Selasa, 17 Oktober 2023

LPPF dan ASGR --- CL finally

 Ada 2 saham yang saya liat menarik karena sentimen deviden dan sentimen pemilu.


1. LPPF -- di harga sekarang Rp 2460, LPPF ada potensi membagikan deviden sekitar 17% atau lebih. Patokan saya karena EPS setahun ini kurang lebih minus 18% dibanding EPS thn 2022, maka deviden thn ini juga kurleb turun 18% dibanding thn lalu. Tahun lalu LPPF membagikan deviden Rp 525, jadi estimasi deviden thn depan kurang lebih 82% x Rp 525 = Rp 430,5. 

estimasi DY LPPF thn depan = 430,5 : 2460 = 17,5%.

LPPF chart monthly, weekly dan daily jg sudah terlihat membentuk konsolidasi untuk naik.

Target dari chart yang saya liat : short term Rp 3000, mid term Rp 4000.

Harga LPPF sebelum cum date deviden 6 April 2023 = Rp 6550.

Tahun depan? we'll see.. Saya di sini hanya swing trading dengan memanfaatkan momentum deviden.. :)

LPPF ekuitasnya minus? dont worry, nanti keluar LK q3 juga ekuitasnya positif lagi kok.. :)

Based on LK q2/2023, BVS LPPF = minus Rp 70,82.

Tapi CFO/share mereka aja udah Rp 323. EPS-nya Rp 302,56.

Jadi gampang banget utk ekuitas LPPF bisa positif lagi di LK Q3, insyaa Allah.. 

Ekuitasnya minus karena LPPF banyak buyback sahamnya juga, yang terus dihancurin, jadi bisa meningkatkan nilai EPSnya juga nanti.. :)

Update per 3 november 2023 : saya CL LPPF finally karena minusnya sdh mendekati 25%, kerugian maksimal yang bisa saya tanggung di satu saham trading. Saya switch semua LPPF ke PTBA, yang jg lg dibanting. Ya, dlm trading, sometimes we win, sometimes we lose... And life goes on.  


2. ASGR

Ini mungkin saham grup astra yang cash/sharenya paling banyak saat ini, Rp 813/lembar, dan harganya sekarang Rp 930, berdasarkan market cap-nya. Dan kemarin mereka cum date deviden interim Rp 13/share. Kita liat nanti di LK Q3, berapa kas/share mereka..

Yang menarik, biasanya laba ASGR ikut terkerek sentimen pemilu, karena bisnis mereka adalah penunjang perkantoran. Dari chart monthly, ASGR sekarang juga sdh berada di support kuat monthly-nya.

Saya ngga terlalu mendalami LK-nya, tapi saya liat sdh ada growth di sales 6,6%, laba bruto growth 17%, dan laba bersih growth 113%. Tapi CFO-nya masih negatif. 

BVS-nya Rp 1284, sehingga di harga Rp 930, PBV = Rp 0,72.

PBV 0,72 dan cash-nya hampir 87% dari market cap, dan ini anak perusahaan Astra. Murah banget. Tinggal tunggu ada sentimen bagus atau growth bagus yang menghampiri saham ini, dan sepertinya sahamnya bs langsung naik tinggi. Dan selama nunggu, dia bisa kasih devidend yield skitar 4,25% di harga Rp 930 utk setahun (termasuk dengan deviden interim kemarin ini). Untuk ASGR, saya lebih menunggu bisnis data centernya beneran jadi sih.. Rumor yang saya baca ada begitu soalnya. Yang jelas, pasti dia lg ada bisnis yang mau dijajaki, kalo ngga kenapa cash-nya bs semakin gendut dr thn ke tahun dan ngga dibagikan sebagai deviden gede.. :)))) semoga aja bisa kembaran sama DCII valuasinya kalo nanti beneran jadi tuh bisnis data centernya.. :))))))


Disclaimer on. Rugi tanggung sendiri..  :) saya cuma share entry point-nya aja, exit-nya terserah masing2, mau main pendek atau panjang.. :)

Saya banyak posting saham2 capital gain, karena porto saya sekarang sdh 92% saham deviden yang belum ada niatan utk dijual sm skali. Jadi sisa 8% dana saya gunakan utk swing2 aja, lumayan bs dpt receh utk jajan.. :))

Selamat berinvestasi saham, semoga saham2 yang kita beli akan memberikan hasil yang bagus ke depannya yaaa.. Aamiin..




Warm Regard,

V3


update 18 maret 2024, finally saya CL semua di ASGR dan LPPF. Semua saya tambahkan ke PTBA lagi. Untuk devidend income, sampai saat ini saya lebih yakin dengan PTBA, krn growth plannya jelas, dan DPR jg besar, di atas 70%..  Saya CL ASGR dan LPPF sdh cukup lama, jauh sebelum thn 2023 berakhir.



6 komentar:

  1. Untuk screening saham yang oversold weekly itu pakai apa Bu? Saya bisanya yg daily saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuma liat tiap chart sahamnya aja pak, ngga ada screenernya, krn sekarang cuma pakai chart gratisan dr sekuritas aja..

      Hapus
  2. LPPF barusan mengeluarkan LK TW 3 dan ekuitasnya sudah positif. Apakah ini indikasi membaik dilain sisi labanya menurun? terima ksih penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya melihat harganya sdh jauh turunnya ya pak, jd saya akan tetap hold, krn dasar beli saya adalah based on chart weekly, monthly dan devidend yield. Saya ngga membahas fundamental lainnya d luar itu, toh cfo-nya jg msh positif, juga labanya keseluruhan di thn ini. Jd target jual saya tetap menjelang cum date deviden thn depan, atau kalo dr chart weekly monthly sdh naik banyak... Skrg sabar aja dulu melihat floating lossnya... :(

      Hapus
    2. Metode swing saya mmg lbh suka ambil saham di bwh, yg ketika dibeli, mayoritas fearnya lg kuat bgt, dsn data FA mgkin lg ga bagus. Tp utk hold agak lama, anggap 6 bln - 1 thn, saham2 seperti ini biasanya ngasih gain yg lumayan, krn di chart yg msh di dasar, umumnya smua bad news sdh priced in, tp smua potensi good news blm priced in di harga tsb.. Wlpn ada potensi dibawa turun dulu dlm jgka wktu pendek..

      Hapus
    3. finally, dengan LPPF akhirnya saya gave up, pak. Minus sdh mendekati 25%, sdh resiko maksimal yang saya tanggung. Jadi saya CL LPPF dan saya switch ke PTBA semua, mumpung harganya juga lg dibanting..

      Hapus