Kamis, 30 Juli 2015

saya jual smua ASGR krn lk q2/2015..

Waktu itu saya sempet posting kalo saya masukkan ASGR dalam keranjang portofolio.

Saya beli agak lumayan banyak, sampai akhirnya saya kesulitan sendiri utk jual, krn ini saham ngga likuid, bid-nya suka ngilang.. :(

Waktu ASGR naik ke 2200 di bulan mei kemarin, saya sempat jual agak banyak, krn mumpung ada bid. jadi saya bersyukur bisa jual dengan cuan lumayan dan dapat devidennya juga.

Tapi saya msh menyisakan ASGR yang saya punya. Dan bgtu LK-nya keluar dan labanya turun, saya udah buka laptop pagi2 untuk jualan pas bursa buka. Ehh nunggu dari jam 9, saya ngga bs jual sampai dekat closing sesi 1. Soalnya ngga ada bid yang cukup untuk menampung barang jualan saya... :(

Memang susahnya bgini kalo kita beli saham ngga likuid, pas kita mau jual, bisa2 bid-nya ngga ada :(

Tapi saya sabar nungguin aja. Dan akhirnya pd nongol itu bid-nya waktu udah deket closing. Nyaris 3 jam saya di depan laptop... ampun deh.. :(( Itu pun harga bid-nya udah turun 5% dr harga kemarin :( Tapi ya gpp lah, drpd megang saham yang labanya turun..

Cuan saya di sisa ASGR ini mini banget. Modal beli saya avg di 1950, saya jual avg di 1975. Tapi gpp lah. Yang penting modal saya bs balik utuh. Dan kmrn jg udah dpt deviden..

Ke depannya, mungkin saham2 ngga likuid ngga akan masuk porto saya lg, kecuali saham consumer (saya pegang ROTI dan TSPC) yang siap saya hold utk lama..
Kmrn CTRS jg sdh saya buang krn Q1 labanya flat aja, sehingga saya pindahkan ke BSDE. Dan susah juga tuh waktu jual CTRS. Bidnya pada ngilang.. :(

Jadi bbrp kali bermasalah dengan bid yang pd ngilang ketika mau jual, akhirnya saya putuskan, cukup deh, abis ini saya cuma mau beli saham yang likuid aja. 
Bagi saya, ketenangan hati krn bisa jual saham dgn cepat itu jauh lebih berharga soalnya saat ini.. :)

Sekarang porto saya cuma keisi dgn 10 saham aja : BSDE, LPCK, PWON, ROTI, AISA, TSPC, SIDO, TLKM, LSIP dan NRCA. TSPC dan LSIP walaupun labanya turun, masih saya hold krn PBV-nya sudah kecil, menurut saya. Saya pikir 10 saham sdh cukup banyak kali ini, krn saya akan lbh aktif mengelola porto saya mulai skrg.. :)

Kita tunggu lg bgmn LK Q2 yang lainnya ya.. kalo ada yang menarik untuk ditulis, saya akan tulis di sini.

Oya, ada yang nanya saya, knp sih kok saya ngga bahas yang lebih dalam lg ttg saham di blog ini? 

Dan jawaban saya kmrn :

1). krn ilmu saya juga ngga dalam, jadi saya ngga bs nulis yang lebih dalam lg tentang saham :)

2). blog saya ini saya fokuskan untuk investor pemula. jadi saya usahakan menulis analisa saham yang mudah dicerna oleh investor pemula. kalo sudah ahli, sebaiknya jangan jadi pembaca blog saya, tapi harus bikin blog sendiri untuk mengedukasi orang2 tentang analisa saham yang lebih advanced.. :)

3). stelah saya ikut kursus macam2 tentang metode FA dan TA, dan mempraktekkan sendiri analisa FA/TA bertahun-tahun, ternyata ribetnya metode yang kita pakai tidak berbanding lurus dengan hasil investasi yang kita dapatkan. saya sih bilangnya, "keep it simple, sayang.." :)))))) jadi kalo dng metode simpel aja bs dpt cuan bagus, kenapa harus bikin ribet dng metode rumit.. :) 

Ok, kita tunggu lagi ya, LK Q2/2015 yang lainnya.. :) 

Regards,
V3


4 komentar:

  1. salam bu Fitry, selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin ... terima kasih atas wejangannya selama ini, sangat berharga buat pemula seperti saya. seperti biasa, rekap laporan keuangan sudah bisa dicermati di blog syariahsaham.com :) semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Iya mang amsi, sama2. Mohon maaf lahir batin, ya.. Saya baru liat LK saham yang saya punya aja dan bbrp bluechip. Hasilnya kebanyakan lbh jelek drpd q1 ya.. jadi harus nawar lbh gede nih klo mau beli untul invest.. ☺

    Oya, saya minta maaf. Kmrn malam hp saya sempat dikutak kutik anak saya, sehingga data bbm saya hilang smua. Bgtu sign in ulang, tnyt anak saya masukin opsi utk invite smua data yang ada di hp saya k dlm bbm contact saya. Saya baru tau pagi2 dan bnyk chat dr org2 yang pernah email2an dgn saya. Krn panik, kok pin saya jd go public, saya lgsg delete tanpa baca chatnya. Kebtulan opsi yg ada hanya "delete and block", jd saya ambil opsi itu utk smua kontak baru yang masuk di bbm saya. Saya minta maaf atas kejadian ini, ya.. ngga enak sebetulnya, krn bbrp adalah orang yang sering email2an dgn saya, tapi saya lbh nyaman dgn kontak via email drpd di bbm/wa. Saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian ini... 😢

    BalasHapus
  3. loh mba, SMGR nya udah dijual ? bkn nya masih bagus prospek nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin SMGR sempat saya jual dulu waktu labanya turun. 2013 saya beli di skitar 12975, saya jual 2015 di 13500-an. hari ini saya sempat buyback lg di 9875. buy on speculation bahwa LK-nya di Q3 akan membaik krn proyek infra akan mulai gerak di q3. kalo labanya masih turun, saya akan hold, krn masih yakin dgn prospeknya di masa depan.. :)

      Hapus