Kamis, 10 Mei 2012

KLBF Q1/2012, cukup bagus kinerjanya, tapi.. beli di berapa..?

Sekarang saya mau tulis tentang KLBF, ada yang nanya soalnya tadi. kebetulan saya juga lg incar saham ini sbg salah satu saham defensif, tapi lagi sabar nunggu diskon utk entry.. :)


KLBF Q1/2012 :


1. Current assets > current liabilities


2. Equity growth = 6,55%


3. Sales growth = 27,7%


4. Operating profit growth = 26,47%


5. EPS growth = 26,47%


6. EPS Q1/2012 = 43


7. Harga sekarang = Rp 3975


8. PER = 23,11x


9. ROE = 24,38%


10. DER = 0,25


11. EPS growth KLBF dari Q1/2008 sampai Q1/2012 = dari Rp 16 menjadi Rp 43. Dengan CAGR, didapatkan EPS growth KLBF selama 4 thn terakhir = 28%/thn. 


Berdasarkan teori PEG, sebenarnya apabila KLBF dibeli dengan PER di bawah 28, masih menguntungkan untuk investasi.. :) Tapi, kalo kita mau beli, mestinya harus minta diskon, kan..? Masa PER 27x, dibeli jg, pdhl CAGR cuma 28%? :) Sekarang pertanyaannya : beli di harga berapa..? :)




12. Hitungan saya, fair value KLBF = Rp 3550. Jadi saya cuma mau beli KLBF, di bawah Rp 3550. Sekarang tinggal mantau aja terus KLBF-nya, kira2 dikasih diskon berapa sama market..? :) Kalo ngga dapet harga yang cocok, ya ngga usah dibeli.. :)




13. Arus kas operasi < laba bersih ---> sebetulnya sih saya ngga terlalu suka dengan tipe perusahaan yang sifatnya seperti ini. tapi kalo melihat history KLBF dr 2008 - 2012, cuma di thn 2009 arus kas operasinya > laba bersih, jadi saya kasih dispensasi dulu. Karena dr yang saya tau selama ini, KLBF merupakan perusahaan bagus dgn manajemen yg cukup bagus, dan rencana ekspansi yang cukup bagus jg. Jadi potensi growthnya cukup baik di masa depan.. :)


Ok, untuk semua yang saya tulis di sini, Disclaimer is ON, ya, always.. :)







9 komentar:

  1. Mbak, bisa bantu analisa saham TBIG dong Mbak..

    trs bolehkah ajarin kami bagaimana menganalisa spti yg mbak lakukan, cara perhitungannya.


    Terima Kasih Banyak Sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. metode valuasi saya, ada kok saya tulis di topik sebelumnya.. tapi untuk perhitungan detilnya, maaf saya ngga bisa kasih, krn ngga ada waktu utk nulis sebanyak itu.. :)

      tapi saya share sumber metodenya dr mana aja. dan ada satu metode yang saya jabarin lebih detil, karena waktu itu ada yang nanya..

      Oya, tentang TBIG, saya cuma liat sekilas, current assets < current liabilities dan DER > 1,5. Karena sdh 2 hal tdk memenuhi kriteria saya, maka TBIG saya skip dulu :) masih banyak saham yang lebih menarik soalnya buat saya drpd TBIG ini.. :)

      Hapus
  2. Mba Fitry,

    Makasih ya analisisnya... tapi mo nanya lagi nih, katanya KLBF mo stock split ya? itu maksudnya apa siy mba? untung ruginya buat investor apa ya kalo stock split? mungkin Mba berkenan menjawab dan bikin tulisan di blog ini.

    Makasih banyak Mba.

    Salam
    Bnsdrj

    BalasHapus
  3. @ benus : saya coba jelaskan sedikit ttg stock split ya, mudah2an bisa membantu, karena jujur aja, saya suka males nulis teori panjang2, lebih suka kasih hasil hitungan aja.. :)

    Stock Split (SS) itu pemecahan nilai nominal saham. Misalnya ASII mau SS di 1:10, maka harga saham ASII di hari pertama SS adalah harga hari sebelum SS, dibagi 10.

    Jadi kalo misalnya H-1 sebelum SS, harga ASII adalah Rp 70.000,- maka pada hari H-nya, harga ASII akan berubah menjadi Rp 7000,-

    Efek positif SS bagi investor adalah : biasanya saham akan lebih likuid, karena harga saham menjadi lebih murah, yang dapat menarik lebih banyak investor untuk bertransaksi di saham tersebut.

    Biasanya, kecenderungannya, harga saham pada hari-hari sebelum dan sesudah SS, akan cenderung naik. Tapi ngga pasti juga selalu begitu lho.. :)

    Cuma ini pengetahuan saya tentang SS. Siapa tau nanti kamu malah bisa share ke saya yg lebih dari ini.. :) Ditunggu ya.. :)

    BalasHapus
  4. Oya, tentang efek negatif SS ini, saya pernah baca (kalo ngga salah di buku CANSLIM-nya O'Neal), kalau investor sebaiknya jangan begitu hepi dengan SS yang terlalu banyak, cukup 1:2 saja. Kenapa? karena katanya, kalo SS terlalu banyak, maka jumlah saham yang beredar akan menjadi terlalu banyak juga, sehingga malah sulit naik tinggi dalam jangka waktu yang agak lama..

    Itu yang saya baca di buku itu ya, coba deh kamu pelajari lebih mendalam lagi, kalo memang kamu minat thd topik SS ini.. :)

    BalasHapus
  5. Mba Fitry,

    Aku udah agak mulai paham, sambil cari2 juga literatur yang lain, makasih banyak yaa Mba... btw, blog ini udah mulai jadi perhatian temen2ku, mungkin nanti banyak yang cerewet... hehehehe... Ditunggu ya Mba pencerahan yang lainnya...

    Makasih banyak.

    Salam
    bnsdrj

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, alhamdulillah kalo bisa bermanfaat buat yang lain :) aku juga masih belajar kok, belajar terus, biar tambah pinter.. hehe.. selama aku masih punya waktu untuk jawab, insya allah aku akan jawab. kalo aku ngga bisa pun, aku akan jawab ngga bisa, siapa tau nanti malah akan dapat ilmu dr yang lain.. :)

      ok, sukses ya utk investasinya.. :)

      Hapus
  6. Mba Fitry,

    Mba, kalo berkenan bisikin saham-saham yang kayak BTON dong hehehe... fundamentalnya OK banget ya itu perusahaan.

    Makasih banyak.

    salam
    bnsdrj

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhh, itu sih beginner's luck aja tuh.. :) klo mau, analisa sendiri tiap LK deh. terus cari saham yang growthnya tinggi, ROE gede, DER kecil dan PER msh di bwh 7. dan likuid.. :) saya nemu saham bagus, SCCO, tapi ngga likuid. mau beli, tapi offer kosong terus. yang pegang investor fundamental kayanya, jadi ngga mau jual selama LK-nya masih bagus.. :)

      Hapus