Rabu, 22 April 2015

LEAD, Q1/2015, saya buang juga..

Saya kmrn buka LK Q1/2015 LEAD.. dan ya, shocked banget.. sama kaya buka LK BWPT di Q4 kemarin.. :(

LEAD di Q1 : ROE jadi 3,3%.. Padahal kmrn di Q4/2014, ROE msh 15%..

Book Value = $ 0,20463 x Rp 12500 = Rp 2557,9

Arus kas operasi positif dan lebih besar daripada laba usaha ---> LEAD secara operasional, sangat sehat

Current assetsnya jg sdh lebih besar daripada current liabilities..

Sales turun 24%
Laba usaha turun 63%
EPS turun 77%

Tapi, krn ROEnya udah mini banget , saya putuskan keluar dr LEAD... dan rugi skitar 25% lho.. Tapi saya pikir sepertinya masukin deposito 3 bulan dgn bunga 7,5%  dan potong pajak 20% jauh lebih baik drpd taruh di saham dgn ROE 3%..

Ok, skrg saya mau coba liat saham lain yg bs utk jd pengganti.. Nanti kalo ada saham yang bagus, saya share di sini. Kalo ngga ada jg, ya mending nunggu ihsg koreksi agak gede utk mungutin saham bluechips.. Btw, sejak 2013 ihsg kayanya belum ada koreksi gede lg yahh.. Ngga heran di luar udah banyak issue ihsg mau ke 5000 bulan depan.. 


Regards,
V3

10 komentar:

  1. saya juga baru aja liat kemarin,..
    turun banyak,.. padahal minyak sudah mulai naik yah,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan seremnya, ini Q1, takutnya bakal turun terus labanya setahun ini, krn labanya turun banyak banget.. yo wes lah, kita liat aja nanti. Tapi memang kmrn waktu manajemen bilang mau buyback, saya udah feeling ngga enak dan niat mau keluar. Terus ada berita mau stock split jg. Aneh aja dengernya. Mau buyback tapi kok malah stock split. Feeling saya bilang, sepertinya saya harus lebih hati2 dengan LEAD. Dan terbukti labanya turun sampai 80%. Pdhl manajemen msh bilang ke media, mrk expect msh bs tumbuh 20% di thn ini.. :(( Ke depan mungkin saya ngga akan sentuh-sentuh lagi saham ini, pak.. Saya ngga sreg dengan cara-cara yang dilakukan manajemen LEAD dlm menghadapi kondisi sulit perusahaan. Saya lbh senang dgn manajemen WINS yang bilang apa adanya, bahwa perusahaan mungkin akan menghadapi tahun sulit di 2015 ini...

      Hapus
    2. Bu, ali ajui jempol atas kedisiplinan ibu. Terbukti LEAD turun drastis, walaupun bisa terjadi ini aksi bandar dan akan ada pantulan nanti, cmn jika, emang fundamental jelek, ya seperti yg ibu slalu ingatkan dan lakukan, SELL! Patut dipelajari dan dicermati metode investasi ibu buat yg newbie maupun yg senior yg benar2 mau tekunin lwt style investing bukan trading.

      Hapus
    3. saya juga apresiasi langkah disiplin Bu Fitry,..
      tapi rasa-rasanya jadi gak pas dengan judul blognya,..
      kalo investor yg benar-benar masih pemula, ngikutin 'langkah' bu Fitry (langsung keluar begitu LK negatif),.. bisa stress mereka,..hehehe,.
      (saya juga masih pemula, makanya masih terus belajar,
      blog ini salah satu gudang ilmu,..)
      untuk emiten (atau bisnis) yang bagus, turun dalam masih bisa rebound, meskipun cukup lama (tahunan), misal SSIA,..

      Hapus
    4. Pak Ali, saham ini investasi beresiko. Dan bagi saya, hold saham yang labanya turun itu termasuk beresiko, apalagi jika kita ngga punya trust thd manajemennya. Dan semua emiten, mau bluechip atau lapis 2 lapis 3, semua ada peluang untuk turun labanya. Jadi selama kita disiplin dengan hanya mau beli saham yang labanya naik, resiko kita dalam berinvestasi sdh jauh berkurang.. :)

      @ pak prayudi, minimal di blog saya, mrk bisa belajar 1 style investasi, pak... hehe.. tapi apa yang saya lakukan ini umum dilakukan oleh manajer investasi, pak. biasanya manajer investasi jg lgsg membuang atau minimal menurunkan porsi saham yang kinerjanya memburuk dalam portofolio mereka. Jadi di sini kita belajar menjadi manajer investasi untuk portofolio kita sendiri.. :) kalau mau buy and hold jg gpp sih, asal tahan aja kalo nanti misalnya sahamnya terus turun selama lebih 3 tahun.. :)

      Hapus
    5. @pak prayudi: sebenernya cukup pantas buat newbie utk berdisiplin supaya kedepannya tdk terjebak dlm posisi rugi yg besar. Klo dalam trading, saat kita mau masuk sesuatu saham, kita wajib sudah menentukan loss yg kita berani tanggung dan bukan beriming2 profit yg mungkin nnti akan kita raih.

      Tp dlm investasi, patokan kita apa? kapan kita harus cutloss, dan kapan pula kita hrs take profit? Well, menurut sy, ibu Fitry sudah memberikan salah satu metode yg slama ini beliau praktekkan. Walaupun pastinya masih ada metode lain diluar sana, tp paling tidak ini salah satunya, dan terbukti ampuh. Liat saja LEAD, untung saja Ibu Fitry uda duluan cabut. Dan sy yakin klo dlm wkt dekat LEAD ternyata pantul, Ibu Fitry juga ga bakal nyesal, krna beliau uda kebiasaan mempraktekkan kedisplinan ini dan resiko rugi slalu ada, yg penting sekali lagi BERDISIPLIN.

      Bukan bermaksud membela2 wkkakaa tp sy rasa cukup valid apa yg dilakukan ibu Fitry dlm strategy investing, dan sy menyukainya.

      Hapus
    6. iya pak, saya juga beli saham itu banyak jenisnya. dan kalo saya ngga begitu yakin, saya belinya cuma dikit aja. misalnya BWPT sm LEAD ini. jd waktu saya jual, lossnya ngga bgtu mempengaruhi total porto saya. Yang serem itu kalo kita terlalu pede sama 1 atau 2 saham dan ngisi porto kita dgn saham itu aja.. bgtu harus CL banyak, pasti ngga kuat mental..

      Hapus
  2. untuk LEAD ada ulasan menarik di sini bu:
    http://www.teguhhidayat.com/2015/02/logindo-samudramakmur.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya, mas.. saya udah baca waktu itu.. :) skrg ga mau sentuh2 LEAD lg krn ga comfort sm manajemennya.. :)

      Hapus
  3. waduh...sy newbie..dan loss lumayan banyak akhir april kemarin...gegara LEAD ini..

    BalasHapus