Senin, 14 Juli 2014

Analisa saya ngga selalu benar, saya ngga jualan stock pick, saya bukan tipe investor long term.. :)

Untuk yang baca blog saya, saya mau tekankan 3 hal, ya.. :)


1. Analisa saya ngga selalu benar

   Silakan dicek dari posting awal saya di 2011 sampai saat ini, saya banyak melakukan kesalahan analisa juga (ngga ada posting saya tentang analisa saham yang saya hapus, karena itu untuk bahan pembelajaran buat saya juga). Antara lain DKFT, KIJA, HEXA, HRUM, KKGI. Untuk DKFT dan KIJA, pada saat saya beli, LK-nya memang bagus. Tapi stelah dibeli, di LK terbaru, labanya turun, dan laba turun tentu di luar kuasa saya sebagai pemegang saham.. :) Yang jelas sebagai investor, bila saham labanya turun (apalagi langsung turun dalam), sebaiknya keluar dulu dari saham tersebut.

Untuk saham coal dan alat berat, ini memang saya benar2 salah ambil keputusan. Saya masuk ketika labanya masih turun, dan penurunan laba itu berlanjut di LK-LK yang keluar kemudian. Akibatnya sahamnya masih turun aja (walaupun emitennya sudah buy back, dan emiten2 itu juga mulai melakukan buyback di harga yang cukup tinggi dibanding harga saat ini, misal : PTBA, KKGI). Membeli saham coal dan alat berat di 2012 - 2013 adalah keputusan investasi saya yang menurut saya adalah keputusan yang salah besar :)



2. Saya ngga jualan stock pick

Saya nulis di sini awalnya hanya untuk arsip kegiatan investasi saya. Kemudian karena teman-teman ada yang nanya tentang analisa saham A,B,C, saya pikir daripada saya nulis utk 1 orang di email atau bbm, mending saya tulis di blog yang bs dibaca orang banyak sekalian, siapa tau bermanfaat. Jadi mohon maaf, saya ngga jualan stock pick, dan saya ngga akan jualan stock pick.. :) Saya hanya mau nulis apa yang saya pikir menarik untuk ditulis. Itu aja :) Investing should be fun, right..? :)



3. Saya bukan tipe investor long term

Sampai saat ini, tipe investasi saya cenderung : beli ketika LK bagus dan harga cukup menarik dan jual ketika labanya turun, atau ketika ada saham lain yang keliatan lebih bagus lagi. Jadi perubahan portofolio bisa saya lakukan tiap 3 bulan sekali, sesuai dengan hasil di LK terbaru. Nanti kalo suatu saat saya nulis tentang saham A di sini, dan ngga saya bahas2 lagi,  itu bukan berarti saham A tersebut bagus untuk dihold selama mungkin.. Jangan lupa untuk selalu check laporan keuangan saham yang kita sudah punya, untuk bisa menilai sendiri, apakah saham tsb sebaiknya tetap kita hold atau sell.. :)



Mdh2an apa yang saya tulis selama ini bs bermanfaat buat yang baca. Dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf apabila ada yang rugi banyak karena mengikuti analisa saya selama ini, semoga Tuhan mengganti kerugiannya dengan yang lebih baik lagi.. :) 


Tapi  dalam investasi saham, saya tetap berprinsip : Your money your responsibility, rugi tanggung sendiri, ngga dapat barang jg tanggung sendiri.. :)

Semoga kita semua bisa menjadi investor saham yang cerdas dan makmur sejahtera.. Aamiin yra.. :)

Rgds,
V3



2 komentar:

  1. AMIN bu Fitry,yang terpenting kita harus bisa baca laporan keuangan ,tugas investor sebenarnya simple,BACA laporan keuangan ,itupun hanya setiap 3 bulan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, klo mau investasi di saham, baca LK is a must, ngga bs ngga... :) atau kalo mau lbh simpel, beli aja saham yang emitennya sdh teruji kinerjanya dan managemen kredibel, lalu tinggal tidur aja. Tiap thn insya allah dpt deviden.. :) tapi jangan ngomel2 kalo nanti sahamnya turun atau ngga naik2 dalam waktu bertahun tahun.. :). Let's be a smart investor :)

      Hapus