Jumat, 08 Juni 2012

IHSG sekarang 3825, buy, sell atau hold..?

Yang baca judul saya di atas mungkin agak terkejut ya, kenapa saya jadi bicara TA bbrp hari ini.


Apalagi di awal-awal saya suka tulis : buy kalo diskon gede, sell kalo LK-nya jelek.


Tapi kondisi IHSG beberapa hari ini memang agak mengkhawatirkan bagi saya (yang sudah pernah jadi korban 2008). Kenapa?


Karena saya liat dari chart monthly : IHSG sudah di bawah MA 12, dan MACD dead cross dan masih terus mengarah ke bawah. 


Mungkin ada yang mencibir, "gimana sih, investor fundamental kok main teknikal?"


Well, I use monthly chart for long term investing (selain analisa LK-nya tiap triwulan), not daily chart. Jadi kalau monthly chart sudah bikin saya ngga nyaman untuk tetap punya banyak saham, kenapa saya harus memaksakan diri..? Kalau saya ngga antisipasi dari sekarang, nanti kan saya sendiri juga yang rugi kalo ada apa2 di market...


Saya masih tetap hold bbrp saham yang saya pikir monthly chartnya masih bagus, dan PER-nya juga masih murah. Tapi untuk saham-saham yang chart monthly-nya jelek atau PER-nya sudah di atas 10, smua sudah saya jual. 


Saya ngga tau ke depan akan seperti apa. Tapi saya pikir, kalo saya berani tulis di blog untuk kasih tau saham apa yang bagus untuk dibeli/dijual, masa' saya ngga berani untuk share my view tentang IHSG saat ini. Toh salah atau benar, waktu juga yg nanti akan membuktikan.. Analis aja ngga selalu benar, apalagi saya yang baru belajar.. :)




Dari sisi fundamental Indonesia saat ini di mana :


a. Inflasi < 10% ( skitar 4,5%)


b. BI rate < 10% (5,75%)


b. GDP terus tumbuh (6,3% yoy)


saya tetap yakin bahwa investasi di bursa saat ini adalah merupakan pilihan yang tepat (sesuai teori yang saya pelajari selama ini).




That's why I don't sell all my stocks. Karena saya ngga pernah tau apa yang akan terjadi di depan. Lebih baik saya sedia cash dulu, untuk berjaga-jaga, agar ngga jadi korban keganasan bursa kedua kali.  


Dan jujur, sebetulnya saya juga menunggu saat-saat IHSG turun dalam, sehingga bisa dapat saham investasi di harga yang lebih murah daripada harga sekarang. IHSG 3200 kali? atau 3400? atau 3700? hehe.. we'll see..


Mdh2an semua bisa tetap berfikiran jernih ya, dengan kondisi IHSG sekarang. Jangan terlalu takut sehingga smua dijual, tapi juga jangan terlalu berani dengan ngabisin semua cash krn beranggapan bahwa waktunya beli saham adalah ketika semua orang sedang ketakutan sperti ini.. :) ntar dikasih diskon lebih gede, nyesel deh ngga ada cash.. :D


Pinter2 money management aja. Kalo beli nyicil, kalo jual juga nyicil. atau paling bagus ya pake DCA aja, nyicil beli tiap bbrp waktu sekali. Yang dibeli saham fundamental bagus ya, biar harganya akan terus naik apabila krisis sudah berakhir.. :)


selamat investasi..


- V3 -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar