Jumat, 29 Oktober 2021

saham batubara murah dan bagus : PTBA

 PTBA sudah mengeluarkan LK Q3/2021-nya. Hasilnya : pendapatan naik 50%, laba kotor naik 134%, laba bersih naik 178%.

Di harga sekarang, Rp 2640, PTBA dihargai di PER annualized = 4,8x dan PBV = 1,46 !!

ROE annualized = 30,59% 

PTBA di harga sekarang menurut saya sangat menarik untuk investasi 1-2 thn ke depan. Kita bs dapat deviden besar (minimal setara 7% deviden yield) dan juga capital gain (ada potensi harga akan bisa menembus all time high di 5025).

saya kemarin masuk BYAN ketika harganya di bawah 14000, dan sdh saya jual setengah ketika cuan 100%. Sisanya akan saya jadikan devidend stock. hal yang sama jg saya akan lakukan di PTBA nanti. Ketika sdh cuan 100%, akan saya jual setengah, dan sisanya sbg devidend stock juga.

Kemarin di hexa juga begitu,. saya beli di harga di bawah 3500, dan sdh dpt deviden Rp 1200 perak thn ini. Nanti kalo hexa naik 100%, akan saya jual stengah juga, utk sisanya saya jadikan sbg devidend stock.


Jadi, saham komoditas yang selalu bagi deviden besar pun bisa kita jadikan sebagai devidend stock, asalkan ketika sdh cuan 100%, lgsg kita jual stengah. Anggap kita sdh tarik modalnya, sehingga hanya profitnya aja yang muter dan profit itu nanti akan trs memberikan kita deviden setiap thn. 


PTBA dan HEXA selalu bagi deviden selama 12 tahun terakhir, jadi lebih menjanjikan kepastian devidennya.

BYAN thn 2013 - 2015 mengalami rugi ketika harga coal sedang di bottom, tapi mereka banyak melakukan perbaikan dalam bisnisnya, sehingga sekarang mereka mengalami perbaikan kinerja yang luar biasa. Datuk Low Tuck Kwong, owner yang menguasai 54,67% saham BYAN, terus menambah sahamnya sejak 2019. Bahkan di harga Rp 28,000 pun Datuk masih beli. Pemegang saham besar biasanya lbh mengetahui ttg perusahaannya daripada orang luar. Tapi saya sendiri sudah stop beli BYAN di harga Rp 14000. Sekarang saya lg fokus ngumpulin PTBA selama harganya masih di bawah 2750.


Ok, ini saja tulisan saya tentang PTBA. Di harga di bawah 2750, kita bisa dapat saham coal bagus dgn PER di bawah 5x.. Beli dan simpan, sampai mungkin akhir 2022-awal 2023.. 


Disclaimer on, rugi tanggung sendiri :)


Semoga investasi saham kita akan memberikan hasil yang bagus di masa depan.. Aamiin..


Warm regards,

V3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar