saham ngga likuid tapi ya pak..? kalo liat data di etrading, DART PER cuma 6x dan PBV 0,8. Tapi ROE cuma 12%. Buat saya sepertinya PWON lbh menarik ya, krn lbh likuid, growth stabil dan ROE besar. Tapi orang kan beda2 ya, pak.. Mdh2an saham properti msh bagus growthnya di thn ini.. aamiin.. :)

      Hapus
    7. pak ali, kalo utk nambah saham yg udah punya, saya msh suka nahan2 utk beli pak.. tp kalo blm punya sm skali, saya suka ngga mau nunggu. minimal punya dulu barangnya, biar ada bonding sm saham itu.. :))))

      tapi saya ke sini sini condong seperti LKH sepertinya. beli saham tanpa peduli TA. selama yakin bagus, lgsg beli aja. kalo nanti turun, ya beli lg kalo pas ada duit. klo ngga ada, ya tutup laptop aja mendingan.. :) dan saya ngerasa lbh nyaman dgn cara bgini.. :) ini WINS, LEAD dan LSIP, saya floating loss gede2. Tapi saya msh ngga panik dan blm pengen jual.. :) malah kalo LK di q1 membaik, mungkin akan saya average down.. yg penting tiap saya beli/jual saham, alasan saya jelas. jadi saya ngerti resiko apa yg saya hadapi thd pilihan saya itu.. yaa beginilah kalo ibu rumah tangga berbisnis saham.. :))))

      Hapus
    8. Sebenernya saya juga gitu bu. Pakar sering menyarankan belilah saham saat uptrend (pasti ada benarnya tp condong buat yg spekulasi dan trading dgn tenggak wkt yg lbh sempit), sy lbh suka dan nyaman dlm investasi longer term sehingga gejolak sesaat bs sy abaikan, dan sy suka beli saat saham yg menurut penilaian sy bagus tapi krna sentimen buruk ato alasan tertentu sedang terkoreksi (klo bukan gitu kpn lagi bs dpt barang bagus di harga murah).

      Beda org tentunya punya beda visi dan style terhadap cara investasi maupun trading, tp lbh penting metode apa yg slama ini terbukti berhasil buat kita, kita nempelkan diri dgn prinsip itu. Sekali lagi bu fitri, ali berterima kasih krna sdh byk dpt ilmu dr ibu dan bersyukur atas penghasilan yg sy dpt dr investasi saham jauh diatas deposito maupun unitlink hehe

      Hapus
    9. "tp kalo blm punya sm skali, saya suka ngga mau nunggu. minimal punya dulu barangnya, biar ada bonding sm saham itu"

      Pacaran aja harus pakai modal, apalagi bonding sama saham ya bu? wkakkaa mantap!!!

      Hapus
    10. semoga ke depan return dr investasi sahamnya akan jauh lebih baik ya, pak.. aamiin.. :) iya pak, bonding sama saham perlu, biar ngga lupa punya saham apa aja.. maklum udah semakin tua, pegang 12 saham aja kadang suka lupa, saham apa aja.. hehe

      Hapus
    11. pak prayudi, pertanyaannya tentang PWON yg ada laba dari pembelian entitas anak dengan diskon, saya cb jawab ya. Bismillah.. mdh2an jawabannya bener.. kalo jawaban saya salah dan bapak nanti menemukan jawaban yang benar, tolong share ke saya jg ya. Menurut saya, PWON ini membeli entitas anak dengan harga diskon, mungkin harganya di bawah book valuenya, pak. cuma ini ngga ada duitnya.. :) sejenis revaluasi aset. walaupun ga ada duitnya, tp bs diakui sebagai laba jg. ini urusannya dgn penulisan akuntasi, pak, dan saya ngga bs menjelaskan lbh simpel daripada ini. Cuma, kalo kita keluarkan laba 988 milyar ini, kita tetap akan menemukan laba sebelum pajak menjadi sekitar Rp 1,8 trilyun, pak. Dan msh ada growth 40% dari laba sebelum pajak thn lalu. Sedangkan arus kas operasi PWON Rp 1,9 Trilyun, masih lebih besar daripada Rp 1,8 trilyun. Jadi menurut saya, kinerja PWON tetap bagus walaupun tanpa laba yg 988 milyar itu. Semoga jawaban saya bs membantu ya.. :)

      Hapus
    12. terima kasih atas penjelasannya bu,..

      basic saya tehnik,, tidak mengerti akuntasi,..
      jadi logic saya, kalo beli barang mestinya masuk ke aset bukan pendapatan,..

      Hapus
    13. Pak prayudi, jika bpk beli sebidang tanah dgn harga 1M, sedangkan tanah tersebut saat ini dgn muda bs dijual dgn harga 1,5M, kira2 500JT tersebut bpk masukkan kemana, well, ini lah yg terjadi dgn PWON, walaupun blm terrealisasi, tp management sdh dgn pede menganggap barang beliannya itu murah dari seharusnya. Sy sih ga gitu suka dgn hal bgini, merusak EPS perusahaan saja dan merusak rasio thn depan, krna mustinya tdk akan terulang lagi hal yg sama krna bukan bersifat operasional.

      Hapus
    14. Terima kasih atas sharingnya Pak Ali

      Hapus
    15. iya pak prayudi, saya juga ngga bgtu "masuk" dengan cara2 mengakui laba pembelian entitas anak dgn diskon itu. krn ngga ada duit realnya menurut saya.. tapi tnyt mmg ada perlakuan akuntansi seperti itu. mungkin saya harus banyak lg membaca PSAK (standar akuntansi keuangan), biar lbh mudeng.. hehe..sayangnya skrg saya udah ngga ada waktu utk mendalami akuntansi keuangan lg.. :)

      @pak ali, iya pak, kita harus siap2 kalo PWON labanya turun thn dpn krn laba dr pembelian entitas anak ini udah ngga ada lg. makanya saya skrg ga mau beli banyak2, nanti nunggu dia turun, baru saya nambah lg.. :) msh trauma dengan kejadian BSDE thn 2013 kmrn.. :)))

      Hapus