Jumat, 04 November 2011

Metode valuasi

Untuk semua valuasi saham, saya menggunakan 5 metode :


1. metode perhitungan harga wajar saham dr John Veter (melalui kursus Fundamental Analisis J-Club)


2. metode perhitungan harga wajar saham dr buku Parahita (Investing Ideas)


3. metode perhitungan harga wajar saham dari buku Desmond Wira (Analisis Fundamental Saham)


4. metode perhitungan dari Pak Tom DS di milis obrolan bandar


5. metode dengan mencari harga saham dibandingkan dengan yield SUN 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun


Setelah masing-masing metode keluar harga wajarnya, baru kemudian dirata-ratakan, dan saya ambil nilai rata-ratanya sebagai harga wajar suatu saham MENURUT SAYA. Harga wajar ini lah yang menjadi patokan saya untuk membeli suatu saham dengan tujuan untuk investasi..


Posisi jual semua barang hanya saya lakukan apabila Laporan Keuangannya memburuk (tidak ada growth). Untuk saham sperti itu, langsung saya jual semua, ngga pikir panjang lagi.. :)


Untuk metode perhitungan, tidak akan saya jabarkan di sini, silakan langsung mencari ke sumber aslinya.. :)




Untuk stock pick awal, saya menggunakan filter sbb :


1. EPS (earning per share = laba per saham) selalu naik selama minimal 3 tahun berturut-turut. Tapi ada pengecualian untuk bluchip yg memang sudah terkenal bagus selama ini, sperti PTBA, UNTR, LSIP dan sejenisnya..


2. ROE di atas 20% (ROE = Laba bersih/Modal)


3. DER < 1,5 (DER = debt/total equity)


4. Operating margin (OPM = laba usaha/sales). Nilai OPM yang semakin  meningkat menunjukkan bahwa perusahaan sedang bertumbuh dan semakin efisien.


Keep it simple ajah :) Toh analis yg pake metode ribet2 dengan gaji bisa ratusan juta sebulan, suka salah juga analisanya..


Jadi klo metode ribet dan simpel bisa sama2 salah, mendingan pake yg simpel aja kannn.. :)










Selamat menjadi smart investor.. :)

9 komentar:

  1. halo Ibu salam kenal, saya akhirnya masuk ke blog Ibu setelah searcing2 gimana cara valuasi.

    untuk saat ini saya sedang belajar dngn metode parahita. kalau boleh tau untuk metode dari Pak Tom DS di milis obrolan bandar dan dibandingkan dengan yield SUN boleh dijabarkan atau setidaknya link menuju hal yg dimaksud? saya ingin mempelajarinya juga

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fabian, terima kasih ya, sdh mampir di sini..

      Untuk link asli pak tom ds, terus terang saya ngga bs kasih (maaf, gatek soalnya.. :)). Dulu saya sempat save email asli pak tom ds yang bahas ttg metode valuasinya, tapi saya cari2 di laptop jg sdh tdk ada. Jadi saya coba uraikan metode pak tom berdasarkan format perhitungan saya di excel aja ya.. :)

      Format ini mungkin sdh agak beda-beda tipis dengan cara pak tom asli, karena saya kombinasi dengan simplifikasi metode ini oleh embah OB. tapi so far sih saya lihat masih cukup bagus juga hasilnya.. :)

      saya beri contoh valuasi LSIP based on LK annual 2011 ya:

      1. hitung dulu yield SUN = 5.75% + 1% (kurang lebih) = 6.75% ---> pak tom sempat tulis bahwa utk yield SUN, kira2 dia tambahkan 1% di atas BI rate (risk free rate).

      2. PER SUN = 1/ 6.75% = 14.8

      3. EPS 2011 LSIP = Rp 249

      4. ROE LSIP = 29%

      5. Earning premium saham thd yield SUN = ROE - yield SUN = 29% - 6.75% = 22.25%

      6. earning multiple premium = 14.8 x 22.25% = 3.29

      7. PER wajar saham = 14.8 + 3.29 = 18.09

      8. harga wajar LSIP = 18.09 x Rp 249 = Rp 4504


      Dengan metode pak tom DS, didapat harga wajar LSIP = Rp 4504. Tapi biasanya pak tom memberikan diskon 20-30% dr harga wajar hitungannya. Jadi utk LSIP, pak tom memberikan harga wajar skitar Rp 3152 - Rp 3603.

      Mudah-mudahan bs dimengerti dan diaplikasikan dengan mudah ya.. :)


      Untuk mencari harga wajar saham berdasarkan perbandingan yield SUN, biasanya saya memakai yield SUN utk tenor 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun.
      Data yield SUN bs dilihat di sini :

      http://ibpa.co.id/BondMarketData/DailyMtMPriceYield/tabid/84/language/en-US/Default.aspx

      data yield ini berubah-ubah setiap hari . jadi usahakan untuk terus menggunakan data terbaru pada saat kita akan melakukan valuasi.

      Contoh :

      Untuk data yield SUN tenor 1 thn pada hari ini = 3,9416% --> PER = 1 : 3,9416% = 25,37

      Yield SUN tenor 5 thn hari ini = 5,1468% --> PER = 1 : 5,1468% = 19,42

      Yield SUN tenor 10 thn hari ini = 6,0573% --> PER = 1 : 6,0573% = 16,51

      Dengan melihat PER SUN 1 – 10 tahun yang berkisar antara 16,51 – 25,37, maka kita dapat mencari kisaran harga wajar LSIP apabila dibandingkan dengan yield SUN ini yaitu antara (16,51 x Rp 249) sampai (25,37 x Rp 249) = Rp 4110 – Rp 6317.

      Mudah-mudahan bs dimengerti dan bs diaplikasikan juga ya.. :)

      Saya sih simple aja mikirnya, dengan metode yang ribet atau simple, semua metode valuasi bisa ada kemungkinan salahnya, krn ujung-ujungnya kan market is always right. Jadi kalo bisa pake cara simple, kenapa harus pakai cara yang susah2..? :)
      Selamat jadi smart investor ya, fabian.. :)

      Hapus
  2. oya, valuasi adalah langkah terakhir dalam menentukan entry/exit point dlm berinvestasi. langkah utama yang paling penting adalah menentukan saham yang fundamentalnya bagus/tidak. karena hasil valuasi tidak banyak gunanya bila kita terapkan pada saham yang kinerjanya memburuk.

    contoh begini : untuk apa kita beli suatu saham dengan diskon 70% dari harga wajarnya apabila saham tersebut di masa depan malah semakin memburuk kinerjanya. bukannya tumbuh, malah rugi. hasilnya portofolio kita malah tambah menyusut..

    jadi, sblm melakukan valuasi, yakinkan dulu bahwa saham yang akan kita beli adalah saham dengan kinerja bagus yg berpotensi terus tumbuh dengan baik di masa depan. ok? :)

    BalasHapus
  3. waahhh saya sangat berterima kasih sekali Ibu mau share, oke saya pelajari dulu Bu maklum baru belajar fundamental, awalnya saya trading saham cuma pake news sama feeling akhirnya jeblok deh malah rugi hahaha..

    sekarang sedikit2 belajar fundamental. Ini bener kan saya panggilnya Ibu Fitri? maaf kalo salah sebut soalnya saya liat di profilenya IRT. saya sendiri baru lulus kuliah, salam kenal ya Bu.

    kemaren saya coba itung untuk saham JPFA, kalo diitung2 eps nya ningkat tiap taun dari 06-10, ROE nya juga diatas 20%. karena eps untuk 2011 blm keluar saya kira2 aja jd 573. untuk thn 06=160, 07=121, 08=170, 09=393, 10=463. pembagian devidennya sendiri baru thn 10 dibagi Rp 5, dan thn 11 Rp 365.

    untuk metode parahita dapat nilai wajar 10.746
    metode Pak Tom Ds = 7452-8517
    metode yield sun = 9483-14468

    saya sampe heran sendiri kayaknya kebesaran nilainya, nilai sekarang aja masih di 4000an.. mungkin eps yg saya estimasi sebesar 573 taun 2011 kebesaran ya Bu haha. Bener kata Ibu metode valuasi bisa ada kemungkinan salahnya dibanding pake cara ribet mending simpel. Terima kasih Bu

    BalasHapus
  4. iya fabian, saya ibu rumah tangga dgn 2 anak.. :) krn senang sama finance, skrg nekunin investing sm financial planning, jadi bisa tetap nyari duit dr rumah.. :)

    untuk JPFA, dia sdh ga masuk daftar watch list saya dr LK Q2/2011 keluar. alasannya karena : waktu LK Q2, ROE-nya jadi di bwh 20% dan waktu LK Q3, EPS yoy-nya malah turun..

    jadi walaupun secara valuasi dia msh undervalued, tapi karena EPS-nya turun, saya tetap ga mau beli.

    gaya investing saya tetap pd emiten yg harus bisa growth. jadi kalo ada saham saya yang growthnya ngga bagus atau kinerjanya menurun di LK terbaru, saya ngga ragu utk jual. bahkan misalnya saya harus cut loss sekalipun.. :)

    karena saya ngga mau ambil resiko bila dia nanti terus turun kinerjanya.. :)

    so, utk JPFA, saya ngga mau kasih valuasinya di sini ya... :)

    so far yang saya tulis di blog saya adalah saham yang EPS-nya terus naik selama minimal 3thn (dengan kenaikan yang saya harap di atas 15%), ROE di atas 20% dan DER maksimal 1,5. jadi misalnya setelah beli kemudian nyangkut pun, saya masih ngga tergoda utk jual, krn sdh tau value saham yang saya beli.. :)

    oya, terakhir nyangkut berat, wktu saya beli LPCK. saya pertama beli di 1870, dan sempat turun ke 1660. tapi saya tetap hold, dan bisa nambah dikit di harga bawah waktu itu. skrg LPCK sdh 2200, tapi saya msh hold jg, krn LK annual 2011-nya sangat bagus. nanti saya akan coba tulis ttg LPCK lg di sini utk update valuasi terbaru..

    ok fabian, gudlak ya dgn belajar analisa fundamentalnya. saya jg msh terus belajar kok, krn baru terjun di saham thn 2008, msh newbie jg.. :) mdh2an apa yang saya share di sini bs bermanfaat untuk banyak orang, terutama investor pemula..

    BalasHapus
  5. Wah hebat Bu ibu rumah tangga sekaligus juga investor. saya lulusan akuntansi, seneng sama investasi makanya lagi mempelajari tntng investasi saham. Saya banyak belajar nih dari blog Ibu.

    jpfa setelah keluar lk 2011 ternyata epsnya turun. bener ternyata meski undervalue tp fundamentalnya gak bagus. oke kalau gitu saya coba cari yg epsnya terus naik, roe min 20%, der maks 1,5.

    saya sampe saat ini masih nyangkut sahamnya.indf dan bmri. indf beli d 5000an, bmri d 7300. nanti saya itung fundamentalnya. Udh 1 taun nyangkut haha, maklum waktu taun lalu masih pake jurus feeling.

    Terima kasih ya Bu, kalau ada pertanyaan yg saya gak ngerti saya tanyakan lagi ya, moga gak bosen. Duh hari ini BDMN heboh banget, ngiri liatnya, baru baca pagi ini di koran kontan ada merger ckck

    BalasHapus
  6. ok fabian, saya jg msh belajar kok, jd sama2 belajar aja ya.. selamat belajar dan semoga bs jd investor yg sukses nantinya.. :)

    BalasHapus
  7. halo ibu fitry.. mau tanya, return market itu dapetnya darimana ya? karena kalo data harian dirata2kan hasilnya bisa negatif. sedangkan kita tidak mungkin mnggunakan data expected return market yg negatif. hehe
    mohon dibantu ya bu. trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, ini maksudnya return market yang mana ya? bisa tolong copas tulisan saya yg tentang return market? nanti saya coba cari jawabannya kalo saya juga ngga tau.. :)

      Hapus