Sabtu, 01 Desember 2018

Masa bearish IHSG sudah mulai berakhir... ?

Setelah dari bulan Februari 2018 candle ihsg monthly selalu close di bawah highest candle bulan sebelumnya (masa bearish di IHSG), maka di akhir November ini, IHSG kembali close di atas highest candle bulan sebelumnya..

Berdasarkan teori candlestick yang saya pelajari selama ini, maka ini dapat menandakan bahwa masa bearish di IHSG sudah mulai berakhir..  
Artinya, andaikan nanti IHSG koreksi lagi pun, insyaa Allah tidak akan membuat lower low di bawah 5557 lagi... dan semoga malah akan membuat higher high yang banyak.. :)
Tapi ini teori ya, prakteknya nanti bisa saja berbeda bila ternyata ada kondisi yang luar biasa terjadi di pasar.. 

Saya mencoba untuk melihat beberapa saham yang candle monthly-nya juga seperti IHSG (alias bearishnya mungkin sudah selesai), dan saya menemukan antara lain saham-saham berikut ini :
BBNI, BMRI, BBRI, BJTM, ASRI, BSDE, PWON, CTRA, ADHI, PTPP, WIKA, ICBP, INDF, ACES, MYOH. Tanpa menghitung valuasi, hanya melihat chart monthly-nya saja, saham2 tsb menarik untuk dibeli, krn candle monthlynya sudah menunjukkan bullish.. Disclaimer ya.. :)

Waktu itu saya pernah posting di bbrp topik sebelumnya, kalau masa belanja saham yang bagus itu, biasanya antara bulan Agustus - Oktober.. Sepertinya teori ini masih bisa dipakai di thn ini, dan semoga juga di thn-thn berikutnya.. :)

Ok, ini saja sedikit pandangan dr saya ttg ihsg dan saham-sahamnya. Kalau salah, mohon maklum, analis saja bisa salah, apalagi ibu rumah tangga yang urusannya ngga cuma liatin saham saja.. :)

Semoga bulan Desember, Januari, portofolio saham kita akan hijau tebal.. dan semakin tebal hijaunya setelah pemilu 2019.. Aamiin.. :)

Selamat berinvestasi saham... :)

Warm regards,
V3


5 komentar:

  1. menurut saya masih lanjut bearish bu habis ini bu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ga apa2 beda pendapat, analisa saya juga ngga selalu benar kok.. 😊😊 semoga investasi saham kita akan membaik di tahun depan ya... Aamiin.. 😇😇

      Hapus
  2. apa kabar mba.. semoga sehat sekeluarga, seneng deh ada. tulisan baru, makasih teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baik, alhamdulillah.. :) selamat thn baru 2019, semoga hasil investasi saham kita akan semakin baik di tahun depan ya.. :) aamin.. :)

      Hapus