Rabu, 29 April 2015

IHSG 5021..

IHSG skrg 5021.. udah turun 9,1% dari highest di 5524.

Udah murah? Belum tentu..

Kalo patokan pake IHSG weekly, MA 100 weekly ada di 4861. Dan kondisi murah banget itu kalo IHSG sudah di bawah MA 100 weekly, dan GDP ( = PDB = produk domestik bruto) Indonesia kuartal 1 (PDB Q1) masih tumbuh.. apalagi kalo BI rate diturunin.. 

Kalo nanti PDB Q1 ternyata ngga tumbuh, alias PDB turun, berarti bisa jadi turunnya akan jauh lebih dalam lg drpd 4861..

Saya di waktu posting kapan itu, kayanya pernah nulis ya, kalo dr 2013, ihsg belum pernah koreksi dalam lg. Jadi memang koreksi ini normal terjadi dalam bursa saham. Kebetulan kali ini triggernya ya LK Q1/2015 yang banyak jelek2..

Sejak saya berinvestasi saham di 2008, baru sekali ini saya liat LK perusahaan ambruk bareng2. Dan ambruknya juga ngga kira2. Laba turun 40%, 80%.. Dan ini agak menyeramkan, krn perusahaan2 dengan fundamental bagus pun jg ikut turun labanya. Beberapa LK Q1 msh ada jg yang belum keluar. AISA, INDF, ICBP, CPIN, BBRI dan nyaris smua emiten properti dan konstruksi..  Jadi skrg ihsg turun saya jg bingung, mau beli apa lg... :( 

Tapi saya yakin turunnya ini msh belum sampai di sini. Kalo di 5000 rebound, itu wajar. Tapi rebound ke berapa, kita ngga tau. Dan abis itu turun lagi. Jadi skrg saya simpan cash dulu aja. Andaikan ada saham yang menarik, mending dimasukin list dulu, nunggu ihsg di bawah MA 100 weekly.. Kalo ada yang nanya, "emang bakal ke bawah MA 100 weekly?" Jujur saya jawab, saya jg ngga tau. Tapi biasanya kalo ihsg koreksi dalam, MA 100 weekly ini ditembus. Dan skrg dia ada di 4861. Kalo saya tarik trendline di chart monthly, saya ketemu angka 4700. Jadi ada potensi ihsg turun sampai 4700. Tapi ini jg belum tentu bener. 

Posisi cash saya lumayan banyak, 22%. Tadi saya abis jual semua UNTR yg saya beli di november dan desember 2014. Jual untung alhamdulillah, bukan CL lagi.. 
UNTR saya jual krn salesnya msh turun, wlpn labanya naik tipis. Tapi bukan laba usaha, melainkan laba bersih.. Uangnya saya pakai nambah ROTI lagi.

Di masa ihsg lg berdarah-darah begini, jangan gampang jual saham ya. Jual boleh, asal lgsg dibelikan saham yang lbh bagus. Tp kalo bingung, mending diem aja dan tutup laptop. Dan jangan jual saham bagus di harga murah, nyeselnya nanti belakangan..

Ok, ini aja tulisan saya ya. Kita tunggu sama2 LK yang belum keluar dan juga data GDP Q1/2015 Indonesia. 

Regards, V3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar