Rabu, 05 Desember 2012

LSIP, LK Q3/2012

Sama seperti saham coal, saham CPO juga sekarang harganya tiarap semua..

Tapi bagi saya yang punya mindset value investor, saya malah tertarik untuk collect saham2 yang sudah murah seperti ini, terutama yang sudah kasih MOS > 20% (untuk saham bluechip) dan sudah monthly oversold.

Oya, sebelumnya saya tekankan lagi, saya nulis blog ini tujuan utamanya adalah sebagai arsip perjalanan investasi saya di bursa saham indonesia, dan saya ngga ada tujuan untuk nyuruh beli/jual suatu saham. Apa yang saya tulis adalah OPINI SAYA PRIBADI terhadap suatu saham atau IHSG saat itu.

Kalo ada yang dapat manfaat dr blog ini, syukur alhamdulillah. Tapi kalo ada yang rugi, saya tidak mau bertanggung jawab sedikit pun atas keputusan investasi yang sudah diambil.. :) Your money, your responsibility.. :)


Untuk LSIP, coba kita lihat sekilas dari LK Q3-nya ya.. 


LSIP Q3/2012

current assets > current liabilities

DER = 0,19

ROE = 20,8%

sales growth = -4,3%

operating profit growth = -28%

EPS growth = -27,2%

EPS = Rp 139

Harga sekarang = Rp 1890 ---> PER = 10,2x

valuasi = Rp 3130  ---> MOS = 39,6%



LSIP sudah turun dari highest di Rp 3150, ke lowest di Rp 1830, atau sekitar 42%. Sementara EPS dalam setahun turun 27%.


Waktu itu saya sempat nulis bahwa saya tidak akan membahas tentang saham-saham yang LK-nya turun. Tapi karena sudah banyak yang kasih MOS besar dan juga sudah di monthly oversold (antara lain LSIP, UNTR, KKGI); sudah kena MA 60 monthly (UNTR dan LSIP), bahkan sudah di bawah MA 60 monthly (KKGI), jadi saya pikir sayang juga kalo ngga beli saham2 ini sama sekali.. :)

Well, diskon besar seperti ini ngga datang setiap tahun soalnya.. :D

Tentu aja, saya juga ngga tau pasti, apakah saham ini ngga akan turun lagi nanti2. Tapi seandainya turun pun, saya akan tetap hold, dan sabar sampai harganya naik lagi.. :) 

Setidaknya, saya masih yakin bahwa saham2 ini (UNTR, KKGI, LSIP) sekarang masih berfundamental bagus dan di bawah manajemen yang baik pula. Kecuali kalo nanti sudah terbukti manajemen buruk dan tidak bisa dipercaya lagi, ya akan saya jual semua sahamnya, ngga peduli rugi berapa besar saat itu..... Dan saya pasti akan tulis di sini juga kalo memang terjadi hal seperti itu.


Oya, untuk KKGI, sedang diadakan buyback saham, yang akan berakhir paling lama 28 april 2014, untuk membeli 10% saham yang beredar di publik (info etrading). Biasanya, selama buy back harga akan ditekan, jadi yang jangka waktu investasinya tidak selama itu, hati2 kalo mau beli KKGI, takutnya ngga jadi apa2 dalam 2 thn ke depan... :)

Disclaimer yaa... :)


Back to LSIP lagi..

Untuk LSIP, kalo kita lihat di EPS Q3, maka terlihat sbb (data etrading, diubah ke nilai sesudah stock split 1:5) :

EPS Q3/2009 : Rp 73
EPS Q3/2010 : Rp 93,8
EPS Q3/2011 : Rp 192
EPS Q3/2012 : Rp 139 

Terlihat bahwa dari Q3/2010 sampai Q3/2012, LSIP masih tumbuh 48% (dari Rp 93,8 ke Rp 139), atau skitar 21,7% per tahun (CAGR).

Selama tahun 2010, dari chart terlihat LSIP diperjualbelikan dengan lowest Rp 1460 dan highest Rp 2560. Bila diambil nilai tengahnya, rata-rata harga LSIP tahun 2010 = Rp 2010.


Sekarang harga LSIP Rp 1890. Lebih murah daripada harga rata-rata tahun 2010, padahal EPS-nya sudah tumbuh 48%..


So, what do you think tentang harga LSIP di Rp 1890 sekarang ini? :)

Disclaimer is ON.. :)

Your money, your responsibility... :)


Regards,
- V3 -





13 komentar:

  1. Mbak V3 kok gak pernah membahas saham2 dalam group Panin to? Padahal FA merekan kan bagus-bagus? Makasih

    BalasHapus
  2. Saya pernah nulis sekali ttg grup panin mba, tp krn grup ini ga pernah bagi deviden, skrg jd males bahasnya. Skrg sy fokus sama saham2 FA bagus dan rajin bagi deviden aja. Biar bs membangun pasiv income di masa depan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga sih mbak, trus kalo boleh tau apa mbak V3 juga selalu ambil posisi terhadap saham2 yang mbak nilai posotif n dibahas dlm blog mbak ini? Dan kalo embak g keberatan saya mw ngulik dikit nih, berapa sih gain mbak V3 dalam setahun terakhir? Tp kl mbak merasa itu sbg rahasia yaudah gpp, saya cuma pengen melihat posisi sebagai sesama value investor he..he..makasih

      Hapus
    2. halo mba flora.. hehe, pertanyaannya seru ya.. saya coba jawab apa adanya ya.. :)

      1. apakah saya selalu ambil posisi terhadap saham2 yang saya bahas? pada umumnya, YA. Karena ini kan arsip perjalanan investasi saya.. :) Tapi ngga selalu saham2 ini saya hold terus. Misalnya sperti GWSA dan COWL, saya wktu itu jual rugi karena saya pindahkan ke saham lain yang saya anggap lebih baik..
      Biasanya bgtu LK terbaru keluar, saya mulai switching portofolio lagi... Dan biasanya kalo saya udah ngga nulis tentang saham itu, brarti saya udah ga ada barang atau udah ga ngincer lagi.. :)

      2. Tentang gain, saya ini tipe investor DCA mba (alias nyicil beli tiap bulan), karena dari gaji suami, saya usahakan minimal 20% saya investasikan terus ke saham tiap bulan. Dan mulai awal thn 2012 ini, saya lbh banyak mindahin portofolio saya ke saham2 yang rajin bagi deviden. Memang umumnya larinya ngga sekenceng saham lapis 2, lapis 3, tapi saya lebih tenang jadinya.. Bisa kaya sambil tidur, hehe..

      Untuk pertumbuhan portofolio saya (dengan menggunakan metode DCA ini), dr awal tahun sampai sekarang, di catatan saya sih ada gain 8,6% dr jumlah porto.

      Kenaikan tertinggi 91% (LPCK); 48% (MAIN); 35% (ICBP).
      Penurunan terendah -19% (SCCO); -17% (KKGI); -14% (UNTR).
      Selain saham2 di atas, saya masih banyak saham2 lain (total 16 saham), dengan kenaikan dan penurunan yang lebih moderat. Overall posisi portofolio saya saat ini, gain 8,6%.

      Sejak agustus 2012, rata2 uang investasi saya, lbh banyak saya masukkan ke saham2 batubara dan cpo, jadi penurunannya msh dalam2.. :)
      but it's ok buat saya, karena saya beli untuk disimpan dalam jangka waktu di atas 1-2thn.. :)

      Jadi return saya ngga sehebat yang bakal mba bayangin.. :) tapi buat saya, ini sudah cukup lumayan. mudah2an, semakin jam terbang saya tinggi, hasil investasi saya juga akan lebih baik. Tapi yang jelas karena suami saya orang kantoran dan saya ibu rumah tangga murni, jadi saya selalu mengandalkan metode DCA dalam berinvestasi. untuk masa pensiun mba, mdh2an nanti ketika suami pensiun, kami sekeluarga sdh bs hidup layak hanya dari deviden saja. aamiin yra.. :)

      Hapus
    3. Oya, tambahan lagi : saya cuma beli saham2 syariah, mba.. Jadi saya jarang banget bahas saham bank, multifinance, atau saham2 lain yang ngga masuk daftar efek syariah BEI.. :)

      Hapus
    4. Itu tulisan di balasan saya di atas, maksudnya "penurunan terendah" adalah penurunan terbanyak (penurunan yang paling dalam).

      Hapus
  3. Makasih bgt mbak dah mau membagi pengalaman, senang sekali bisa berjumpa dengan anda meski hanya via e-mail, karena terus terang saya ingin punya temen yg punya visi n misi yg sama. Kalo disimpulkan dari penjelasan mbak V3 diatas, kita bisa dibilang punya platform investasi yg hampir sama, saya juga invest tp emang sih blm dalam horizon waktu yg panjang (tahunan) bahkan sesekali masih sering tek tok harian he..he..karena emang saya mengalokasikan sebagian kecil dana khusus buat itu. Saya liat cara mbak pick stock juga mirip dg cara saya dan beberapa saham favorit mbak juga saya suka, tp bedanya kl mbak khusu syariah kl aku free asal FA nya bagus. Kalo untuk gain mungkin aku sedikit lebih beruntung, sejak 2012 tak itung aku dah gain 10an%. Saya juga ada nyangkut di saham tambang, TOBA dan ANTM trus di BJTM, dari pengalaman itu aku kapok dek ikut acara IPO he...he... Trus aku jg me konfirmasi kalo aku tuh bukan perempuan mbak he..he.. Emang aku pake blog yg tak bikin buat istriku untuk dagang batik, namaku anton aku kerja di sebuah bank yang juga kebetulan listing di BEI dengan ticker BBRI. Oiya kalo mbak V3 gak keberatan aku minta pin BB ato nomer HP untuk memudahkan korespondensi dan tukar informasi seputar dunia investasi saham, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo, pria yahh? :) padahal saya tadi sdh seneng lho, saya pikir wanita. krn jarang nemuin wanita yang minat investasi long term, kalo trading masih lumayan banyak.. :)

      kelemahan metode dca memang bgtu mas, return kita keliatan ga bgitu besar (bila dilihat dlm jgka waktu pendek), karena kita masuk cuma sedikit2. apalagi kalo masuk di saham yang uptrend, otomatis pas kita nambah, harganya cenderung lebih tinggi drpd waktu beli pertama kali.. :)

      kalo masuknya di saham downtrend, bisa average down. tapi kuat ngga sih mental kita, liat porto merah terus jadinya..? hehehe... saya pun masuk di saham batubara dan cpo, dibatasi hanya 25% dr porto. lebih dari 25%, saya ngga berani.. :) kecuali nanti kalo LKnya udah pada growth smua.. :)

      untuk saham IPO, dari dulu saya ngga minat beli. kenapa? krn kita belum tau kinerjanya nanti bagaimana. Ngambil pas IPO itu lbh cocok utk trader2 yang ingin spekulasi dpt Instant Profit Overnight :D . ehhhh, ini disclaimer yahhh... :D kalo untuk investasi jgk pjg, lbh baik cari yang sudah listing aja, dan mau bagi deviden. sperti HRUM dan ICBP, wlpn masih muda usianya di BEI, tapi selalu bagi deviden sejak mrk listing. jadi manajemennya sdh punya itikad baik, mau berbagi untung dengan pemegang saham.. :)

      utk kontak, pls email aja, mas. banyak juga kok yang japri ke saya, dan saya usahakan jawab semampu saya. sebenernya saya juga heran, kok mrk pd tau blog ini. krn awalnya, cuma 5 orang yang saya kabari (krn mrk suka tanya2 saham, jd skalian saya tulis jawabannya di sini, biar bisa dibaca rame2). skrg, saya liat, bisa di atas 100 orang yang dtg ke sini tiap hari...:)
      makasih banyak untuk kunjungannya. semoga apa yang saya tulis bisa bermanfaat bagi yang lain jg. aamiin yra.. :)

      Hapus
    2. mas anton, aku jadi mikir lagi nih yang masalah return investasi ini.. spertinya aku salah menjelaskan di atas tadi. 8,6% itu adalah nett floating profit aku dr saham2 yang aku punya sekarang ini. jadi itu sdh selisih dari semua sahamku yang sekarang lg untung dikurangi dengan saham yang sekarang sedang rugi.

      sedangkan untuk perkembangan dana investasiku, aku ngitungnya beda lagi. itu hanya aku hitung per 31 desember biasanya.

      misalnya begini : jumlah nilai portofolioku (harga beli) pada 31 desember 2011 adalah (misal) Rp 100jt. Aku punya target, sampai 31 desember 2012, nilai ini minimal jadi naik 20%, atau brarti Rp 120jt.

      terus, nanti selama 2012, aku kan ada penambahan investasi, misalnya tiap bulan Rp 5jt. Berarti selama setahun, aku ada penambahan investasi 5jt x 12 = Rp 60jt. Dari yang Rp 60jt ini, aku cm ngarepin dia naik misalnya 10%/thn (krn beli nyicil2, shingga aku kasih target lebih rendah hasil investasinya daripada yang didiamkan setahun).Sehingga dengan return 10%/thn, yang Rp 60jt ini akan menjadi Rp 66jt.

      Pada 31 desember 2012, aku harapkan jumlah sahamku (nilai pasar) akan menjadi Rp 120jt + Rp 66jt = Rp 186jt.

      Sehingga, bila dibandingkan dengan posisi 31 desember 2011, portofolioku akan berkembang dari Rp 100jt menjadi Rp 186jt (di 31 desember 2012), alias tumbuh 86%.

      keliatan fantastis ya Mas? but it's real.. aku ngga bohong.. kekuatan bunga berbunga itu amazing sekali.

      dan awal 2012 ini, aku mulai switching ke saham2 yang rajin bagi deviden karena apa? karena portofolioku semakin besar, sehingga aku lbh nyaman untuk naruh uangku di saham2 yang berfundamental kuat.. kalo aku beli saham lapis 2, lapis 3, itu hanya dalam jumlah kecil aja.

      mudah2-an tulisanku ini bisa bikin orang2 terpicu untuk investasi saham. kurangi trading. beli saham2 yang bagus dan rajin bagi deviden. dalam 5 thn ke depan, kalian pasti akan terkaget-kaget dengan hasil yang didapat.. :)

      oya, thn 2007, saya sempat beli reksadana saham panin dana maksima. thn 2012, saya jual, dan NAB-nya sudah naik 3x lipat. kalo invest di reksadana aja bisa bagus hasilnya, apalagi bila kita taruh sendiri di saham2 bagus, kan.. :)

      kuasai kriteria milih saham yang bagus, kuasai valuasi (wlpn dgn metode yang sederhana), dan belajar sedikit TA (MA jg sdh cukup), utk bisa pilih entry point yang cukup bagus. dr sejak 2010 saya pegang 3 hal ini, portofolio saya sdh berkembang dengan baik tiap thn. alhamdulillah.. :)

      saya ngga bermaksud apa2 ya, hanya utk mendorong agar semakin banyak orang yang menjadi investor saham. benar kata lo Kheng Hong, bursa saham adalah tempat yang terbaik untuk mengembangkan uang kita.. :)

      Hapus
  4. Halo, Fitri

    Sudah beberapa bulan ini, sejak aku masuk ke bursa bulan Juni tadi, aku dpt banyak informasi dan pembelajaran. Trims, ya ^_^
    Pertama aku masuk menggunakan tabunganku kemudian sekarang nyicil dg gaji.
    Aku kepengen banget jadi investor yg berhasil, bukan trader yg sukses. Tapi kelakuan masih aja trader krn awal2 invest banyak yg harganya turun drastis, rada sibuk gonta ganti akibat rada stress ngliat merah melulu portonya, padahal sdh berusaha analisa.
    Jadi saat ini aku berusaha susun portofolioku sebisa mungkin sebagai investor dan trading sedikit buat mengimbangin kerugian yg kubuat karena salah posisi :)

    Ok, Fitri, makasih buat infonya.

    Btw, GSWA sdh dijual, ya? Aku malah beli bulan lalu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo glass, welcome to BEI ya.. :)

      emang kalo awal trading, suka kecanduan ya. aku juga dulu bgtu kok. dr april 2008 - april 2010, trading terus.

      2008 portonya menyusut banyak bgt.

      2009 balik modal, malah untung dikit.

      april 2010 , cut loss 40% di saham2 bakrie (bumi, elty, enrg, dewa).

      bgtu modal udah habis 40%, jadi bener2 mikir, harus bgmn biar bs sukses di bursa saham.

      akhirnya nemu value investing.

      dan mutusin beli CPIN di Rp 2700 (sebelum stock split 1:5), juni 2010. akhir november 2010, saya jual smua CPIN di harga rata-rata Rp 9450 (jual bertahap dlm bbrp hari). itu pun saya masih dapat deviden Rp 196:)

      alhamdulillah, modal saya bisa balik smua di akhir 2010, dan masih untung lumayan.. :)

      dan sejak juni 2010 sampe skrg, tiap beli saham, saya selalu ngitung valuasi dulu.. :)

      otomatis frekuensi trading jadi berkurang jauh, dan hidup juga lebih nyaman.. :)

      GWSA, sudah saya jual di oktober 2012, rugi 6%. saya jual di harga Rp 250.

      COWL saya jual di mei 2012, rugi 14%. jual di Rp 245.

      Sekarang sih belum ada minat untuk beli saham2 itu lagi.. :)

      Saya ngga anti cut loss. walaupun saya investor, tapi kalo analisa saya bilang saya harus jual (krn LK-nya jadi jelek atau krn saya melihat opportunity di saham lain yang lebih baik), ya saya jual. Makanya utk saham2 yang saya belum yakin sepenuhnya, saya cuma beli dikit2 aja. biar kalo rugi pun, ruginya juga ngga bikin sakit kepala.. :D

      ok glass, selamat jadi investor saham, ya... :)

      semoga bs membangun kekayaan dari investasi saham di BEI... :)

      Hapus
  5. Makasih buat doanya ^_^
    Pengalamannya sdh banyak banget ya.
    Kalo aku rugi melulu sekarang, mungkin akan kembali ke bentuk semula, deposito. Ga yakin banget bisa kek Fitri yg malah memutuskan buat kembali. Syukurlah modalnya dah balik dan menghasilkan.

    Semoga kita sama2 bisa jadi investor yg sukses. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. glass, jangan begitu.. :)

      klo deposito, ngga bisa untuk investasi jangka panjang, krn return deposito (nett) masih kalah dengan inflasi. jadi dalam jangka panjang, uang kita bisa tergerus daya belinya kalo kita taruh di deposito..

      aku karena dr 2005 udah belajar financial planning, jadi awalnya investasi tiap bulan dengan pake reksadana.

      reksadana saham untuk jangka waktu investasi di atas 5 thn.

      reksadana campuran untuk jangka waktu investasi antara 3 - 5 thn.

      dan reksadana pendapatan tetap utk jangka waktu investasi di atas 1 thn sampai 3 thn.

      kalo untuk di bawah 1 thn, baru pake deposito atau reksadana pasar uang.

      hasilnya alhamdulillah jauh lebih baik daripada uang ditaruh di deposito aja :)

      thn 2007, aku mulai invest di logam mulia juga.

      sekarang karena sdh bisa ngelola uang di saham sendiri, reksadananya sdh ngga ada.

      skrg portofolionya cuma 50% di logam mulia, 50% di saham.

      alhamdulillah, hidupnya juga jauh lebih tenang. kalo ihsg turun banyak bgt, tinggal jual sedikit LM, untuk ubah ke saham.

      kalo ada saham yang udah profit 100%, langsung aku jual sebagian, dan dibeliin logam mulia.

      yang jelas, tiap bulan harus selalu nyisihin jatah untuk investasi. biar bisa pensiun dengan nyaman, dan anak2 bisa mendapatkan pendidikan terbaik yang bisa kami kasih..

      kalo glass mau tanya2 lebih jauh tentang financial planning (termasuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan anak, dsb), email aku aja ya.

      aku ga jualan jasa financial planning. aku cuma mau mengamalkan ilmu yang aku punya, untuk orang2 yang membutuhkan...

      so far alhamdulillah, kami sudah bisa hidup cukup dari gaji suami dan dr investasi bulanan yang rutin kami lakukan sejak thn 2004. ditunggu ya, glass! :)

      Hapus