Jumat, 30 Oktober 2015

Sayang sekali, ihsg monthly masih belum rebound.. :(

Akhirnya sampailah kita ke hari terakhir perdagangan di bulan oktober 2015...

IHSG oktober 2015, close di 4455,18. 

Setelah sempat menyentuh high di 4696, ihsg akhirnya turun terus hingga ke 4455,18. Penurunan tajam dalam 3 hari saja.. :(
Dengan demikian, krn ihsg oktober masih close di bawah highest September 2015 (4484), maka kita bs bilang, ihsg monthly belum benar-benar rebound..
IHSG sekarang sudah berada kembali di bawah MA 200 weekly (4628) dan MA 5 weekly (4485), tapi masih di atas MA 60 monthly-nya (4426). 

Masih ada peluang turun? Masih. Biasanya sih kalo tembus ke bawah MA 5 weekly, akan cenderung turun dulu.

Masih ada peluang naik? Masih, karena macd weekly sudah golden cross dan ihsg sudah di atas MA 60 monthly.

Masih ada peluang bikin new low lagi? So far sih rasanya ngga, karena MACD weekly ihsg sudah golden cross. Kecuali kalo nanti macd weekly dead cross lg, maka ihsg bisa membentuk new low lg..

Saya liat beberapa chart saham yang chart monthly-nya keliatan mulai berbalik arah untuk naik : ADHI, CPIN,  PTBA, PGAS, PTPP, WIKA, LPCK, PWON, BSDE, BBCA, ICBP, WIKA, ASRI, LSIP, AALI. 

Beberapa LK Q3 sudah keluar, dan hasilnya memang masih banyak yang belum begitu baik. Tapi mudah-mudahan di Q4 nanti kinerja emiten akan jauh lebih baik daripada Q3..

Jadi strategi saya sbg investor, selama IHSG dan saham2 yang saya mau beli masih di bawah MA 100 weekly, apalagi di bawah MA 200 weekly, saya keep buying aja.. 
Ibarat petani, sekarang investor saham lagi masanya menanam... 
Asal jangan salah aja pilih sahamnya.. :)

Beberapa saham yang saya tulis di atas, mungkin bisa ditinjau ulang sbg stock pick. Sebenernya saya sedih, krn saham saya yang terbanyak dlm keranjang portofolio (BBRI dan SMGR) malah belum rebound chart monthly-nya... :(
Minggu depan saya akan menata ulang komposisi portfolio saya lg. 
Weekend ini banyak bgt LK Q3 yang mau direview...

Semoga ihsg ke depan akan membaik.. 
Mdh2an Indonesia ke depan jg akan berkembang lebih baik lg. 
Kita sama2 berdoa yg terbaik utk Indonesia, tanah air kita...

Regards,
V3



1 komentar:

  1. Gan menunggu kenaikkan PGAS lama bner gan. Kunjungi balik ya gan > Analisis Saham PGAS < yang aku buat untuk Minggu ini. Kritik dan saran sangat diterima. Terima kasih

    BalasHapus