Senin, 19 Oktober 2015

MACD Weekly ihsg sudah golden cross..

Setelah mengamati sekian lama, sejak ihsg lowest 4033 terbentuk september kemarin, akhirnya hari ini macd weekly ihsg golden cross juga.. :)

Dengan macd weekly ihsg yg sdh golden cross ini, mungkin kita bisa bilang bahwa "the worst is over". Arah ihsg ke depan (minimal sampai januari 2016), sepertinya akan terus naik dulu... 
Bagaimana arah ihsg 2016 nanti? 
Kita liat nanti bgmn hasil LK Q1/2016-nya ya.. :) 
Kalo LK banyak yang turun lagi labanya, bisa jd akan ada penurunan gede2an lg di ihsg... 
Tapi kalo LK banyak yg naik labanya, mdh2an andaikan ada penurunan, ya ngga akan separah koreksi agustus kemarin ini...

Sebenernya jadi investor saham itu ngga terlalu susah ya..
Asal bisa belajar baca LK yang sederhana (minimal tau apakah perusahaannya ada growth/ngga, utangnya seberapa banyak, arus kas operasinya positif/ngga, ROE-nya berapa), bisa belajar valuasi yang sederhana (PER / PBV), dan belinya ketika bursa sedang turun dalam, dan punya cukup sabar untuk hold saham ketika sedang turun, insya allah hasil investasinya di saham akan memuaskan... 

Balik ke ihsg lagi ya.

IHSG sekarang 4566.
Di chart monthly, ihsg sudah di atas MA 60-nya (4428 saat ini), tapi masih di bawah MA 5-nya (4602). Bila ihsg akhir bulan ini ditutup di atas MA 5-nya, berarti ihsg memang sudah rebound (karena sudah 6 bulan selalu tertekan di bawah MA 5).
Dari chart monthly sejak 2004, ihsg berada di bawah MA 60 monthly hanya ketika koreksi 2008 dan 2015 ini. Jadi seperti yang saya pernah tulis di posting sebelumnya, mestinya kita bersyukur kemarin dikasih kesempatan emas membeli saham bagus ketika ihsg di bawah MA 60 monthly-nya... 


Di chart weekly, ihsg sekarang masih di bawah MA 200 weekly-nya (sekarang MA 200 weekly = 4624), jadi ihsg memang masih dijual di harga diskon... :)
MA 100 weekly IHSG = 4900, dan saya masih berpendapat, selama ihsg berada di bawah MA 100 weekly dan kondisi GDP masih ada growth, maka ihsg masih murah.. :)
Jadi saya pribadi masih akan dalam posisi keep buying selama ihsg dan juga saham2 yang saya mau beli masih di bawah MA 100 weekly (selama perusahaannya jg msh ada growth).

Di chart daily, ihsg sudah di atas MA 60 daily tapi masih di bawah MA 200 daily-nya (5008). Jadi kalau memang ihsg akan bullish, ihsg akan mengejar ke atas MA 200 daily-nya...

Angka-angka MA ini, baik di chart daily-weekly-monthly, semua akan terus berubah setiap hari. Tapi minimal tiap jumat saya update chart utk melihat posisi MA terakhir. 
Untuk chartnya, saya pakai metastock dengan data langganan yang berbayar Rp 250.000 tiap bulan. 
Memang mahal, tapi kalo nanti cuannya dan portofolio kita semakin besar, biaya ini ngga seberapa dibandingkan manfaat yang kita dapat.. :)

Ok, ini aja review saya tentang ihsg, nanti insya allah akhir bulan akan saya review lagi.
Jadi walaupun investor, ngga ada salahnya belajar TA sedikit2. 
Minimal jadi tau masa2 di mana itu adalah masa diskon gede untuk belanja saham, dan masa emas untuk jualan sebagian portofolio yang sudah cuan gede krn TA-nya sudah overheating alias kepanasan dan butuh koreksi.. :)

Mudah-mudahan LK yang keluar sdh membaik kinerjanya dibanding Q2. 
Kalo nanti masih ada yang labanya turun, jangan panik dan langsung jualan ya.. krn bisa jadi penurunan labanya sudah didiskon ketika ihsg turun dalam kemarin.. 
Saya sendiri lebih suka buang barang ketika LK Q1 labanya turun.. krn biasanya hasil Q1 sudah bisa mencerminkan nasib saham tsb setahun ke depan :) 
Ngga semua saham seperti itu, hanya sebagian besar aja.. :)

Mudah-mudahan investasi saham kita semua akan memberikan hasil yang bagus di masa depan, ya.. Aamiin.. :)

Regards,
V3


2 komentar:

  1. Bu, terima kasih sudah berbagi, ilmunya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sama2 ya.. :) semoga bs membantu utk melahirkan investor2 saham yang hebat di masa depan.. aamiin.. :) sukses ya.. :)

      Hapus